Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Cara Cek Imei HP Android dan iOS Lewat Ponsel serta Situs Kemenperin 2019

by Estrin Vanadianti Lestari on 18 Oktober, 2019

Tingginya penggunaan barang elektronik handphone (HP) di Indonesia, membuat permintaan produksi HP juga meningkat. Di balik tingginya pasar HP yang terus berkembang, tahukah kamu bahwa sebagian besar barang elektronik ini diproduksi di luar negeri?

Sehingga, tempat produksi ternyata akan mempengaruhi besarnya biaya pajak. Nah, karena biaya pajak sebuah barang yang masuk ke Indonesia tidak murah, maka tak heran jika banyak barang elektronik seperti HP, yang tidak memiliki nomer Imei secara legal.

Sehingga, bagi kamu yang sering gonta-ganti HP, disarankan selalui cek nomor Imei. Namun, bagaimana cara cek Imei?

Sebelumnya, mengecek nomor Imei merupakan suatu hal yang penting. Karena, dengan cara itu, kamu bisa mengetahui bahwa HP yang kamu beli adalah barang legal.

Bahkan, kini tidak sedikit pengguna HP yang penasaran dengan HP yang baru dibelinya, hingga sibuk mencari informasi tentang bagaimana cara cek Imei di HP baru.

Ada banyak cara cek Imei HP, tapi memang ada HP ilegal tanpa nomor Imei?

Nah, justru pemerintah Indonesia saat ini sedang membuat regulasi baru tentang Imei, guna menghentikan peredaran HP ilegal, atau biasa disebut HP Black Market di Indonesia. Sehingga, kini pemilik HP bisa mengetahui HP-nya ilegal atau tidak dengan cara cek Imei.

Selain itu, tidak hanya dibuktikan dari ada atau tidaknya nomor Imei, harga HP ilegal atau BM juga cenderung lebih murah, karena barang tersebut berhasil lolos, tanpa membayar pajak saat masuk ke Indonesia.

Bahkan, kini situs pengecekan Imei, sudah tersedia di situs Kementrian Perindustrian (Kemenperin) loh. Sehingga, sebuah HP yang akan dijual di Indonesia, nomor Imei-nya akan didaftarkan ke Kemenperin terlebih dahulu. Dan hingga sampai saat ini, Kemenperin terus melakukan pengumpulan semua nomer Imei dari semua merek HP, yang resmi masuk ke Indonesia.

Jika sedari awal kita membahas tentang Imei hingga pentingnya mengetahui cara cek Imei, lantas apa sih pengertian dari Imei itu sendiri?

Nah, bagi kamu yang dibuat penasaran, nomor Imei ini merupakan identitas unik yang terdiri dari 15-16 digit angkat, yang dikeluarkan oleh Global System for Mobile Communication Association (GSMA).

Di mana nomor Imei akan diberikan untuk setiap slot kartu, yang dikeluarkan oleh produsen HP. Sehingga, untuk HP yang memiliki slot SIM Card ganda, maka HP tersebut akan memiliki dua nomor Imei. Jadi, setiap HP yang ada di dunia ini, dipastikan memiliki nomor Imei yang berbeda ya.

(Baca juga: Tips Agar Tidak Tertipu Saat Membeli iPhone Bekas)

Nah, setidaknya ada beberapa cara cek Imei untuk semua merek HP, yang sangat mudah untuk diikuti. Namun, ada beberapa tipe HP juga yang memiliki cara tersendiri untuk mengetahuinya, seperti iPhone dan tipe HP Android tertentu.

Kamu bisa menggunakan cara cek Imei melalui ponsel hingga melalui situs resmi Kemenperin. Yuk, langsung saja ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Cara Cek Imei Melalui Ponsel (Semua Merek HP Android)
1. Cara Cek Imei Menggunakan Kode Dial USSD

Cara cek imei dengan mudah yang pertama melalui ponsel adalah, dengan mengecek Imei melalui kode USSD. Dimana nantinya kode USSD, dimasukan pada aplikasi Dial di HP Android kamu. Bisa dibilang juga, cara ini hampir sama seperti ketika kamu cek pulsa atau kuota internet.

