Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Cara Berhemat Uang Belanja Harian yang Wajib Kamu Coba

by Kyla Damasha on 14 November, 2019

Mempelajari cara berhemat uang belanja harian perlu kamu ketahui, karena cepat atau lambat suatu saat kamu akan membutuhkan ilmu tersebut untuk berbagai hal. Mungkin terkadang sering kali kita merasa bahwa jumlah uang yang tengah kita tabung masih belum cukup untuk mencapai suatu tujuan, sehingga jumlah tabungan tersebut harus ditambah agar tujuan cepat tercapai.

Hanya saja, dibalik cepatnya proses menabung yang tengah kita lakukan, pastinya ada beberapa hal yang harus dikorbankan, karena secara otomatis jumlah uang yang harus kita tabung menjadi bertambah pula. Ada berbagai bentuk pengorbanan yang bisa kamu lakukan, salah satunya yaitu dengan memangkas uang belanja harian.

Nah, memangkas uang belanja harian pasti akan cukup sulit bagi sebagian orang yang belum terbiasa. Dikarenakan hal itulah, mempelajari cara berhemat uang belanja harian perlu kamu ketahui agar proses menabung pun menjadi lebih lancar dan sukses. Apakah kamu termasuk orang yang kesulitan?

Yuk ikuti saja pembahasan kita kali ini, yaitu tips cara berhemat uang belanja harian paling mudah dan ampuh

Cara Berhemat Uang Belanja Harian Mudah dan Cepat
1. Menyusun Daftar Belanjaan

_Menyusun Daftar Belanjaan - Cara Berhemat Uang Belanja Harian yang Wajib Kamu Coba

Cara berhemat uang belanja harian yang perlu kamu lakukan pertama kali yaitu dengan menyusun daftar belanjaan dan apa yang tengah kamu butuhkan di hari tersebut. Perlu diingat bahwa daftar belanjaan yang kamu buat merupakan acuan yang harus dipatuhi dalam melakukan pengeluaran setiap harinya.

Bagi yang baru pertama kali belajar mengenai cara berhemat uang belanja harian dan belum tahu bagaimana menyusun daftar belanjaan, caranya sangat mudah untuk diikuti kok. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan apa yang ingin kamu masak pada hari itu atau yang tengah kamu butuhkan. Sebagai contoh:

Beras                             : Rp. 10.000

Bawang Merah            : Rp. 5000

Bawang Putih               : Rp. 5000

Minyak Goreng            : Rp. 7000

Garam                            : Rp. 10.000

Gula Pasir                      : Rp. 10.000

Total                               : Rp. 47.000

Untuk sementara, hindari dulu melakukan stok barang, dan belilah hanya barang-barang yang kamu butuhkan pada hari tersebut.

2. Belanja di Pasar Tradisional

Belanja di Pasar Tradisional - Cara Berhemat Uang Belanja Harian yang Wajib Kamu Coba

Menentukan tempat dimana kamu berbelanja juga merupakan salah satu hal yang paling penting saat belajar mengenai cara berhemat uang belanja harian. Karena tentu saja berbeda tempat, maka berbeda pula harga barang yang dijual.

Meskipun harga barang di pasar swalayan mungkin memiliki kualitas yang jauh lebih baik, namun berbelanja di pasar tradisional pastinya memiliki harga yang jauh lebih terjangkau.

Percaya atau tidak, berbelanja di pasar tradisional akan membuatmu lebih hemat 30% dibandingkan berbelanja di pasar modern lho. Sebagai contoh, jika kamu bisa membeli seikat bayam hanya dengan harga Rp. 2 ribu saja di pasar tradisional, maka berapa jumlah uang yang harus kamu keluarkan ketika berbelanja di pasar modern?

(Baca Juga: Cara Mengelola Gaji 4 Juta dan Tetap Bahagia. Mungkin Banget!
3. Manfaatkan Diskon dan Promo

Manfaatkan Diskon dan Promo - Cara Berhemat Uang Belanja Harian yang Wajib Kamu Coba

Meskipun pasar tradisional sudah bisa kita temui di berbagai wilayah pemukiman padat penduduk, namun pastinya masih ada wilayah-wilayah yang tidak terjamah dengan pasar tradisional ini, contohnya bagi yang tinggal di komplek perumahan mewah dan apartment. Jika kamu tinggal di wilayah yang sulit menemukan pasar tradisional, pasti pilihannya akan jatuh ke pasar modern.

