Cara Cek Airbag Mobil Bekas, Yuk Jeli Sebelum Membeli!

Airbag menjadi salah satu komponen keselamatan yang penting, dan harus ada di mobil baru maupun bekas. Sehingga, penting juga bagi kamu untuk mengetahui cara cek airbag mobil bekas, berikut ini.

Terlebih, di Indonesia, sendiri berkendara dengan menggunakan kendaraan pribadi memang lebih menyenangkan jika dibandingkan dengan mengunakan kendaraan umum.

Maka tak heran, jika tingkat kepemilikan kendaraan pribadi terus bertambah. Baik itu sepeda motor, yang kini dimiliki oleh hampir setiap keluarga, atau pun mobil.

Mobil Bekas Tak Kalah Diminati

Ya, kendaraan pribadi seperti mobil yang dahulu mungkin dianggap barang mewah, kini sudah menjadi suatu hal yang umum. Hal tersebut, dikarenakan kini ada berbagai cara untuk membeli mobil, baik baru maupun bekas.

Terlebih, harg mobil bekas, tentu lebih miring. Jadi, sangat memungkinkan untuk dibeli oleh para kalangan menengah. Tak ada salahnya beli mobil bekas, asalkan pandai memilihnya saja, kita bisa dapatkan mobil bekas yang berkualitas.

Periksa Bagian Dalam Mobil Bekas, Beserta Fitur-fiturnya

Saat membeli mobil bekas, kita mungkin akan selalu melihat bagian luar mobil dan memeriksa untuk memastikan tidak ada masalah besar.

Kita mungkin juga akan melihat jarak tempuh dan membawa mobil untuk test drive agar lebih meyakinkan sebelum membeli.

Pembelian mobil bekas selalu mengandung risiko tertentu, mengingat kita tidak bisa mengetahui dengan pasti sejarah kendaraan yang akan kita beli.

Tapi bagaimana dengan memeriksa airbag atau kantung udara? Mobil bekas yang ingin kita beli bisa jadi perangkap maut, jika kantung udara tidak berfungsi atau belum diganti.

Maka dari itu kita akan berikan info tentang cara cek airbag mobil bekas agar kita tidak tertipu karena komponen ini sangat penting.

(Baca Juga: Mengenal Rompi Airbag untuk Pemotor Held eVest)

Cara Cek Airbag Mobil Bekas

Pada mobil-mobil modern sekarang ini, komponen airbag atau kantung udara adalah yang penting. Begitu juga saat kita akan beli mobil bekas.

Tetapi ada banyak dealer mobil bekas yang menghilangkan informasi negatif tentang airbag itu. Maka dari itu cara cek airbag mobil bekas yang ingin kita beli masuk dalam tips saat membeli mobil bekas.

Kantung udara atau airbag akan dilipat menjadi kompartemen di sisi pengemudi dan dasbor (di sisi penumpang). Bergantung pada merek dan model mobil, mungkin juga terdapat kantung udara atau airbag di bagian samping mobil.

Jika terjadi tabrakan, airbag atau kantung udara di sisi pengemudi dan penumpang harus mengembang, mencegah penumpang mobil menabrak roda kemudi atau dasbor.

Setelah digunakan, airbag ini tidak bisa “diperbaiki”: Ini adalah fitur keselamatan sekali pakai yang harus diganti. Harganya juga mahal, yang menjadi penyebab terjadinya penipuan airbag.

Banyak dealer mobil dan bengkel yang akan menagih perusahaan asuransi atau pelanggan untuk airbag tersebut tetapi tidak pernah membeli dan memasangnya.

Lalu bagaimana cara cek airbag mobil bekas yang akan kita beli? Yuk, cek di sini:

1. Ketahui Manipulasi Lampu Indicator

Cara cek airbag mobil bekas yang pertama adalah mengetahui manipulasi lampu indicator. Untuk mengetahui airbag yang normal atau berfungsi adalah saat kontak dalam keadaan on, maka lampu indicator airbag akan menyala. Dan setelah hitungan 7 detik maka lampu indicator airbag ini akan mati sesaat sebelum mesin mobil menyala.

Jika saat kita cek lampu indicator mati saat kontak on bahkan saat mesin sudah menyala berarti airbag sudah pernah meledak. Cara cek airbag mobil bekas ini juga sering dimanipulasi oleh oknum dealer mobil bekas yang nakal.

Mereka akan membuat lampu indicator tetap menyala saat kontak on, tapi mati saat mesin sudah menyala maka sudah pasti ini dimanipulasi.

2. Periksa Bagian Penutup Airbag

Cara cek airbag mobil bekas yang sudah meledak sebelumnya, juga bisa dilihat dari bagian penutup airbag. Jika airbag sudah pernah meledak sebelumnya maka penutupnya akan terasa tidak rata.

Jika itu dijahit atau di cat ulang maka bagian itu akan terlihat lebih baru dibandingkan bagian lain. Lihat juga apakah ada lambang produsen mobil serta logo SRS diatasnya. Jika itu palsu maka tidak akan ada lambang serta logo itu.

3. Bawa Mekanik Handal

Selanjutnya cara cek airbag mobil bekas yaitu memastikan dashboard dalam keadaan mulus serta memiliki warna yang sama di sisi panel dan konsol tengah.

Jika airbag atau kantung udara telah meledak sebelumnya maka tentu airbag di sisi penumpang yaitu di bagian dashboard akan mengembang juga.

Saat meledak itulah dashboard akan terbelah. Dari semua cara cek airbag mobil bekas yang terbaik adalah membawanya kepada mekanik untuk diperiksa secara menyeluruh.

Cara Kerja Airbag pada Mobil

Kemudian cara kerja airbag itu sebenarnya seperti apa? Mobil modern dilengkapi dengan sensor yang membutuhkan milidetik untuk mengenali tabrakan.

Sensor-sensor yang disebutkan di ataslah yang menentukan apakah kantung udara atau airbag perlu dipasang. Dengan kata lain, airbag akan keluar hanya jika potensi tabrakan memberikan tekanan yang cukup kuat pada mobil, yaitu saat mobil bergerak dengan kecepatan tertentu.

Sebagian besar mobil modern tidak akan memasang kantung udara jika tidak ada cukup beban di kursi depan, yang merupakan alasan lain bagi anak-anak untuk duduk di belakang.

Meski sebagai salah satu alat keselamatan ketika terjadi tabrakan, keberadaan airbag pada mobil tak berarti membuat pengemudinya bebas dari cedera.

Tergantung pada keadaan, seperti misalnya kecepatan mobil saat terjadi kecelakaan, airbag dalam kasus pemasangan, terkadang dapat menyebabkan cedera ringan dalam bentuk memar atau goresan.

Namun, itu adalah harga kecil untuk membayar nyawa yang diselamatkan atau untuk mencegah cedera yang jauh lebih buruk.

Cedera yang lebih serius, seperti trauma kepala, hidung patah, tulang rusuk retak, atau cedera pada jari tangan dan tangan, bisa terjadi jika pengemudi duduk terlalu dekat dengan roda kemudi.

Inilah mengapa kita harus mengatur tempat duduk, sehingga saat menyentuh sandaran dan memegang setir, tangan kita sedikit ditekuk, yang merupakan posisi tubuh yang tepat untuk berkendara dan yang menandakan bahwa kita berada pada jarak aman dari setir.

Saat airbag hilang atau rusak, pengemudi dan penumpang tidak memiliki perlindungan saat terjadi kecelakaan. Maka dari itu konsekuensi dari penipuan airbag bisa mematikan.

Menurut sebuah artikel online, penipuan airbag telah merenggut nyawa sejumlah korban yang tidak diketahui. Hanya karena kita tidak memperhatikan kondisi airbag yang ada pada mobil bekas yang akan kita beli, karena kelalaian ini tentu saja bisa jadi nyawa kita taruhannya.

Mengetahui cara cek airbag mobil bekas bisa membantu kita terselamatkan dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Jika kita tidak tahu cara cek airbag mobil bekas memang lebih baik untuk bertanya pada mekanik di dealer atau penjualnya langsung. Tapi jika kita bertemu dengan oknum dealer yang nakal bisa jadi kita malah dibohongi.

Beberapa korban penipuan kantung udara lainnya menemukan bahwa kompartemen kantung udara berisi kacang kemas, koran, atau karton rokok atau bahwa kantung udara bekas diganti dengan kantung udara curian atau tempat barang rongsokan. Yang lain lagi tidak menemukan apa pun di dalam kompartemen.

(Baca Juga: 5 Sarung Jok Mobil Terbaik, Paling Awet, Nyaman dan Berkualitas!)

Jika kita sudah mantap untuk membeli mobil bekas saja daripada membeli yang baru tentu kita harus mempertimbangkan banyak hal sebelum memutuskannya.

Dengan mengetahui cara cek airbag mobil bekas seperti diatas maka kita bisa mendapatkan satu poin penting tentang bagaimana caranya mendapatkan mobil bekas yang tepat dan masih berfungsi dengan baik.

Selain kita mempertimbangkan tentang kondisi mesin, bagaimana body mobil bekas itu, bagaimana sejarah perawatannya, kelengkapan dokumen, bagaimana interior dan aksesoris lainnya, kita juga harus tahu bagaimana cara cek airbag mobil bekas itu. Jangan lupa juga untuk mencoba atau test drive.

Dengan memastikan kita mengetahui cara cek airbag mobil bekas yang akan kita beli maka sekali lagi kita bisa menyelamatkan hidup kita di kemudian hari.

Sedangkan cara terbaik untuk mengetahui apakah kantung udara atau airbag dipasang dengan benar adalah dengan meminta mekanik ternama untuk memeriksa mobil.

Tentu, langkah-langkah ini akan membutuhkan waktu ekstra. Tapi, demi kenyamanan dan keselamatan kita sendiri tentu kita tak akan keberatan kan?

Selain memperhatikan perlindungan keselamatan dari berfungsinya airbag, kendaraan kamu juga butuh perlindungan dalam bentuk lain, yakni berupa asuransi kendaraan.

Dengan asuransi kendaraan, mobil kamu jadi lebih terlindungi dari risiko kecelakaan, dan risiko kerugian finansial. Nah, kamu bisa menemukan berbagai produk asuransi kendaraan terbaik, melalui CekAja.com.

Yuk, cek, bandingkan, sekaligus ajukan produk asuransi kendaraan terbaik pilihanmu, secara online hanya di CekAja.com!