Cara dan Syarat Lengkap Mendapatkan Token Listrik Gratis dan Keringanan Utang Saat Pandemi

4 min. membaca Oleh CekAja on

Merebaknya wabah virus Corona atau Covid-19 turut menggerus sektor ekonomi nasional. Alhasil, pemerintah memutuskan beberapa bantuan bagi masyarakat lapisan bawah dalam bentuk token listrik gratis sampai keringanan cicilan utang.

penyebab tagihan listrik besar

Di tengah kian meningkatnya angka temuan kasus virus Corona di Indonesia, pemerintah tidak hanya mencari solusi dalam hal penanganan atas pasien yang terjangkit, melainkan juga mengantisipasi atau mengurangi makin meluasnya dampak ekonomi akibat Covid-19.

Sebagai solusi untuk masyarakat yang terdampak, setidaknya ada dua kebijakan yang dapat meringankan beban ekonomi di tengah pandemi virus Corona. Pemerintah memberikan stimulus lewat kebijakan listrik gratis dan restrukturisasi atau keringanan pembayaran kredit dari perusahaan pembiayaan.

Mau kebagian? Berikut ini cara lengkap dan syarat mendapatkannya.

Token Listrik Gratis

Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan ekonomi berupa keringanan pembayaran listrik bagi masyarakat terdampak. Merespons kebijakan itu, PT PLN (Persero) telah menetapkan syarat mendapatkan insentif tersebut.

Hal yang perlu kamu catat adalah tidak semua pelanggan listrik dapat merasakan kebijakan tersebut. Keringanan pembayaran listrik ditujukan kepada konsumen rumah tangga dengan daya 450 Volt Ampere (VA) berupa pembebasan tarif listrik.

Selain itu, keringanan pembayaran berupa diskon sebesar 50 persen diberikan kepada konsumen rumah tangga bersubsidi dengan daya 900 VA.

Keringanan pembayaran tarif listrik itu diberikan selama tiga bulan, yaitu pada bulan April, Mei, dan Juni 2020. Dengan begitu, program ini diharapkan mampu meringankan beban ekonomi masyarakat terdampak, terutama dari lapisan bawah.

Prabayar atau Pascabayar?

Kedua jenis langganan listrik ini, baik prabayar maupun pascabayar, mendapatkan fasilitas yang sama sesuai dengan ketentuan daya yang sudah diatur.

Yang membedakan, pelanggan pascabayar dengan daya 450 VA akan langsung mendapatkan pembebasan tagihan listrik pada bulan April, Mei, dan Juni. Sedangkan pelanggan prabayar 450 VA akan mendapatkan token listrik senilai pemakaian tertinggi pada tiga bulan terakhir.

Adapun untuk pelanggan pascabayar dengan daya 900 VA, tagihan yang harus dibayarkan akan dikurangi sebesar 50 persen selama tiga bulan sesuai ketentuan. Sedangkan pelanggan prabayar dengan daya 900 VA akan mendapatkan token listrik gratis sebesar 50 persen yang dihitung dari pemakaian tertinggi dalam tiga bulan terakhir.

Cara Mendapatkan Token Listrik Gratis

Untuk mendapatkan token listrik gratis, PLN sudah menyiapkan dua mekanisme yang bisa diaplikasikan masyarakat. Berikut ini caranya.

  • Melalui website PLN

  1. Buka websiteresmi PLN, yaitu www.pln.co.id, kemudian masuk ke menu Pelanggan dan langsung menuju ke pilihan Stimulus Covid-19;
  2. Masukkan ID Pelanggan atau Nomor Meter, kemudian token gratis akan ditampilkan di layar;
  3. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran sesuai dengan ID Pelanggan.
  • Melalui aplikasi WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp;
  2. Chat melalui WhatsApp ke nomor 08122-123-123, lalu ikuti petunjuk, salah satunya masukkan ID Pelanggan;
  3. Token gratis akan muncul;
  4. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Keringanan Kredit dari Leasing

Selain keringanan dalam hal membayar listrik, pemerintah juga membuat kebijakan soal restrukturisasi atau keringanan dalam hal kredit bagi para debitur yang terdampak Corona dari perusahaan pembiayaan atau leasing. Hal itu sebagaimana tertuang dalam Peraturan OJK Nomor 11/POJK.03/2020 tentang Stimulus Perekonomian sebagai Kebijakan Countercyclical.

Kelonggaran kredit bagi nasabah terdampak Corona ini dapat diberikan oleh pihak leasing dalam berbagai bentuk, baik itu penurunan suku bunga, perpanjangan masa waktu pembayaran, pengurangan tunggakan pokok, pengurangan tunggakan bunga, penambahasan fasilitas kredit, maupun konversi kredit menjadi penyertaan modal sementara.

Merespons hal tersebut, Asosiai Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) pun menawarkan tiga bentuk restrukturisasi kredit bagi para debitur. Penawaran itu adalah perpanjangan jangka waktu, penundaan sebagian pembayaran, dan jenis keringanan lainnya yang ditawarkan oleh perusahaan pembiayaan.

Syarat Keringanan Kredit dari Leasing

Untuk dapat merasakan keringanan kredit dari perusahaan pembiayaan, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi oleh para debitur. Berikut ini daftar syaratnya.

  1. Debitur adalah masyarakat yang terkena dampak Covid-19 secara langsung dengan nilai pembiayaan di bawah Rp10 miliar;
  2. Debitur merupakan pekerja sektor informal atau pengusaha di bidang UMKM;
  3. Debitur tidak memiliki tunggakan sebelum tanggal 2 Maret 2020, tanggal ini merupakan pengumuman kasus virus Corona pertama kali di Indonesia oleh pemerintah;
  4. Debitur adalah pemegang kendaraan atau jaminan;
  5. Kriteria lain yang ditetapkan oleh perusahaan pembiayaan bersangkutan.

Cara Mendapatkan Keringanan Kredit dari Leasing

Pengajuan keringanan kredit dari perusahaan pembiayaan ini sudah mulai berlaku sejak 30 Maret 2020. Para debitur tidak perlu mendatangi kantor leasing bersangkutan untuk melakukan pengajuan. Cukup ikuti cara berikut ini.

  1. Unduh formulir permohonan restrukturisasi di website resmi perusahaan pembiayaan;
  2. Isi formulir permohonan restrukturisasi yang sudah diunduh;
  3. Kembalikan atau kirim formulir restrukturisasi yang sudah diisi ke perusahaan pembiayaan melalui email;
  4. Persetujuan atas permohonan restrukturisasi debitur akan diinformasikan oleh perusahaan pembiayaan melalui email.

Jika mendapatkan persetujuan keringanan dalam membayar kredit dari perusahaan pembiayaan, nasabah tentu diharapkan melakukan pembayaran sebagaimana yang telah disepakati dalam perjanjian restrukturisasi.

Itu dia setidaknya dua kebijakan pemerintah demi menopang ekonomi masyarakat yang terdampak di tengah merebaknya wabah virus Corona. Semoga badai Covid-19 cepat berlalu dan kehidupan dapat kembali berjalan sebagaimana biasanya.

Buat kamu yang membutuhkan dana mendesak, jangan asal ajukan pinjaman online yang tidak resmi dan terdaftar. Gunakan layanan pinjaman online dari perusahaan yang sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Salah satu perusahaan peer to peer lending (P2P lending) yang terpercaya adalah JULO. Kamu bisa mengajukan pinjaman online JULO lewat CekAja.com sekarang juga!

Tentang kami

CekAja

CekAja