Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

8 Cara Belanja Online Lebih Aman dan Menguntungkan

by Kartika Ratnasari on 9 November, 2017

cara belanja online - CekAja.com

Aktivitas belanja lewat online itu menyenangkan. Sekali klik, barang kebutuhan bisa didapat. Tapi perlu strategi dan cara agar lebih hemat dan aman.

Perkembangan teknologi yang semakin pesat menyebabkan meningkatnya tren belanja online di Indonesia. Kemudahan dalam bertransaksi, harga yang variatif, hingga produk yang lebih beragam menjadi alasan mengapa kegiatan ini disukai banyak orang.

Namun sudah bukan rahasia lagi. Di balik kemudahan yang ditawarkan, ada beberapa risiko yang dapat terjadi. Mulai dari risiko keamanan seperti penipuan, hingga risiko bangkrut akibat kalap belanja karena gelap mata melihat harga yang murah. Apalagi ketika ada gelaran diskon khusus.

(Baca: Promo Kartu Kredit Terbaik di Bulan November Buat Belanja)

Oleh karena itu, agar tak tersandung kerugian, sebaiknya kita bersikap bijak saat melakukan transaksi secara online. Beberapa strategi berikut bisa di catat agar segala kegiatan jual-beli online yang kita lakukan bisa lebih hemat dan aman. Apa saja?

Agar belanja lebih aman

1. Pilih penjual dengan reputasi baik

Saat ini, ada ribuan pelaku usaha online dengan berbagai barang yang dijualnya tersebar di Indonesia. Sayangnya tak jarang pula terdapat penjual abal-abal yang melakukan modus penipuan. Jangan bosan untuk luangkan waktu melakukan riset dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang kredibilitas penjual.

Biasanya jika di situs marketplace, penilaian penjual bisa dilihat dari bintang dan rating yang dimiliki. Semakin banyak bintang dan semakin tinggi rating, maka semakin terpercaya penjual tersebut.

Baca juga ulasan orang-orang yang pernah membeli barang di toko tersebut. Pastikan bahwa barang yang akan dikirim oleh mereka benar-benar memiliki kualitas yang baik. Jika terdapat keluhan akan pelayanan atau produk mereka, sebaiknya beralih ke penjual lain yang menjual barang yang sama namun memiliki reputasi yang layak dipilih.

2. Pastikan transaksi memakai cara pembayaran belanja online yang aman

Sebuah situs belanja di internet biasanya memberikan beberapa alternatif pembayaran. Mulai dari transfer bank, cash on delivery (CoD), hingga menggunakan kartu kredit. Jika memilih untuk menggunakan transfer bank, sebaiknya pilih penjual yang menyediakan rekening bersama.

Dengan menggunakan rekening bersama, uang yang ditransfer tidak langsung diterima oleh penjual sebelum barang diterima oleh kita sebagai pembeli. Dana tersebut akan parkir pada rekening bersama yang dimiliki oleh situs belanja tersebut.

Barulah setelah ada konfirmasi keberhasilan semua kegiatan jual-beli, terutama konfirmasi keberhasilan pengiriman barang ke kita sebagai pembeli, maka penjual baru akan menerima uang sesuai transaksi yang dilakukan.

Transaksi dengan kartu kredit juga harus diperhatikan. Biasanya, pembayaran yang aman dengan kartu kredit saat lakukan pembayaran transaksi online memerlukan verifikasi melalui sms dan nomor telepon yang kita miliki. Verifikasi tersebut berisi nomor unik atau password tertentu yang akan dikirimkan melalui sms atau telepon.

3. Hindari sambungan nirkabel publik saat bertransaksi

Risiko mengalami kebocoran dan pencurian data ketika bertransaksi melalui sambungan nirkabel (wi-fi) publik cukup besar. Mulai dari pencurian data kartu kredit maupun akun-akun tertentu seperti email.

Karena itu sebaiknya hindari penggunaan wi-fi publik ketika hendak melakukan transaksi pembayaran. Tentu kita tidak mau bukan menerima tagihan gaib dari transaksi yang tidak kita lakukan?

4. Perhatikan deskripsi produk

Jual beli online hanya mengandalkan gambar produk sebagai etalase jual. Pembeli tidak bisa melihat bentuk fisik barang secara nyata. Seringkali terjadi barang yang diterima tidak sesuai dengan gambar produk yang dipesan. Untuk menghindarinya, perhatikan deskripsi produk dengan seksama sebelum melakukan pembayaran.

Misalnya saat ingin membeli pakaian, perhatikan ukuran panjang dan lebar. Begitu pula jika hendak membeli barang-barang yang secara langsung atau tidak langsung akan masuk ke dalam tubuh kita seperti obat-obatan atau kosmetik. Pastikan merek produk tersebut terdaftar di BPOM agar terhindar dari keracunan atau efek samping yang berbahaya.

Widget TRV Insurance

Agar belanja lebih menguntungkan

Setelah melakukan cara di atas, transaksi memang berjalan dengan aman. Namun ingat, perhatikan juga keamanan isi dompet. Maksudnya, jangan sampai gelap mata melihat harga yang lebih murah hingga tabungan habis tak bersisa. Supaya lebih hemat dan untung, gunakan strategi berikut;

1. Buat anggaran dan tentukan barang yang mau dibeli

Sebelum memutuskan untuk berbelanja, buat anggaran dan tentukan barang yang akan dibeli. Hal ini sangat penting untuk mengontrol pengeluaran dan menahan diri kita agar tidak tergoda membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Ketika ada diskon yang menggiurkan, coba ingat-ingat lagi, apakah barang tersebut memang diperlukan? Tanamkan dalam benak bahwa masih banyak hal lain yang jauh lebih penting, jangan sampai pengeluaran malah membengkak.

2. Berlangganan newsletter

Dengan berlangganan newsletter, kita bisa mengetahui informasi terkini seputar diskon yang sedang berlangsung di situs belanja. Memang, email kita akan dipenuhi oleh promo, tapi pelanggan newsletter akan menjadi orang pertama yang mengetahui berbagai promo menarik dalam waktu yang terbatas. Ditambah lagi, pelanggan baru biasanya akan mendapatkan voucher diskon tambahan.

3. Manfaatkan momen pesta diskon

Sejumlah platform portal belanja lewat internet di Indonesia kerap memanfaatkan momen tertentu untuk memberikan diskon bagi pelanggannya. Misalnya Singles Day 11 November atau Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang jatuh setiap tanggal 12 Desember.

Momen-momen tersebut bisa dimanfaatkan untuk berbelanja menggunakan internet dengan lebih hemat. Apalagi diskon yang diberikan kadang tak tanggung-tanggung hingga 90% untuk berbagai produk mulai dari fesyen, gadget, elektronik, perlengkapan bayi, hingga voucher hotel dan restoran.

4. Gunakan promo kartu kredit

Selain memudahkan pembayaran, bertransaksi dengan kartu kredit juga bisa menghemat pengeluaran. Biasanya sebuah portal belanja menjalin kerja sama dengan penerbit kartu kredit, dan memberi beragam keuntungan mulai dari diskon tambahan, cashback, hingga cicilan nol persen.

Selama kita tak malas mencari informasi seputar promo kartu kredit yang sedang ditawarkan oleh bank penerbit, maka akan banyak keuntungan yang bisa didapatkan.

Tentang Penulis