Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara Berhenti Merokok Dalam Seminggu Tanpa Terapi

by Surtan Siahaan on 19 Januari, 2016

Dampak rokok terhadap kesehatan memang tidak baik. Begitu juga dampaknya terhadap keuangan. Bayangkan, dengan berhenti merokok, berapa uang yang bisa kamu hemat selama sepekan, sebulan atau setahun. Tentu banyak bukan?

tips berhenti merokok _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Meski tahu bahwa merokok tidak ada untungnya dan hanya menimbulkan banyak penyakit, bagi sebagian perokok, urusan berhenti merokok tidak semudah membalikkan telapak tangan. Bahkan, saking inginnya untuk berhenti merokok, ada banyak orang rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mengikuti terapi dan obat.

Nah, bagi kamu yang sudah kebelet banget mau berhenti merokok tapi susah, jangan khawatir. Berikut ini sejumlah tips yang ampuh membuat kamu berhenti merokok. Asal diikuti dengan baik, dijamin kebiasaan jelek kamu akan hilang:

Buat pengumuman

Salah satu tantangan yang membuat orang susah berhenti merokok adalah lingkungan. Mintalah dukungan dari orang terdekatmu. Begitu juga dengan teman-teman sesama perokok. Minta mereka agar lebih menghargai keputusanmu. Caranya, dengan membuat pengumuman bahwa kamu telah berhenti merokok.

(Baca juga: 5 Hal Bermanfaat yang Bisa Dibeli dengan Uang Rokokmu (Bagian I))

Berhenti di hari pertama

Begitu ide berhenti merokok muncul, jangan tunda untuk melakukannya. Biasanya, ide tersebut muncul berbarengan dengan semangat dari dalam diri untuk berhasil melakukannya. Mumpung semangat masih membara, langsung putuskan untuk berhenti. Buang semua rokok persediaanmu. Dan yakinkan diri agar rencana ini bisa sukses.

Hindari hal yang merangsang rokok

Biasanya keinginan untuk merokok semakin besar ketika kita mengkonsumsi sejumlah makanan atau minuman tertentu. Misalnya minum kopi, teh, alkohol atau snack baik yang asin maupun manis. Kurangi sebanyak mungkin. Ganti dengan yang lebih menyehatkan seperti buah dan air putih.

Gosok gigi setelah makan

Bagi perokok, merokok setelah makan terasa sangat nikmat. Hal ini pun menjadi godaan terbesar bagi orang yang ingin berhenti merokok. Nah, agar tidak tergoda, salah satu tips yang bisa kamu lakukan adalah menggosok gigi setelah makan. Sensasi rasa yang timbul usai gosok gigi ampuh membuat merokok jadi tidak enak.

Olahraga

Ini adalah bagian yang penting bagi orang yang berhenti merokok. Sebab, orang yang berhenti merokok cenderung mengalami kenaikan berat badan karena akan lebih banyak makan. Selain itu, semakin rutin kamu berolahraga, semakin besar pula keinginan untuk menjalani gaya hidup sehat.

(Baca juga: 5 Hal Bermanfaat yang Bisa Dibeli dengan Uang Rokokmu (Bagian II))

Beri penghargaan

Buat target waktu. Dengan cara ini, kamu akan lebih terpacu untuk berhenti merokok. Lalu berikan dirimu sendiri hadiah setelah melewati target tersebut. Misalnya, berhenti merokok 2 minggu beli kemeja baru, berhenti merokok 2 bulan beli sepatu baru dan bila berhasil berhenti merokok hingga 8 bulan beli yang lebih kamu inginkan lagi. Tanpa sadar, kamu sudah tidak merokok lagi dalam 1 tahun.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami