Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

Cara Belanja Kebutuhan Sekolah Anak yang Tidak Menguras Kantong

by Tisyrin N. T on 15 Juli, 2017

belanja keperluan sekolah anak _ kartu kredit - CekAja.com

Setiap tahun ajaran baru tiba, orangtua sibuk berbelanja perlengkapan sekolah untuk anak-anaknya.

Kegiatan yang satu ini berpotensi menguras kantong apabila tidak terkontrol. Karena daftar kebutuhan sekolah yang harus dibeli terbilang tidak sedikit.

Berbagai perlengkapan yang menjadi buruan mulai dari beberapa pasang seragam sekolah yang baru, tas sekolah, sepatu, hingga alat tulis. Alangkah lebih baik apabila orangtua telah mempersiapkan dana untuk keperluan tahun ajaran baru sejak jauh-jauh hari. Lebih lengkapnya, simak cara belanja kebutuhan sekolah yang tidak menguras kantong berikut ini.

Gunakan KJP

Bagi warga Jakarta, beruntunglah karena dapat menggunakan Kartu Jakarta Pintar (KJP) untuk berbelanja perlengkapan sekolah. Manfaatkan baik-baik hal ini untuk membeli peralatan yang memang benar-benar dibutuhkan si anak.

KJP merupakan program yang memberikan akses kalangan tidak mampu agar dapat mengenyam pendidikan minimal hingga SMA/SMK.

Cari promo kartu kredit

Apabila kartu kredit dapat menghemat pengeluaran, mengapa tidak memanfaatkannya? Agar bisa menghemat pengeluaran, caranya dengan memanfaatkan diskon atau promo yang ada. Sebelum berbelanja peralatan sekolah, carilah informasi mengenai diskon atau promo kartu kredit terlebih dahulu.

Kalau kebetulan ada diskon atau promo menarik dari kartu kredit yang kamu gunakan, jangan lewatkan kesempatan tersebut. Perhatikan baik-baik kapan promo berakhir. Sayang sekali jika sudah memilih berbagai barang lalu akan membayarnya, ternyata promo incaran sudah selesai, terpaksa merogoh kocek lebih dalam kan?

Jika akan berbelanja peralatan sekolah di Transmart dan Carrefour, gunakan kartu kredit Bank Mega untuk mendapatkan diskon.

Gunakan sebagian angpao yang diperoleh anak saat lebaran

Setiap lebaran, anak-anak akan menerima angpao dari para kerabat atau bahkan tetangga. Arahkan anak untuk memperoleh ‘pemasukan’ tersebut ke hal-hal yang bermanfaat, termasuk perlengkapan sekolah. Apabila tak terkontrol, anak-anak mungkin akan lebih antusias membeli makanan.

Menabung jauh-jauh hari untuk kebutuhan tahun ajaran baru

Tahun ajaran baru adalah sesuatu yang rutin. Mengingat pengeluaran yang melonjak saat tahun ajaran baru, mengapa tidak mempersiapkannya jauh-jauh hari?

Ibu bisa menabung beberapa bulan sebelum tahun ajaran baru tiba. Saat masanya sudah tiba, tidak ada lagi acara kelabakan mencari dana tambahan. Mempersiapkan dana sejak jauh-jauh hari akan menghindari dari berutang.

Beli produk yang awet

Cobalah lebih selektif memilih produk yang harus dibeli. Untuk menentukan mana produk yang akan dibeli, pertimbangkan secara kualitas. Membeli produk yang terkenal awet akan menyelamatkan beberapa rupiah yang berpotensi melayang.

Dengan memilih produk yang awet, orangtua tidak harus sering-sering membeli perlengkapan sekolah. Otomatis,  bisa mengikis pengeluaran.

 

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.