Lalu apa yang harus dilakukan? Nah, salah satu cara berhemat uang belanja harian ketika berbelanja di pasar modern yaitu dengan memanfaatkan diskon dan promo. Biasanya, di setiap supermarket sering kali mengadakan diskon dan promo, khususnya ketika musim-musim tertentu, seperti musim lebaran, natal, tahun baru dan masih banyak lagi.

Secara tidak langsung, diskon dan promo akan membantu dalam memangkas uang belanja harianmu menjadi lebih hemat lho.

4. Hindari Penggunaan Kartu Kredit

Hindari Penggunaan Kartu Kredit - Cara Berhemat Uang Belanja Harian yang Wajib Kamu Coba

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, jika kamu berbelanja di pasar modern, biasanya kamu akan diberikan pilihan, antara ingin membayar menggunakan uang tunai atau kartu kredit. Nah dalam hal ini, usahakan untuk tidak menggunakan kartu kredit sama sekali. Membayar dengan uang tunai bisa menjadi salah satu cara berhemat uang belanja harian yang cukup ampuh.

Hal tersebut dikarenakan dengan membayar menggunakan uang tunai, maka kamu pastinya akan membeli barang-barang yang sesuai dengan budget tanpa menghambur-hamburkannya untuk keperluan yang sepertinya kurang penting. Namun, apabila kartu kredit yang kamu gunakan tengah memiliki poin atau promo, maka jangan sungkan pula untuk memanfaatkannya.

5. Melakukan Perbandingan Harga

Melakukan Perbandingan Harga - Cara Berhemat Uang Belanja Harian yang Wajib Kamu Coba

Misalkan kamu melihat 2 merk minyak goreng, yaitu merk A dan merk B, maka pilihlah merk yang paling murah dan terjangkau. Selain itu, kamu juga bisa melakukan survey mengenai beberapa supermarket di daerah rumahmu. Karena biasanya satu supermarket memiliki harga yang berbeda dibandingkan supermarket lainnya. Kamu bisa memilih supermarket dengan harga yang lebih terjangkau, terlepas dari apakah supermarket tersebut memiliki kualitas barang yang lebih baik dari supermarket lainnya atau tidak.

6. Tentukan Target Pengeluaran

Tentukan Target Pengeluaran - Cara Berhemat Uang Belanja Harian yang Wajib Kamu Coba

Cara Berhemat uang belanja harian yang terakhir adalah menentukan target pengeluaran. Apa yang dimaksud dengan target pengeluaran? Target pengeluaran yaitu jumlah uang yang seharusnya kamu keluarkan setiap harinya. Nah, sebelum berbelanja, maka tentukan dulu target pengeluaran harianmu.

Jika sebelumnya kamu menganggarkan dana sebesar Rp. 100 ribu, maka kamu bisa memangkasnya menjadi Rp. 60 ribu per harinya, sehingga Rp. 40 ribu nya bisa kamu tambahkan ke dana tabungan. Nah, setelah memiliki target pengeluaran per hari, maka langkah cara berhemat uang belanja harian selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah usahakan agar total belanja per harimu tidak melebihi target pengeluaran yang telah kamu siapkan.

Namun, jika justru total belanja harianmu kurang dari target pengeluaran yang telah kamu siapkan, kamu bisa mengalokasikan dana tersebut ke tabungan. Sangat mudah, bukan? Sebenarnya cara berhemat uang belanja harian tidaklah terlalu sulit. Kamu hanya perlu tekad dan keinginan yang kuat untuk melakukannya.

Selain itu, jadikanlah tujuan yang ingin kamu capai sebagai motivasi agar kamu bisa terus konsisten dalam menabung. Meskipun di poin sebelumnya sempat ada pembahasan tentang menghindari penggunaan kartu kredit, tetapi perlu diingat bahwa penggunaan kartu kredit tidak sepenuhnya salah.

Saat ini sudah banyak sekali jenis-jenis kartu kredit yang menyediakan berbagai promo dan diskon sesuai dengan kebutuhan yang bisa kamu manfaatkan dan tentunya akan membuat pengeluaranmu menjadi jauh lebih hemat. Bingung memilih kartu kredit yang sesuai? Yuk cek saja di CekAja.com. Selain kamu bisa melakukan perbandingan mengenai berbagai jenis kartu kredit yang ada, kamu juga bisa melakukan pengajuan dengan mudah dan cepat lho.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda