Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Berhemat dengan Memanfaatkan Rekening di Ponsel

by Tisyrin N. T on 10 September, 2017

Keberadaan rekening di ponsel memudahkan berbagai transaksi perbankan, pembayaran, hingga belanja. Nomor handphone bisa jadi nama rekening.

Beberapa bank yang mengeluarkan produk yang menggunakan nomor handphone sebagai nama rekening di antaranya adalah Rekening Ponsel (CIMB Niaga), Mandiri e-cash (Bank Mandiri), dan T-Bank (Bank BRI). Beberapa kelebihan yang dimiliki rekening semacam itu antara lain bebas biaya administrasi, bebas biaya transaksi, hingga tidak adanya ketentuan saldo minimal.

Cara mengaksesnya bermacam-macam, beberapa rekening tersebut bahkan bisa diakses dari handphone biasa, alias tidak harus menggunakan ponsel pintar. Selain melalui aplikasi, bisa mengakses dengan memencet angka tertentu di handphone. Cara lain yang lebih sederhana yaitu menggunakan sms (short message service).

Untuk menarik lebih banyak pengguna, bank melakukan upaya-upaya promosi. Manfaatkanlah promosi-promosi tersebut untuk melakukan penghematan pengeluaran sehari-hari. Berikut ini beberapa contoh promo yang masih berlaku dan bisa dicoba.

Diskon hingga 30% di restoran ayam goreng

Ayam goreng adalah makanan yang banyak digemari. Restoran ayam goreng Ketucky Fried Chicken (KFC) merupakan salah satu restoran yang sangat laris. Kita bisa membeli makanan di KFC dengan lebih hemat menggunakan rekening di ponsel.

(Baca: Kerja Puluhan Tahun, Sudah Cek Saldo Jamsostek Belum?)

Bagi pengguna Mandiri e-cash, bisa berhemat jika ingin makan ayam goreng yang satu ini. Manfaatkanlah promo diskon hingga 30% di KFC yang juga berlaku bagi pengguna Mandiri e-cash.

Ingat, program ini hanya berlaku untuk satu pengguna per hari. Syarat lain termasuk minimal pembelian Rp. 50.000. Promo tersebut berlaku di seluruh outlet KFC se-Indonesia untuk pembelian makanan dan minuman termasuk dine-in, take away, delivery, dan drive thru. Promo masih berlaku pada 1 Agustus – 30 September 2017 dan 1 November 2017 – 31 Januari 2018.

Beli roti cashback 30%

Roti sangat cocok disantap sebagai sarapan maupun sebagai cemilan. Roti dengan kualitas yang baik biasanya dijual dengan harga yang lumayan.

Bagi penggemar roti, manfaatkan program cashback 30% di J.CO, Breadtalk, Roppan. Program juga berlaku untuk pengguna mandiri e-cash dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Kita bisa menerima cashback 30% dengan nilai maksimal cashback Rp50.000. Promo berlangsung pada 16 Maret 2017 hingga 31 Januari 2018 dengan minimal pembelian Rp50.000.

Beli tiket nonton gratis popcorn

Kegiatan nonton bioskop serasa kurang lengkap tanpa adanya cemilan. Sayangnya, harga cemilan di bioskop terbilang lebih mahal daripada tempat-tempat lainnya.

Untuk itu, manfaatkanlah promo gratis popcorn dengan cara membeli tiket bioskop di Cinemaxx. Promo berlaku untuk metode pembayaran dengan Rekening Ponsel CIMB Niaga menggunakan metode kupon.

Program berlaku pada 1 April– 31 Desember 2017. Gratis satu popcorn berlaku untuk setiap transaksi, bukan per tiket.

Makan bakmi diskon 20%

Pengguna Rekening Ponsel CIMB Niaga dapat menghemat pengeluaran ketika makan di Bakmi Naga. Terdapat diskon 20% untuk pembelian menu Paket atau Yi Fu Mie Sapi Lada Hitam Small. Menu Paket yang termasuk dalam promo yaitu Paket PASUHENA 6, dan Paket PASUHENA 8.

Program masih berlaku hingga Desember 2017. Promo berlaku di Bakmi Naga Mall Artha Gading dan Mall Kelapa Gading 3 (Gading Walk).

Jenis-jenis rekening yang menggunakan nomor handphone

Beberapa pilihan rekening yang menggunakan nomor handphone berikut ini akan membantu memudahkan kegiatan transaksi perbankan, pembayaran, serta belanja sehari-hari :

T-Bank

Melalui T-Bank, seseorang dapat menjadikan nomor handphone sebagai rekening bank. T-Bank adalah produk dari Bank BRI yang masih terbatas untuk wilayah tertentu. Kita bisa melakukan transfer dana hingga tarik tunai.

Untuk mengaksesnya, bisa menggunakan ponsel pintar maupun handphone biasa dengan menggunakan operator tertentu. Caranya mudah yaitu dengan memencet tombol *212#, kemudian tombol panggil. Setelah itu akan muncul menu: 1) Registrasi, 2) Info Saldo, 3) Pesan Kode Akses, 4) Ubah PIN, 5) Transfer, 6) Informasi produk dan promo lainnya.

(Baca: 5 Biaya yang Tanpa Kita Sadari Sering Menguras Saldo)

Sakuku

BCA memiliki produk Sakuku. Sakuku dapat digunakan untuk transfer, tarik tunai, hingga transaksi pembayaran dan isi pulsa. Untuk membuat rekening Sakuku, cukup menggunakan nomor handphone. Untuk mengaksesnya, harus mengunduh aplikasi untuk membuka Sakuku. Sakuku bebas biaya administrasi bulanan.

Mandiri e-cash

Bank Mandiri memiliki produk Mandiri e-cash. Untuk mengaksesnya, pemilik ponsel pintar bisa mengunduh aplikasi Mandiri e-cash di App Store atau Google Play. Sementara pengguna handphone biasa dapat mengakses melalui *141*6#.

Agar dapat menggunakan Mandiri e-cash, kita bisa menjadikan nomor handphone sebagai nomor rekening Mandiri e-cash. Selain transaksi perbankan, Mandiri e-cash berguna sebagai uang elektronik sehingga kita dapat menggunakannya untuk belanja, transaksi pembelian pulsa hingga pembayaran PLN.

Rekening Ponsel

CIMB Niaga juga menawarkan kemudahan transaksi lewat ponsel yang bebas biaya serta tak memerlukan kartu ATM. Dengan menggunakan nomor ponsel, kita bisa mendaftar untuk memiliki Rekening Ponsel dari CIMB Niaga.

Rekening Ponsel dapat digunakan untuk transfer, tarik tunai, aneka pembayaran, hingga belanja. Untuk melakukan setor tunainya pun mudah yaitu bisa melalui Indomaret dan Alfamart. Cara mengaksesnya ada beberapa yaitu melalui aplikasi Go Mobile, SMS, serta website.

BTPN Wow!

Sesuai namanya, BTPN Wow! adalah produk dari Bank BTPN. Untuk mengaksesnya dengan mengetik *247# dari handphone. Sementara untuk setor dan tarik tunai dapat dilakukan di Agen Laku Pandai (Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif).  BTPN Wow! tidak mematok biaya bulanan, tanpa saldo minimum dan setoran awal.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami