Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Cek Nomor Indosat Buat Kamu yang Lupa, Mudah Kok!

by Miftahul Khoer on 6 November, 2019

Memiliki lebih dari satu nomor seluler sudah merupakan hal yang umum. Biasanya, satu nomor digunakan sebagai nomor utama, dan nomor lain digunakan untuk keperluan lain seperti misalnya, paket internet. Atau bisa juga karena bepergian ke suatu daerah, tetapi layanan untuk nomor utama tidak bagus sehingga terpaksa membeli nomor baru. Dengan berbagai hal tersebut, terkadang kita jadi tidak bisa menghafal nomor kita sendiri.

cara cek nomor Indosat

Hal tersebut bisa juga terjadi pada pengguna Indosat. Seperti yang kita tahu, Indosat Ooredoo merupakan salah satu penyedia layanan seluler yang besar dan terkenal di Indonesia. Sebagai salah satu penyedia layanan seluler unggulan, Indosat memiliki berbagai macam produk untuk pelanggannya yaitu Mentari Ooredo, IM3 Ooredo, dan Matrix Ooredo (pascabayar). Semua pilihan itu disesuaikan dengan target pasar masing-masing dengan berbagai pilihan paket yang menarik.

Lalu bagaimana kalau kamu sebagai pengguna Indosat Ooredoo, kebetulan lupa nomor kamu sendiri, padahal kamu membutuhkannya untuk keperluan misalnya isi pulsa atau paket internet? Tenang saja. Berikut ini cara untuk cek nomor Indosat yang bisa kamu lakukan:

1. Cek nomor Indosat dengan dial up

Cara pertama dan paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk cek nomor Indosat adalah dengan melakukan dial up. Berikut ini caranya:

– Pertama, tekan *888*1*1# pada menu panggilan, lalu tekan OK/YES/CALL.

– Tunggu beberapa detik hingga muncul pop up di layar yang berisi informasi nomor Indosat kamu.

– Kode UMB lain yang bisa kamu gunakan adalah *123*3#, lalu tekan OK/YES/CALL.

– Sama seperti cara sebelumnya, setelah beberapa detik akan muncul pop up berisi informasi tentang nomor Indosat kamu.

(Baca juga: Cara Cek Nomor Telkomsel Buat yang Kelupaan)
2. Cek nomor Indosat menggunakan modem PC

Kalau kamu menggunakan modem PC Indosat, kamu juga bisa cek nomor Indosat dengan menggunakan modem. Berikut ini caranya:

– Pastikan modem yang kamu pakai sudah mendukung sistem USSD. USSD adalah protokol yang dimiliki perangkat GSM untuk berkomunikasi dengan komputer penyedia perangkat.

– Sambungkan modem pada komputer dan aktifkan koneksinya.

– Buka aplikasi koneksi manajer dan buka menu USSD. Ketikkan *123*30# kemudian tekan tombol “Kirim” atau “Send”.

– Tunggu beberapa saat sampai muncul laman di layar yang berisi informasi mengenai kartu Indosat Ooredoo yang kamu gunakan mulai dari nomor, sisa pulsa, hingga masa berlaku kartu.

3. Cek nomor Indosat dengan aplikasi MyIM3

Sebagai salah satu penyedia layanan seluler unggulan, Indosat tidak mau ketinggalan dengan turut meluncurkan aplikasi untuk memudahkan penggunanya. Kamu juga bisa cek nomor Indosat Ooredoo kamu melalui aplikasi MyIM3. Sebelumnya, aplikasi ini bernama MyCare. Namun aplikasi ini baru bisa digunakan ketika kamu mendaftarkan nomormu. Jadi kamu harus mendaftarkan dulu nomormu dengan cara berikut:

– Cari dan instal aplikasi MyIM3 di Google Play Store atau App Store.

– Setelah terpasang, buka aplikasi kemudian daftarkan nomor Indosat Ooredoo kamu. Buat kata sandi, lalu masukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS.

– Setelah pendaftaran berhasil, silakan login.

– Pada bagian Beranda atau Homepage, akan tersedia berbagai informasi mulai dari nomor Indosat kamu, sisa pulsa, jumlah kuota internet, dan lain-lain.

– Kamu juga bisa mengakses fitur lain yang disediakan pada aplikasi MyIM3 dengan cara klik logo menu berupa ikon garis tiga pada pojok kanan atas aplikasi, dan pilih fitur yang diinginkan.

4. Cek nomor Indosat dengan bantuan operator

Kalau kamu tidak bisa menggunakan ketiga cara di atas, kamu masih bisa cek nomor Indosat kamu dengan bantuan operator. Berikut ini nomor Customer Service Indosat yang bisa kamu hubungi sesuai jenis kartunya:

– Pengguna Matrix Ooredoo bisa menghubungi nomor 111. Layanan ini bebas biaya.

– Pengguna Mentari Ooredoo dan IM3 Ooredoo dapat menghubungi nomor call center Indosat 100 atau 185. Layanan ini dikenai tarif Rp400/panggilan.

– Kamu juga bisa menghubungi layanan IVR (penjawab otomatis) melalui nomor 222. Layanan ini bebas biaya.

– Kamu juga bisa menggunakan layanan PSTN dari nomor rumah biasa atau operator seluler lain dengan menghubungi +6221 5438 8888 dan +6221 3000 3000.

– Kamu juga bisa mengirim faksimile ke nomor +6221 5449 50106 terutama kalau kamu perlu melampirkan informasi lain seperti gambar.

(Baca juga: Ponsel Resmi atau Black Market? Ikuti 4 Langkah Ini Untuk Memastikannya)

Demikian tadi cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk cek nomor Indosat Ooredoo. Setelah itu, kamu bisa menyimpan atau mencatat nomor kamu untuk digunakan lagi lain waktu. Semoga artikel ini membantu, ya!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.