Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Berhenti Merokok dan Meningkatkan Stamina yang Benar untuk Perokok Aktif

by Ayunindya Annistri on 20 November, 2019

Setiap tahunnya, jumlah perokok aktif di Indonesia semakin bertambah. Seperti yang dilansir dari data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 lalu, total perokok aktif di Indonesia bisa mencapai 33,8 persen.

Bagi sebagian orang, merokok adalah cara efektif untuk mengusir rasa penat maupun stress dikala pekerjaan menumpuk, Padahal menjadi perokok aktif sangat tidak dianjurkan, sebab mendatangkan banyak masalah kesehatan, mulai dari penyakit paru-paru hingga kanker.

Dampak negatif ini sebenarnya telah disadari oleh perokok aktif. Bahkan tidak sedikit dari mereka yang telah mencoba berbagai cara agar tidak lagi merokok, namun gagal karena mengalami gejala sakau rokok berlebih seperti lemas, pusing, mual, hingga yang paling parah adalah sakit kepala. Sehingga di masa ini lah, mereka lebih memilih kembali untuk menghisap nikotin tersebut.

Namun, ada pula yang berhasil berhenti merokok, karena bulatnya tekad dan komitmen selama masa pemulihan. Nah, bila saat ini kamu sedang berniat untuk berhenti merokok guna meningkatkan stamina, bisa dilakukan dengan mudah seperti yang telah dirangkum oleh CekAja.com, berikut cara berhenti merokok dan meningkatkan stamina yang bisa ditiru.

5 Cara Berhenti Merokok yang Efektif

Memang tidak bisa dipungkiri, melepas kebiasaan merokok begitu saja bukanlah perkara mudah. Pasalnya, kamu butuh komitmen dan disiplin tinggi agar program berhenti merokok bisa berjalan mulus. Untuk menggantikan peran rokok dalam kehidupan sehari-hari, kamu bisa mengikuti 5 cara berhenti merokok, diantaranya adalah:

1. Manfaatkan layanan terapi pengganti nikotin

Manfaatkan layanan terapi pengganti nikotin - Cara Berhenti Merokok dan Meningkatkan Stamina yang Benar untuk Perokok Aktif

Cara berhenti merokok yang pertama kali bisa kamu lakukan adalah dengan mengikuti terapi Nicotine-Replacement Therapy (NRT). Terapi ini bertujuan untuk membantu pasien yang sulit melepas candu nikotin pada dirinya sendiri. Produk yang biasa digunakan dalam NRT sebagai pengganti rokok adalah permen karet nikotin, tablet sublingual, transdermal atau plaster yang khusus ditempel di kulit, serta obat semprot untuk mulut.

2. Mulai terapkan pola makan yang sehat

Mulai terapkan pola makan yang sehat - Cara Berhenti Merokok dan Meningkatkan Stamina yang Benar untuk Perokok Aktif

Menerapkan pola makan sehat merupakan bagian dari cara berhenti merokok yang paling efektif. Ya, karena selama merokok, tentu kamu sering mengonsumsi nikotin yang jelas berbahaya bagi kesehatan. Untuk mengganti penggunaan nikotin, kamu bisa mulai menerapkan pola makan yang sehat guna menambah nutrisi tubuh.

3. Kelola stress dengan benar

Kelola stress dengan benar - Cara Berhenti Merokok dan Meningkatkan Stamina yang Benar untuk Perokok Aktif

Selain pergaulan, faktor terbesar orang-orang mulai mencoba rokok adalah karena stress yang melanda. Jadi, sebisa mungkin cobalah menghindari situasi dan kondisi yang mungkin bisa membuat stress. Apabila tanda-tanda stress itu mulai nampak, segeralah tangani dengan mencoba beberapa cara, salah satunya mengikuti kelas yoga.

4. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga - Cara Berhenti Merokok dan Meningkatkan Stamina yang Benar untuk Perokok Aktif

Sudah sepatutnya mantan perokok menerapkan cara berhenti merokok yang satu ini. Pasalnya, dengan rutin berolahraga, tubuh melepaskan hormon kortisol yang kerap memicu datangnya stress dan depresi. Kamu bisa mengikuti kelas olahraga di ruang terbuka atau mendaftar kelas kebugaran demi menghindari kebiasaan merokok.

5. Mengonsumsi obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan - Cara Berhenti Merokok dan Meningkatkan Stamina yang Benar untuk Perokok Aktif

Jika segala cara berhenti merokok tidak memberikan efek yang berarti, cobalah alternatif lainnya yaitu dengan menempuh langkah medis. Biasanya dokter akan memberikan obat khusus untuk mengurangi kecanduan nikotin. Salah satu obat yang direkomendasikan adalah Bupropion, yang mana obat tersebut bisa membantu kamu untuk mengurangi kebiasaan merokok dan sakau nikotin.

(Baca Juga: Mengetahui Gejala, Ciri, dan Penyebab Usus Buntu yang Harus Diwaspadai)
Cara Meningkatkan Stamina Setelah Berhenti Merokok

Setelah berhasil lepas dari kecanduan nikotin, kamu pun wajib menerapkan gaya hidup sehat, salah satunya dengan rutin berolahraga. Aktivitas yang satu ini jelas memberikan banyak manfaat, terutama untuk meningkatkan stamina tubuh. Seseorang yang memiliki stamina tubuh yang kuat biasanya lebih kebal akan penyakit dan stress, terlebih selepas menjadi mantan perokok. Berikut cara meningkatkan stamina tubuh yang dapat kamu coba:

1. Mengonsumsi kafein dalam batas aman

Siapa bilang mengonsumsi kafein itu tidak baik? Selama asupan kafeinnya masih dalam batas aman, yaitu 400 miligram per hari, kafein terbukti ampuh meningkatkan stamina tubuh, karena kandungannya yang memengaruhi fungsi peredaran darah dan otot.

2. Rutin melakukan yoga dan meditasi

Yoga dan meditasi merupakan salah satu cara meningkatkan stamina yang konon dipercaya juga membuat mental menjadi lebih sehat. Kamu bisa mencoba beberapa gerakan yoga, mulai dari pose unta, menyamping, busur, split, hingga pose dewi. Apalagi jika dilakukan rutin setiap hari, bukan tak mungkin kedua aktivitas ini dapat membuat pernapasan dan keseimbangan tubuh menjadi lebih maksimal.

3. Istirahat yang cukup

Idealnya, seseorang membutuhkan waktu tidur sekitar 8 hingga 15 jam per hari, tergantung dari usia. Menjaga waktu tidur agar tetap stabil memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh, salah satunya adalah meningkatkan stamina agar tetap prima sepanjang hari.

4. Jangan malas mengonsumsi air putih

Rutin mengonsumsi air putih juga termasuk dalam cara meningkatkan stamina, lantaran tubuh membutuhkan cairan guna menunjang aktivitas yang dilakukan setiap harinya. Kehilangan cairan tubuh dalam jumlah banyak atau disebut dehidrasi bisa berakibat fatal, salah satunya adalah kematian. Kamu bisa menerapkan aturan 8 gelas per hari atau bahkan lebih tergantung dari kebutuhan air yang diminum.

5. Olahraga 3 kali dalam seminggu

Cara meningkatkan stamina selanjutnya yang bisa dilakukan adalah rutin berolahraga, setidaknya 3 kali dalam seminggu. Kamu bisa melakukan olahraga jenis apapun, mulai dari berenang, jogging, bersepeda, maupun circuit training. Agar hasilnya lebih maksimal, kamu pun bisa menambah intensitas olahraga hingga 5 kali tiap minggunya dengan jeda istirahat 30 sampai 90 detik.

Bagaimana? Sudah siap menerapkan cara berhenti merokok sekaligus meningkatkan stamina? Selama menjalani gaya hidup sehat, jangan lupa juga ya untuk lindungi diri dengan menggunakan produk asuransi terbaik dari CekAja.com. Yuk, ajukan sekarang!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau