Cara Daftar Vaksin Booster di Jakarta Mudah, Bisa Melalui Aplikasi PeduliLindungi!

Dihimbau untuk segera melakukan vaksin Booster, apakah kamu sudah tau cara daftar vaksin Booster di Jakarta? Nyatanya, cara daftar vaksin Booster ini cukup mudah loh!

Cara Daftar Vaksin Booster di Jakarta Mudah, Bisa Melalui Aplikasi PeduliLindungi!

Jumlah pasien terdeteksi positif Covid kian meningkat setiap harinya. Masuknya varian Omicron, menjadi salah satu penyebab pasien positif Covid kembali melonjak.

Memiliki sistem penyebaran yang cepat dan lebih sulit terdeteksi, hingga 31 Januari 2022 kemarin, jumlah kasus Omicron tercatat sebanyak 2.980 kasus.

Jumlah kasus Covid-19 di Indonesia, per tanggal 2 Februari 2022, tercatat 4.353.370 positif. 4.140.454 diantaranya dinyatakan sembuh, dan sebanyak 144.320 tercatat meninggal dunia.

Mengingat kasus positif kian meningkat, Pemerintah mulai menghimbau masyarakat Indonesia untuk bergegas melakukan vaksinasi.

Tidak hanya vaksin 1 dan 2, saat ini pemerintah juga menghimbau untuk melakukan vaksin Booster, bagi yang sudah melakukan vaksinasi 1 dan 2.

Lantas bagaimana caranya? Cara daftar vaksin booster di Jakarta ini ternyata cukup mudah. Agar kamu tidak bingung, kamu bisa menyimak caranya berikut ini.

Berbagai Cara Daftar Vaksin Booster di Jakarta

Jika sudah melakukan vaksinasi pertama dan kedua, lantas bagaimana mendaftar vaksin Booster yang dianjurkan?

Cara daftar vaksin Booster di Jakarta ini cukup mudah. Tidak hanya di Jakarta, di daerah lain pun memiliki cara yang sama untuk mendaftar vaksin booster.

Agar tidak lama, kamu bisa menyimak cara daftar vaksin Booster berikut ini!

1. Daftar Vaksin Booster Melalui Aplikasi PeduliLindungi

Cara daftar vaksin Booster di Jakarta pertama, yang bisa kamu lakukan adalah melalui aplikasi PeduliLindungi.

Cara ini cukup mudah, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menginstall dan log in PeduliLindungi di smartphone milikmu. Selanjutnya, kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

  • Klik menu ‘Profil’
  • Pilih ‘Riwayat dan Tiket Vaksin’
  • Status dan jadwal vaksinasi ketiga atau Booster akan muncul di layar
  • Jika status vaksinasi ketiga belum muncul, mungkin jangka waktu vaksin kedua dan ketiga belum mencukupi persyaratan

(Baca Juga: Vaksin Booster, Vaksin untuk Mencegah Omicron)

2. Daftar Vaksin Booster Melalui Situs PeduliLindungi

Masih sama, cara daftar vaksin Booster di Jakarta selanjutnya masih melalui PeduliLindungi. Perbedaannya, sebelumnya melalui aplikasi, dan kali ini melalui situs.

Langkah-langkah untuk mendaftar vaksin Booster juga cukup mudah di sini, diantaranya sebagia berikut:

  • Masuk kedalam situs PeduliLindungi
  • Masukkan nama lengkap dan NIK, dan klik periksa
  • Kemudian akan muncul status dan tiket vaksin

3. Daftar Vaksinasi Booster Melalui JAKI

Selanjutnya, cara daftar vaksin booster di Jakarta terakhir yang bisa dilakukan yaitu melalui JAKI. Untuk yang belum tahu, JAKI merupakan layanan khusus masyarakat di wilayah Jakarta.

Proses daftar vaksinasi Booster di JAKI cukup mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi JAKI dan klik banner ‘Pendaftaran Vaksinasi Covid-19’
  • Masukkan NIK dan Nama lengkap, kemudian klik ‘Periksa’
  • Baca syarat dan ketentuan yang tercantum, lalui klik ‘Ya, Saya Mengerti’
  • Jika kamu sudah boleh mendapatkan vaksin Booster, maka akan ada keterangan ‘Siap di Vaksinasi Dosis 3’. Kamu bisa klik ‘Daftar Ulang Vaksinasi Dosis 3’ untuk memilih jadwal dan lokasi vaksinasi yang diinginkan.
  • Jangan lupa untuk mencetak kartu vaksinasi untuk ditunjukkan kepada petugas di lokasi vaksinasi

Syarat Mendapatkan Vaksin Booster

Penerimaan vaksinasi Booster ini tidak serentak bagi setiap orangnya. Pasalnya, ada beberapa persyaratan untuk bisa menerima vaksinasi Booster.

Berdasarkan Surat Edaran Kementerian Kesehatan Nomor HK.02.02/II/252/2022 tentang Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan, berikut persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan vaksinasi Booster:

  • Menunjukkan NIK dengan membawa KTP atau Kartu Keluarga
  • Berusia 18 tahun ke atas
  • Sudah mendapatkan vaksin primer lengkap, minimal 6 bulan sebelumnya

(Baca Juga: 3 Jenis Investasi Minim Risiko di Tengah Ancaman Omicron)

Nah, itu dia sekilas cara daftar vaksin booster di Jakarta, beserta persyaratan untuk mendapatkan vaksin Booster yang harus dipenuhi.

Saat ini, vaksin Booster sudah diringankan dengan tidak dipungut biaya. Jadi, kamu tidak ada alasan lagi untuk tidak melakukan vaksin Booster.

Vaksin Booster bertujuan agar imun tubuh kita menjadi lebih kuat, terhadap virus Covis-19 yang semakin ganas.

Tetapi, selain melakukan vaksinasi, kamu tetap harus melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, hingga rutin mencuci tangan.

Sebab, meski telah melakukan vaksinasi, tetapi tidak mematuhi protokol kesehatan, kemungkinan terinfeksi Covid masih tetap ada.

Untuk mengantisipasi terjadinya hal buruk, kamu juga bisa memberikan perlindungan diri secara lebih dengan asuransi kesehatan.

Produk asuransi kesehatan sendiri ada banyak jenisnya, kamu bisa pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu.

Mengajukan kepemilikan asuransi kesehatan ini cukup mudah. Kamu bisa ajukan dengan cepat dan mudah melalui CekAja.com.

Melalui CekAja.com, kamu bisa mengajukan secara online. Sehingga, tidak perlu keluar rumah, dan meminimalisir bertemu banyak orang.

CekAja.com juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga pelayanan yang diberikan sudah aman untuk kamu gunakan.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, segera ajukan asuransi kesehatan sekarang juga!