Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Cara Daftar Usaha Kuliner di Go Food dan Grab Food

by Rini Agustina on 10 Maret, 2020

Bisnis berbasis digital kini sedang marak. Menariknya bukan hanya bidang usaha IT yang kena imbas bisnis digital ini, melainkan hampir semua jenis usaha mulai dari kuliner, pengiriman barang hingga jasa. Kehadiran internet mampu menyokong bisnis menciptakan keuntungan berlipat dengan modal seminim mungkin. Inilah yang coba dihadirkan oleh Go Food dan Grab Food. Dua startup yang menawarkan jasa pesan dan kirim makanan yang menghubungkan antara pemilik restoran dengan konsumen.

Cara Daftar Usaha Kuliner di Go Food dan Grab Food

Go Food menasbihkan dirinya sebagai layanan pesan antar makanan terbesar di dunia di luar Cina dan bekerja sama dengan 125,000 merchant di berbagai kota di Indonesia. Terdapat lebih dari 125,000 restoran telah menjadi GO-FOOD Partner.

(Baca juga: Paspor Terkuat dan Terlemah di Dunia Tahun 2020. Indonesia?)

Go Food sendiri merupakan salah satu fitur layanan pembelian online yang disediakan oleh aplikasi Gojek. Sementara Grab Food berdiri dibawah naungan Grab Indonesia.

Kehadiran Gofood dan Grabfood seakan menghapus batas dan jarak antara toko dan pelanggan. Konsumen dapat menikmati sajian menu favoritnya tanpa harus mengantri lama di restoran langganan, karena semua pesanan akan diantar oleh para driver. Baik penjual maupun pembeli diuntungkan dengan adanya Go Food dan Grabfood ini.

Keuntungan Menjadi Mitra Go Food dan Grab Food

Sudah dikatakan bahwa kehadiran Gofood dan Grabfood ini memutus jarak antara toko dan pelanggan serta memudahkan konsumen menjangkau sajian yang ditawarkan di berbagai restoran hanya bermodal ponsel pintar. Lantas apa keuntungan bagi pemilik toko atau restoran yang memutuskan menjadi mitra Go Food dan Grab Food?

  • Menjangkau Lebih Banyak Pelanggan

Baik Go Food maupun Grabfood memiliki strategi marketing channel yang dapat membantu setiap restoran mengiklankan produknya kepada pelanggan. Misalnya dengan diskon pembelian atau penukaran poin. Promo ini tidak dipungut biaya alias gratis sehingga setiap restoran dapat berhemat untuk belanja iklannya. Tanpa budget iklan besar setiap usaha dapat menjangkau lebih banyak pelanggan.

  • Transaksi Pembelian Aman

Sistem pembelian di Gofood dan Grabfood sudah dibuat sedemikian rupa sehingga aman digunakan. Semua bentuk pembayaran menggunakan sistem cashless dan tercatat secara detail di aplikasi pembayaran mitra Go Food dan Grabfood.

Transaksi secara cashless dapat meminimalisir kerugian antara toko maupun konsumen. Ya, pada transaksi offline biasanya restoran maupun pelanggan sering dirugikan dengan nominal pengembalian yang kurang.

  • Pengaturan yang Mudah

Di zaman yang sudah serba internet ini sebenarnya mudah saja bagi setiap restoran membangun websitenya sendiri dan membuka jalur pembelian secara online. Namun, butuh perawatan ekstra juga yang tidak murah. Karena jasa perawatan website semacam ini berbiaya mahal.

Namun di aplikasi Gofood dan Grabfood semua layanan disediakan gratis. Pemilik restoran dapat melakukan berbagai pengaturan seperti mengubah fitur, menu, promo, dan harga produk. Sehingga informasi mengenai ketersediaan produk dapat lebih cepat diterima pelanggan.

  • Jam Buka yang Lebih Fleksibel

Salah satu keuntungan yang dihadirkan jika Anda mendaftar menjadi mitra Go Food maupun Grab Food adalah jam operasional yang lebih fleksibel. Jika membuka gerai di mall atau pusat perbelanjaan maka jam buka toko diatur mulai dari pukul 10 pagi hingga 10 malam saja.

Sementara jika melalui Go Food dan Grab Food restoran Anda bebas membuka tokonya hingga jam berapapun, selagi stok menu masih ada. Keuntungan berlipat pun bisa Anda dapat.

  • Sistem Bagi Hasil

Seperti bisnis pada umumnya, Gofood dan Grabfood ini punya model bisnis sendiri untuk bekerjasama dengan para mitranya. Kalau Anda masih ragu dengan sistem pembayaran dari Go Food maupun Grab Food. Tenang, karena keduanya selalu terbuka mengenai sistem bagi hasil.

Rata-rata sistem bagi hasil yang diterapkan adalah 80% untuk restoran dan 20% untuk Go Food dan Grab Food. Jadi, bagi Anda pemilik restoran jika tidak ingin merugi bisa menaikkan seluruh harga meni 20% lebih tinggi.

Cara Daftar Usaha Kuliner di Go Food

Bagi Anda yang ingin mendaftar sebagai mitra usaha kuliner di Go Food bisa lebih dulu mengunduh aplikasi Go-Biz untuk melakukan pendaftaran. GO-BIZ adalah aplikasi yang digunakan oleh GO-FOOD Partner untuk mengelola restorannya pada layanan GO-FOOD dengan mudah.

Dengan menggunakan GO-BIZ, kasir dapat mengaktifkan/menonaktifkan pilihan menu, mengubah jam buka restoran di GO-FOOD, menerima pembayaran dengang GO-PAY, dan lain-lain.

Keuntungan aplikasi Go-Biz
  • Ringkas, rekapan pesanan dan penjualan Anda ditampilkan secara real time.
  • Aman, validasi pemesanan untuk mengurangi penipuan & memastikan isi pesanan secara akurat.
  • Cepat, isi pesanan pelanggan akan dikirimkan melalui aplikasi sehingga penyelesaian setiap pesanan menjadi lebih cepat.
  • Cashless, pembayaran cashless yang mudah dengan GO-PAY yang akan langsung masuk ke dompet digital Anda.

Dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran adalah KTP, NPWP, dan Foto halaman pertama dan kedua buku tabungan atau e Banking yang mencakup informasi Nomor Rekening.

Langkah langkah Mendaftar Mitra Go Food
  • Download aplikasi Go Biz, pilih daftar Go Food, klik buka restoran baru milik pribadi, pilih kota tempat Anda membuka restoran tersebut. Kemudian lanjut.
  • Masukkan nama pemilik usaha di kolom pengguna, lalu email dan nomor ponsel yang masih aktif, klik buat akun. Kode konfirmasi akun akan dikirim ke nomor ponsel yang telah didaftarkan. 
  • Masukan nama restoran, lalu  lanjut ke pilih informasi restoran seperti nama jalan. Atur titik lokasi restoran secara akurat, gunakan bantuan google maps untuk mencari titik lokasi yang paling mendekati. Pilih identitas pemilik, masukkan nomor telepon pemilik usaha, klik upload dan foto KTP .
  • Masukkan nomor KTP di kolom yang sudah disediakan. Klik centang di kolom NPWP klik upload foto kartu NPWP. Masukkan nomor dan nama yang ada pada NPWP. Klik simpan.
  • Pilih informasi rekening bank. Klik panah di kolom nama bank dan pilihlah bank yang Anda gunakan. Masukkan nomor rekening juga nama pemilik rekening. Klik verifikasi jika pemilik rekening berbeda dengan pemilik restoran.
  • Masukkan nama pemilik sesuai KTP dan nama pemegang rekening bank. Klik centang dan upload surat kuasa, klik simpan. Pilih informasi pajak dan lainnya, 
  • Masukkan info tarif pajak PB1, tarif pelayanan dengan maksimal 10%. Klik simpan. Jika semua data sudah lengkap, klik lanjut. Klik kirim data usaha. Pendaftaran selesai Anda hanya perlu menunggu data diproses oleh pihak GOJEK. 
Cara Daftar Usaha Kuliner di Grab Food

Mitra Grab Food sudah tersebar di berbagai kota di Indonesia, menyajikan berbagai kuliner khas Nusantara. Anda Pun bisa menjadi bagian dari mereka dan merenggut kesuksesan serupa dengan menjadi mitra Grab Food. Bagaimana cara daftar usaha kuliner di Grab Food? Mudah saja, Anda hanya perlu membuka website Grab Food.

Akan muncul layanan pesan antar makanan, namun abaikan ini dan scroll hingga ke bawa ke bagian “Bantuan”. Akan ada “Yuk Jadi Mitra Restoran Grab Food”, klik dan Anda akan dibawa ke halaman baru.

Isi Form Dengan Lengkap

Pada halaman baru akan terdapat channel “Jadilah Mitra Kami”, Anda bisa memilih “Mitra Grab Food” dan akan muncul form pendaftaran yang harus diisi. Isikan nama restoran, alamat, kota, nama pemilik restoran, nomor handphone, email dan catatan. Jika sudah mengisi formulir sesuai dengan data yang benar maka silahkan klik captcha untuk autentifikasi. Setelah itu kemudian klik daftar.

Pihak Grab akan mengirim email berupa registrasi restoran. Tunggulah beberapa saat setelah pengisian form maka email akan segera dikirim. Anda hanya perlu mengklik tautan yang dikirim di email dan diarahkan menuju halaman help.grab.com.

scroll kebawah dan anda akan menemukan form pengisian formulir, jika masih bingung maka bisa klik tombol biru Tips mengisi formulir. Isilah formulir secara lengkap.

Agak berbeda dengan Go Food, pengisian data form di Grab Food ini sangat detail dan sangat banyak formulir yang mesti diisi. Sehingga dibutuhkan ketelitian agar tidak ada yang salah dan terlewat. Jangan lupa untuk mengecek kembali data yang telah  diisi.

Setelah form diisi secara lengkap, Anda hanya perlu mengisi jadwa restoran pilih hari dan jam dimana restoran buka dan kapan waktunya tutup. Scroll pada bagian bawah tekan tanda panah hijau untuk melanjutkan proses pendaftaran. Setelah selesai isilah kolom “Menu” lalu kirim permintaan.

Selanjutnya silahkan silahkan tambahkan menu dengan menekan tombol +. Anda juga bisa menghapus menu dengan tombol X. Isikan nama restoran, jenis makanan, nama menu dan juga harga sesuai dengan yang ada di restoran milik anda. Jika sudah melakukan cara daftar usaha Grab Food silahkan klik Kirim untuk menyelesaikan pendaftaran.

Verifikasi akan dilakukan oleh tim Grab Food.Jika pendaftaran diterima maka anda akan dihubungi via email atau SMS yang menandakan lokasi anda sudah aktif. Setelah itu akan ada perjanjian partnership dengan Grab Food dan untuk langkah selanjutnya akan dipandu langsung oleh pihak Grab.

Besar Pajak Restoran yang Wajib Diketahui

Meski pendaftaran menjadi mitra Go Food dan Grab Food terbilang mudah, namun banyak detail pada saat pendaftaran yang tak boleh Anda lewatkan. Salah satunya adalah pembebanan pajak.

Di Semua lini pendaftaran Anda akan diminta untuk memilih apakah pajak dibebankan pada konsumen dengan ditambahkan pada harga menu atau ditanggung oleh pihak restoran. Beberapa pajak yang acap kali timbul di Go Food dan Grab Food antara lain:

  • Harga tidak memiliki pajak : berarti harga apa ada nya tanpa adanya penambahan dan pengurangan pajak
  • Harga inclusive atau termasuk pajak : Harga akan dipotong pajak dengan nilai 10. Sebagai contoh harga makanan A Rp. 20.000 maka akan dipotong 10% menjadi Rp. 18.181.Sehingga pada saat konsumen melakukan order sudah otomatis membayar pajak dengan angka Rp. 20.000
  • Harga exclusive atau tidak termasuk pajak : harga makanan akan ditambahkan dengan pajak yang berlaku oleh restoran
  • Service Fee : Harga akan dibagi dengan biaya servis yang ditentukan pihak restoran apabila dikenakan biaya pada saat pembelian makanan.
Kiat Membuat Usaha Kuliner Dengan Kredivo.com

Itulah cara daftar usaha kuliner di Go Food dan Grab Food. Meski berada dibawah payung perusahaan yang berbeda, namun keuntungan yang ditawarkan hampir sama.

Manfaatkan seluruh fitur yang tersedia untuk mendulang untung sebanyak banyaknya. Jika anda ingin membuat usaha, namun ada beberapa hal yang harus dibeli namun tersendat keuangan. Anda dapat mengajukan pinjaman online di kredivo.com.

Melalui kemudahan pengajuan online, Kredivo mampu memberikan banyak keunggulan, seperti proses kredit pinjaman dana tunai cepat, bunga rendah, cicilan ringan. Tentu saja prosesnya akan hemat waktu, hemat tenaga, serta hemat uang, dan yang terpenting anda tidak perlu menunda bisnis yang akan anda kelola. Selain itu, anda tidak perlu khawatir karena Kredivo sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tentang Penulis