Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Cek Nomor Telkomsel Buat yang Kelupaan

by Miftahul Khoer on 5 November, 2019

Sebagai pengguna telepon seluler, tentu kita tidak bisa lepas dari penggunaan provider. Salah satu provider seluler di Indonesia adalah Telkomsel. Selama bertahun-tahun, Telkomsel dipercaya pelanggan karena berbagai kelebihan yang ditawarkan. Salah satunya adalah jangkauan pelayanan yang luas dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia dengan 146.000 tower BTS.

cara cek nomor Telkomsel

Telkomsel menyediakan berbagai produk kartu perdana seperti SimPATI, Kartu As, Loop, dan kartu Halo (pascabayar). Mungkin banyak di antara kita yang karena satu dan lain hal menggunakan lebih dari satu kartu perdana untuk mendukung kebutuhan informasi sehari-hari. Masalahnya, nomor telepon yang panjang kadang tidak bisa langsung kita hafal. Apalagi kalau nomor baru beli dan bungkusnya lupa langsung kita buang. Bagaimana kalau kita butuh, tapi malah lupa nomor sendiri? Misalnya, saat mau mengisi pulsa atau paket internet?

Bagi kamu pengguna Telkomsel, berikut ini adalah tiga cara mudah untuk mengecek nomor Telkomsel sendiri.

1. Cek nomor Telkomsel via dial up

Cara pertama dan paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk cek nomor Telkomsel adalah dengan menggunakan dial up atau kode UMB tertentu. Berikut ini caranya:

– Tekan *808# pada layar panggilan, lalu tekan OK/YES/CALL.

– Secara otomatis, akan muncul pop up pada layar ponsel yang berisi informasi nomor Telkomsel kamu.

– Kamu bisa screenshoot/capture layar untuk menyimpan informasi nomor ponsel supaya bisa digunakan kapanpun kamu membutuhkannya lagi.

– Klik “Dismiss” apabila sudah selesai.

– Telkomsel juga akan mengirim kamu pesan SMS otomatis berisi informasi nomor ponsel yang kamu cek. Saat ini, layanan cek nomor Telkomsel dikenakan biaya Rp55. Pastikan kamu masih memiliki sisa pulsa untuk menggunakan layanan ini.

(Baca juga: Ponsel Resmi atau Black Market? Ikuti 4 Langkah Ini Untuk Memastikannya)
2. Cek nomor Telkomsel via aplikasi MyTelkomsel

Telkomsel juga menyediakan layanan digital khusus berupa aplikasi MyTelkomsel. Di dalam aplikasi ini, kamu bisa mengecek semua informasi terkait nomor pribadi, jumlah pulsa, paket data, hingga jumlah poin Telkomsel yang kamu miliki. Tidak hanya itu, pembelian paket data hingga pulsa juga bisa dilakukan dengan cepat melalui aplikasi MyTelkomsel.

Kamu bisa mengunduh aplikasi MyTelkomsel secara gratis di Google Play Store dan App Store. Setelah mengunduh aplikasi, daftarkan nomor Telkomsel kamu terlebih dulu. Semua pengguna provider Telkomsel mulai dari SimPATI, Kartu As, Loop, hingga Kartu Halo bisa menggunakan aplikasi MyTelkomsel.

Bagaimana kalau kamu memiliki lebih dari satu nomor Telkomsel? Tenang saja. Kamu bisa mendaftarkan sampai lima nomor Telkomsel berbeda tanpa harus logout dari nomor lainnya. Namun, pastikan aplikasi MyTelkomsel yang kamu gunakan adalah MyTelkomsel versi 3.12 ke atas.

Berikut ini adalah cara mendaftar dan cek nomor Telkomsel melalui aplikasi MyTelkomsel:

– Cari aplikasi di Google Play Store atau App Store kemudian download dan install di ponselmu.

– Buka aplikasi lalu daftarkan nomor Telkomsel kamu. Setelah berhasil mendaftar, segera login.

– Pada bagian “Beranda” atau “Home”, terdapat informasi dasar seputar nama pengguna, nomor Telkomsel pengguna, jumlah poin, jumlah pulsa, hingga jumlah kuota internet.

– Apabila ingin menggunakan fitur menarik lainnya, klik logo menu berupa ikon garis tiga pada pojok kiri atas aplikasi, dan pilih fitur yang diinginkan.

3. Cek nomor Telkomsel dengan bantuan operator

Kalau misal kamu malas menggunakan fitur dial up dan tidak memiliki cukup kuota internet untuk mengakses aplikasi MyTelkomsel, apa yang harus kamu lakukan? Masih ada satu cara lagi yang bisa kamu lakukan untuk cek nomor Telkomsel yaitu dengan menelepon operator atau layanan call center Telkomsel. Cara cek nomor Telkomsel dengan bantuan operator adalah sebagai berikut:

– Untuk pengguna SimPati, Kartu As, dan Loop, kamu bisa hubungi nomor call center 188 melalui menu panggilan. Layanan ini dikenakan tarif Rp300 sampai Rp400 per panggilan.

– Untuk pengguna kartu Halo, kamu bisa hubungi nomor call center 133 melalui menu panggilan. Layanan ini tidak dikenakan biaya alias gratis.

– Khusus untuk kamu yang sedang berada di luar negeri dan terkena roaming, kamu dapat menghubungi nomor +628110000333 dari menu panggilan.

– Apabila kamu lupa membawa ponsel yang menggunakan nomor Telkomsel, kamu bisa menghubungi call center nasional 0807181811. Nomor ini bisa dihubungi dengan provider lain misalnya XL atau Indosat.

(Baca juga: Pelajari Cara Cek Status Nomor IMEI Agar Terhindar dari Blokir Ponsel BM)

Itulah tiga cara cek nomor Telkomsel. Bagaimana? Mudah bukan? Selanjutnya kamu bisa menyimpan atau mencatat nomor Telkomselmu supaya di kemudian hari kamu tidak kebingungan lagi. Semoga bermanfaat, ya!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.