Kamu, hanya tinggal ketik kode USSD *#06# pada aplikasi Dial. Selanjutnya secara otomatis akan muncul _pop-up_nomor IMEI, di layar HP kamu.

2. Cara Cek Imei Melalui Menu Setting

Cara cek Imei selanjutnya adalah dengan mengecek melalui pengaturan pada HP Android. Cara ini juga bisa kamu lakukan untuk bisa mendapatkan informasi yang lebih mendetail. Begini caranya:

– Buka menu Setting, lalu pilih opsi Tentang Ponsel.
– Lalu pilih opsi Status dan kemudia pilih opsi Informasi IMEI.
– Nah, secara otomatis informasi tentang nomor Imei HP kamu akan muncul di layar, secara lengkap. Selain itu, jika HP kamu memiliki fitur dual SIM, maka akan ada dua Imei yang tertera pada layar.

3. Cara Cek Imei Melalui Fisik Ponsel

Cara cek Imei berikutnya, kamu bisa mengecek kode Imei dengan melihat langsung di body HP kamu. Kode nomer imei biasanya berupa sticker yang ditempelkan atau yang terpasang langsung pada body bagian dalam. Namun, hal tersebut hanya bisa dilakukan bagi HP yang memiliki tipe baterai lepas-pasang.

Sehingga, untuk kamu yang memiliki tipe HP Android dengan baterai tanam atau non-removeable, biasanya kode Imei akan ditulis langsung pada body bagian belakang.

Cara Cek Imei Melalui HP iPhone Dengan Sistem iOS

– Buka menu Setting pada perangkat iPhone kamu dan pilih opsi General.
– Lalu pilih opsi About.
Scroll layar ke bawah dan nomor Imei kamu akan tertera di kolom Imei.
– Setelah itu, kode Imei pun akan tertera.

Sangat mudah bukan untuk cek nomor Imei iPhone? Kamu juga bisa melihat kode Imei, di bagian body belakang, di beberapa tipe HP iPhone.

Cara Cek Imei Melalui Situs Kemenperin

Masih kurang yakin juga kalau HP kamu bukan barang ilegal atau Black Market? Nih, kamu bisa lakukan cara cek imei melalui situs resmi Kementrian Perindustrian. Begini langkah-langkahnya:

Langkah 1

– Pertama kamu salin nomor Imei HP melalui Dial *#06#.

Langkah 2

– Buka situs resmi Kemenperin https://imei.kemenperin.go.id dan masukkan nomor Imei pada kolom khusus yang disediakan.
– Jika sudah, kamu tinggal tekan Enter maupun Search di sebelahnya.

Langkah 3

– Selanjutnya, kamu bisa melihat jika HP kamu resmi dan terdaftar, maka akan muncul tampilan “IMEI terdaftar di database Kemenperin”.
– Sementara, jika HP kamu ilegal atau BM, makan akan muncul “IMEI tidak terdaftar di database kemenperin”.

(Baca juga: Pelajari Cara Cek Status Nomor IMEI Agar Terhindar dari Blokir Ponsel BM)

Itulah beberapa cara cek Imei sekaligus apakah HP kamu terdaftar dan legal atau tidak. Namun, bagaimana jika kamu menemukan jika Imei mu ternyata tidak terdaftar di database Kemenperin? Pasalnya, ternyata tidak sedikit kasus Imei tak terdaftar, yang menandakan bahwa HP kamu adalah barang ilegal.

Jika Imei HP mu tidak terdaftar, maka Kominfo mengatakan bahwa tidak akan melakukan pemblokiran secara total. Sehingga kamu tetap bisa menggunakannya, hanya saja tidak bisa menggunakan jaringan operator selular Indonesia.

Maka dari itu, jika kamu memang sengaja membeli HP Black Market, hanya mengincar harga yang murah, siap-siap saja untuk membeli jaringan operator luar negeri. Sangat menyulitkan bukan?

Cek juga beragam produk pinjaman dana dan kredit, untuk modal kamu membeli HP legal, untuk menunjang kehidupan sosial kamu di Cekaja.com. Meski HP legal memiliki harga yang lebih mahal, namun akan lebih bermanfaat untuk kelangsungan hidupmu.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami