Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Bikin Kartu Lebaran Digital Keren Bermodal Aplikasi

by Gentur Putro Jati on 14 Mei, 2020

Tak terasa, pekan depan kita sudah merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga. Walaupun tidak bisa mudik, kamu masih bisa kok mengirimkan kartu lebaran digital hasil desain sendiri kepada teman-teman dan sanak saudara.

Mengenal Tagar Sawityowit yang Hits saat Puasa Ramadhan

Buat mempermudah kamu mendesain kartu lebaran tersebut, berikut 4 rekomendasi aplikasi desain terbaik yang bisa kamu gunakan:

1. Canva

Canva - Cara Bikin Kartu Lebaran Digital Keren Bermodal Aplikasi

Canva adalah platform desain grafis populer yang selama ini banyak digunakan untuk membuat desain grafis di media sosial, presentasi, poster, dan konten visual lainnya.

Aplikasi bernama lengkap Canva: Graphic Design, Video, Collage & Logo Maker ini dikembangkan oleh perusahaan asal Sydney, Australia sejak 2012 silam. Canva dapat dioperasikan langsung lewat websitenya atau menggunakan ponsel berbasis Android maupun iOS.

Canva sangat populer di kalangan pengguna Android. Terbukti, aplikasi ini telah diunduh sebanyak 50 juta kali, dan memiliki rating 4,7 dari 5, sekaligus menjadi Editors Choice untuk aplikasi kategori Art & Design.

Untuk membuat kartu lebaran menggunakan Canva, caranya sangat mudah. Kamu bisa memulainya dengan memilih template desain yang diinginkan, lalu menambahkan teks ucapan Selamat Idul Fitri ke dalam kartu tersebut yang bisa kamu pilih sendiri font, ukuran, sampai warnanya.

Canva bisa digunakan secara gratis, namun kalau kamu bersedia membayar lebih ada lebih banyak template, gambar, atau foto yang bisa kamu gunakan untuk membuat kartu lebaran yang lebih menarik lagi.

2. PicsArt

PicsArt - Cara Bikin Kartu Lebaran Digital Keren Bermodal Aplikasi

Aplikasi bernama lengkap Picsart Photo Editor: Pic, Video & Collage Maker dirilis pertama kali di platform Android pada Januari 2012. Picsart awalnya diciptakan untuk mempermudah penggunanya mengedit foto menjadi lebih nyeni.

Pada perkembangannya, PicsArt juga menyediakan layanan social network yang memungkinkan penggunanya saling memamerkan foto dan video yang mereka edit menggunakan aplikasi tersebut.

(Baca juga: Catat, 20 Ucapan Idul Fitri Tersyahdu! Beli Kuota Internetnya Pakai Kartu Kredit BNI)

Tidak heran jika jumlah pengguna aplikasi ini sangat banyak. PicsArt tercatat sudah diunduh 500 juta kali, dengan 9 juta pengguna diantaranya memberikan rating rata-rata 4.3 dari 5. PicsArt juga masuk rekomendasi Editors Choice untuk kategori fotografi.

Nah, untuk membuat kartu lebaran menggunakan PicsArt, tentu saja kreativitas kamu sangat diandalkan. Karena PicsArt tidak menyediakan template desain seperti Canva.

Namun, kamu menggunakan fitur foto-foto gratis dari aplikasi tersebut karena PicsArt memiliki banyak koleksi foto bertema masjid, ramadan, maupun foto lain bernuansa Islam yang bisa kamu gunakan.

Atau kamu juga bisa menggunakan koleksi foto kamu sendiri lalu menambahkan tulisan “Selamat Idul Fitri” atau tulisan ucapan Idul Fitri lainnya sesuka hati.

3. Adobe Spark Post

Adobe Spark Post - Cara Bikin Kartu Lebaran Digital Keren Bermodal Aplikasi

Perusahaan desain software komputer, Adobe merilis Adobe Spark Post pada Desember 2015, menyusul tingginya permintaan aplikasi desain gratis dari pengguna sosial media.

Seperti Canva, aplikasi ini banyak menyediakan template desain yang bisa kamu modifikasi untuk membuat kartu lebaran sendiri. Selain mudah digunakan, aplikasi bernama lengkap Adobe Spark Post: Graphic Design & Story Templates ini memiliki banyak fitur dan kustomisasi font yang cukup lengkap.

Sayangnya, template desain bertema Ramadan atau Idul Fitri lebih sedikit dibandingkan yang dimiliki Canva.

Sampai saat ini, Adobe Spark Post diunduh sebanyak 10 juta kali dan memperoleh rating 4.4 dari 5 hasil review 340 ribu orang penggunanya.

4. KineMaster

KineMaster - Cara Bikin Kartu Lebaran Digital Keren Bermodal Aplikasi

Nah, kalau tiga aplikasi sebelumnya memudahkan kamu membuat kartu lebaran dengan template desain atau foto, aplikasi KineMaster – Video Editor, Video Maker ini memungkinkan kamu mengirimkan kartu lebaran berbasis video.

(Baca juga: Bisnis Parcel Lebaran, Yuk! Dapatkan Modalnya dari Kredivo)

Lebih dari 100 juta orang sudah mengunduh aplikasi yang dibuat oleh NexStreaming ini sejak pertama kali dirilis Desember 2013. Di mana 2 juta orang diantaranya memberikan rating 4.4 dari 5.

KineMaster juga menempati urutan ke-empat dari daftar aplikasi yang bisa diunduh secara gratis lewat Google Playstore.

Banyak orang menggunakan KineMaster untuk mengedit video yang akan diupload ke YouTube, karena tampilannya yang mudah digunakan. Sekaligus memiliki banyak fitur editing yang menyerupai software editing video pada komputer.

Untuk bisa mahir menggunakannya, tentu dibutuhkan banyak latihan sehingga hasil video ucapan Lebaran yang kamu buat bisa syahdu dan menarik.

Asuransi Elektronik

Nah, biar proses ngedit kartu lebaran digital kamu berjalan lancar dan hasilnya ciamik, lindungi ponsel kamu dengan asuransi elektronik dari AXA Mandiri yuk.

Dengan membayar premi mulai dari Rp31.200, AXA Mandiri akan melindungi risiko kerugian yang kamu alami apabila ponsel kesayangan kamu rusak.

Bukan hanya ponsel, namun kamu juga bisa melindungi tablet dan laptop dengan asuransi elektronik AXA Mandiri dari risiko kerusakan fisik yang tidak disengaja, atau kerusakan akibat masuknya cairan yang tidak disengaja.

Apabila benda elektronik milik kamu rusak karena dua penyebab di atas, maka AXA Mandiri akan membayar biaya perbaikan unit hingga kembali ke kondisi semula sebelum kerusakan.

Tidak hanya itu, jika benda elektronik kamu tidak bisa diperbaiki maka AXA Mandiri berkomitmen untuk mengganti secara tunai sebesar 75 persen dari harga pasar benda.

Menguntungkan bukan? Jadi tunggu apalagi? Miliki asuransi elektronik AXA Mandiri lewat CekAja.com sekarang juga!

Tentang Penulis

Gentur Putro Jati

Ego in debitum, ergo sum