Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Bedakan Tas Bermerek Asli dan KW

by Ariesta on 7 September, 2016

Apakah kamu penggemar barang branded?

Saat kamu membeli barang branded berharga mahal, penting untuk mengetahui apakah barang tersebut asli atau palsu. Misalnya kamu membeli tas mewah Louis Vuitton, tentu kamu tidak ingin uang jutaan yang sudah dikeluarkan sia-sia karena tas yang kamu beli ternyata kw.

Yang lebih mengerikan, Sebuah studi terbaru mengungkap bahwa 90% tas baranded di pasaran ternyata palsu! Masalah lainnya, oknum pemalsu barang rupanya punya seribu cara untuk membuat barang buatannya terkesan asli. Terlebih lagi karena jumlah tas branded palsu semakin banyak di pasaran, semakin sulit pula untuk membedakan dengan yang asli.

Supaya tidak rugi, ketahui keaslian tas branded-mu dengan melakukan pengecekan sederhana. Berikut adalah cara sederhana membedakan tas Louis Vuitton asli dengan yang palsu.

1. Melihat label tas

LV1

Bisa kamu lihat pada gambar di atas bahwa tas Louis Vuitton yang palsu menggunakan label dari plastik murahan dengan tali biasa. Sedangkan yang asli selain menggunakan kulit asli.

(Baca juga: Kalau Kamu Mau Kaya Seperti Miliarder Dunia, Ini Target yang Harus Dicapai)

2. Mengecek kain pembungkus tas

LV2

LV3

Kain pembungkus tas Louis Vuitton yang asli terlihat mewah lantaran bahannya terbuat dari kain tebal dengan logo Louis Vuitton atau LV.

3. Mengecek material

Kualitas material menunjukkan kualitas sebuah tas. Jika material terbuat dari kulit, maka baunya harus seperti kulit. Bau kulit ini tidak akan hilang bahkan setelah berahun-tahun penyimpanan. Sedangkan jika terbuat dari kanvas, haruslah dari bahan yang kuat dengan jahitan rapi.

4. Mengecek bagian dalam tas

LV4

LV5

Louis Vuitton menggunakan berbagai material tekstil untuk bagian dalam tas mereka. Misalnya kanvas bergaris merah atau berwarna madu, mikro monogram tekstil berkualitas, kulit, polyester atau microfiber suede yang semuanya terasa halus namun kokoh saat disentuh. Sedangkan produsen tas palsu tidak membuang waktu untuk memperhatikan interior tas. Kebanyakan dari tas palsu hanya dilapisi bahan suede berwarna cokelat.

5. Mengecek tali tas

LV6

LV7

Koleksi klasik monogram Louis Vuitton menggunakan kulit sapi alami yang mengalami porses oksidasi, sehingga akan semakin berwarna keemasan seiring usia. Plastik tidak pernah digunakan untuk membungkus tali. Hampir semua tas karya desainer tidak menggunakan plastik di bagian tali tas. Jadi jika penjual menawarkan foto dengan plastik membungkus bagian tali, dapat dipastikan tas tersebut barang palsu.

6. Mengecek logam

LV8

LV9

Louis Vuitton menggunakan logam kuningan asli, bukan plastik yang dicat. Resleting juga terbuat dari logam dan memiliki ukiran LV.

7. Mengecek nomor seri

Nomor seri tercetak pada label sebagai tanda negara yang memproduksi tas tersebut. Misalnya kode Louis Vuitton adalah sebagai berikut.

Prancis: AO, A1, A2, AN, AR, AS, BA, BJ, CT, DU, FL, LW, MB, MI, NO, RA, RI, SD (sama dengan Amerika), SL, SN, SP, SR, TH, VI

Amerika: FH, OS, SD (berlaku juga di Prancis)

Spanyol: CA, LO, LB, LM

(Baca juga: Ini Buktinya Kalau Orang Sukses Memulai Bisnis Sejak Usia 20-an)

Sekarang kamu telah mengetahui secara garis besar bagaimana membedakan tas branded asli dengan yang palsu. Sebelum membeli, kamu juga harus mempertimbangkan hal-hal berikut:

8. Membeli di toko resmi

Cara untuk membedakan apakah tas yang kamu beli asli atau palsu adalah dengan menyentuh langsung. Dan tempat terbaik untuk membelinya adalah di toko resmi. Jika ingin membeli secara online, lakukan juga di website resmi. Pegawai di toko resmi sudah terlatih untuk membedakan keaslian tas. Kamu juga bisa menggali informasi soal kualitas dan garansi.

Jika kamu menemukan tas branded dijual di pinggir jalan dengan jaminan bahwa tas tersebut asli namun bekas, jangan langsung percaya. Karena, dengan harga tas yang mencapai puluhan juta, pemilik sebelumnya akan lebih memilih melelangnya dibandingkan dijual di pinggir jalan.

9. Harga realistis

kartu kredit - CekAja

Tas branded karya desainer ternama sangat mahal karena dibuat dengan hati-hati, menggunakan materi berkualitas, dan merupakan simbol status sosial. Jika harga yang kamu dapatkan lebih murah meskipun tidak terpaut jauh dengan harga asli, kamu harus curiga.

Tidak heran jika para sosialita memilih belanja di luar negeri seperti Singapura demi mendapatkan tas branded asli. Padahal, pemerintah telah membebaskan  Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) terhadap lima kelompok barang sehingga menurunkan harga jual barang branded. Dengan begitu, harga jual barang branded di Indonesia bisa bersaing dengan Singapura.

Kalau kamu termasuk penggemar barang branded, supaya lebih untung gunakan kartu kredit saat bertransaksi. Karena dengan jumlah transaksi yang tinggi, kamu bisa berkesempatan mendapatkan reward dua kali lipat yang bisa ditukar dengan tiket pesawat gratis!

Mau kartu kredit yang berikan banyak diskon belanja? Daftar sekarang juga di CekAja!

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami