Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Cara dan Syarat Mengajukan Asuransi Perjalanan Serta Biayanya

by Teti Purwanti on 16 January, 2020

Meski belum banyak traveler di Indonesia yang paham benar penggunaan asuransi perjalanan dan manfaatnya, perusahaan asuransi terus melakukan inovasi. Misalnya, baru-baru ini sebuah perusahaan asuransi, Chubb Insurance resmi merilis layanan asuransi perjalanan kepada penggunanya di Singapura, yang bisa dibeli melalui layanan Grab. Kelak, layanan ini juga akan segera masuk ke Indonesia.

Cara dan Syarat Mengajukan Asuransi Perjalanan Serta Biayanya

Asuransi perjalanan ini ditawarkan mulai dari sekitar Rp34.200 per hari untuk berbagai tujuan di seluruh dunia. Produk asuransi ini didistribusikan oleh Grab Insurance Agency, platform asuransi Grab Financial Group.

Sebelum bekerjasama dengan Chubb Insurance, Grab menawarkan layanan asuransi perjalanan gratis diantaranya mencakup kecelakaan pribadi, penundaan penerbangan dengan pemesanan hotel. Semuanya bisa dilakukan melalui aplikasi Grab.

Jasindo Travel Insurance

Jasindo Travel Insurance - Cara dan Syarat Mengajukan Asuransi Perjalanan Serta Biayanya

Jasindo Travel Insurance memberikan manfaat pelayanan biaya medis, baik rawat inap dan rawat jalan. Bantuan darurat di seluruh dunia, perlindungan kecelakaan diri dan santunan meninggal dunia karena kecelakaan, dan ketidaknyamanan perjalanan, termasuk pembatalan perjalanan dan kehilangan bagasi, baik untuk perjalanan dalam negeri (domestik) maupun mancanegara (internasional).

Adapun syarat untuk mendapatkan manfaat dari Jasindo Travel Insurance adalah tertanggung harus dalam keadaan sehat. Siap untuk bepergian dan sama sekali tidak menyadari adanya keadaan yang dapat menyebabkan pembatalan atau gangguan pada perjalanan. Batasan usia yang bisa menikmati manfaat ini berdasarkan usia saat tanggal dimulainya perjalanan, dewasa yaitu mereka yang berusia 17 hingga 80 tahun, anak dari usia 1 hingga 17 tahun, yang masih menempuh pendidikan formal, belum menikah dan belum bekerja. Program Asuransi ini hanya berlaku untuk warga Negara Indonesia.

Meski begitu, ada pula pengecualian umum yang bisa menyebabkan Jasindo tidak menjamin kerugian atau tanggung jawab secara langsung atau tidak langsung yang timbul dari, berdasarkan atau terkait dengan setiap tindakan illegal dan /atau kelalaian yang melanggar hukum, undang-undang, peraturan pemerintah Indonesia atau Negara tujuan perjalanan.

Dalam keadaan tidak sehat untuk melakukan perjalanan atau tetap melakukan perjalanan walau bertentangan dengan saran medis dari dokter. Setiap perjalanan yang dilakukan bertujuan semata-mata untuk mendapatkan pengobatan atau perawatan medis dalam bentuk atau jenis apapun. Serta ketentuan lain yang tercantum dalam polis Jasindo Travel Insurance.

Untuk dalam negeri, harga polis asuransi perjalanan Jasindo Travel Insurance mulai dari Rp20 ribuan.

Allianz New Annual TravelPro

Allianz New Annual TravelPro - