Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara dan Syarat Berlangganan Netflix Beserta Harga Paket Terbaru 2020

by Estrin Vanadianti Lestari on 22 Januari, 2020

Bagi kamu pecinta film, menonton bioskop mungkin akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Namun, bagaimana jika film yang kamu nantikan, sudah tidak tayang lagi di bioskop, karena berbagai hal? Jika hal tersebut terjadi, kamu tidak perlu khawatir, karena kini kamu bisa nonton film-film bioskop di platform Netflix.

cara berlangganan netflix

Sama seperti HBO GO, Amazon Prime, dan platform lainnya, Netflix juga mewajibkan pelanggannya untuk berlangganan terlebih dahulu, untuk mendapatkan akses. Lantas, bagaimana cara dan syarat berlangganan Netflix?

Sebelum mengetahui cara dan syarat berlangganan Netflix, apa kamu tahu tentang platform ini secara detail? Netflix sendiri merupakan salah satu platform streaming film dan serial TV, dimana bagi kamu yang ingin menonton film di platform ini, kamu wajib mendaftar dan berlangganan terlebih dahulu.

Asal Usul Netflix
– 1997 Pertama Kali Netflix Didirikan Dengan Bisnis Utama Jual dan Sewa DVD

Berkantor pusat di Los Gatos, California, Netflix didirikan pada tahun 1997 oleh Reed Hasting dan Marc Randolph di Scotts Valley, California. Dimana awalnya, sebelum menjadi platform streaming online, yang pelanggannya wajib mengetahui cara dan syarat berlangganan Netflix, bisnis utama ini ternyata adalah sebuah usaha yang menjual dan menyewakan DVD.

– 2007 Netflix Memperluas Bisnisnya ke Media Streaming Online

Namun, setelah internet semakin berjaya, Netflix pun memperluas bisnisnya lewat media streaming, yakni sekitar tahun 2007, namun masih tetap mempertahankan bisnis awal mereka. Hingga masuk ke tahun 2011, Netflix pun banyak bekerja sama dengan perusahaan elektronik. Hal tersebut dilakukan agar Netflix sendiri bisa diakses ke banyak perangkat.

– 2012 Netflix Memperluas Layanan ke Banyak Negara di Dunia

Setelah bisnisnya di media streaming online semakin berjaya, di tahun 2012, Netflix akhirnya memperluas layanannya hingga ke Eropa, Amerika, bahkan ke Asia, termasuk Indonesia. Namun, di beberapa negara Asia, layanan Netflix tersedia secara tidak bebas, seperti di Indonesia, yang sering dilakukan pemblokiran terhadap layanan tersebut, lantaran masalah sensor.

– 2016 Layanan Netflix Tersedia di Indonesia

Di Indonesia sendiri, netflix baru tersedia pada tahun 2016. Dimana untuk menonton film di Netflix, pengguna wajib memiliki kecepatan internet yang direkomendasikan, yakni minimal 4G atau Fixed Broadband. Hal tersebut dilakukan agar, internet yang digunakan untuk menonton, bisa tetap stabil.

Hingga pada tahun 2018, Netflix telah memiliki 130 juta pelanggan secara internasional, mungkin termasuk pelanggan yang ada di Indonesia juga. Nah, bagi kamu yang belum berlangganan, cara dan syarat berlangganan Netflix cukup mudah kok!

(Baca Juga: Daftar Situs Nonton Film Online Terbaru 2020)
Cara dan Syarat Berlangganan Netflix

Nah, setelah mengetahui perjalanan panjang dari Netflix, kini saatnya kamu mengetahui cara dan syarat berlangganan Netflix, agar kamu bisa menonton film dan serial favorit, kapan saja, dan dimana saja. Yuk simak cara dan syaratnya berikut ini:

  1. Buka situs Netflix, melalui link www.netflix.com/id
  2. Lakukan pendaftaran, lalu klik ‘Start Your Free’ (Untuk pelanggan yang baru pertama kali daftar, biasanya akan diberikan free trial)
  3. Setelah free trial berakhir, maka kamu akan diwajibkan untuk berlangganan Netflix, dengan cara memilih paket yang tersedia, sebagai berikut:
  • Basic
    Mendukung streaming HD dan satu perangkat: Rp100 ribu per bulan
  • Standar
    Mendukung streaming HD dan dua perangkat simultan: Rp139 ribu per bulan
  • Premium
    Mendukung streaming HD dan Ultra HD (4K) serta empat perangkat simultan : Rp169 ribu per bulan
  1. Setelah memilih paket yang diinginkan, selanjutnya klik ‘Continue
  2. Lanjutkan dengan membuat akun baru, dengan cara mengisi form, yakni isi alamat email dan password, lalu klik ‘Register’
  3. Melakukan pembayaran, dimana kamu bisa mengatur pembayaran dengan menggunakan kartu kredit, seperti Visa, MasterCard, dan American Express, lalu masukan informasi pembayaran. Kartu kredit di sini merupakan salah satu syarat, agar kamu bisa melakukan pembayaran
  4. Isi detil kartu kredit/debit, dimana jenisnya sudah dijelaskan di atas, dan jangan lupa cancel sebelum satu bulan, jika kamu tidak mau bayar atau ingin ganti jenis paket. Nah, untuk kamu tidak punya kartu kredit, bisa menggunakan VCN/Virtual Credit Number.
  5. Setelah pembayaran sudah dilakukan, selanjutnya kamu tinggal klik ‘Start Membership‘ atau ‘Mulai Berlangganan’
  6. Setelah itu, kamu sudah bisa mulai menonton film dan serial favoritmu
Cara Berhenti Berlangganan

Jika kamu hampir mendekati satu bulan berlangganan dan tidak ingin melanjutkan, kamu bisa berhenti berlangganan lo. Sehingga uangmu tidak akan berkurang karena dipotong untuk bulan berikutnya. Begini caranya:

  • Login ke Netflix.
  • Klik arah panah dipojok kanan atas, dekat nama profil.
  • Klik Account.
  • Dibawah Membership and billing, klik tombol Cancel membership berwarna abu-abu.
  • Klik Finish cancellation untuk stop langganan.

Untuk perangkat yang mendukung platform ini, kamu bisa menggunakan laptop, tablet, smart TV, konsol game, PC, smartphone yang aplikasinya bisa kamu unduh di Playstore dan AppStore.

Bagaimana? Tertarik berlangganan Netflix demi hiburan film yang selalu up to date ini? Dengan cara dan syarat berlangganan Netflix yang tergolong mudah, kamu bisa berlangganan kapan saja, dan dimana saja. Namun, jika kamu belum memiliki kartu kredit sebagai syarat metode pembayarannya, kamu tak perlu khawatir, karena kamu bisa mengajukan berbagai kartu kredit dengan mudah secara online.

Kamu bisa mengajukan kartu kredit pilihanmu secara online, melalui situs Cekaja.com. Yuk ajukan kartu kredit sekarang juga, agar kamu bisa langsung berlangganan Netflix dengan mudah.

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk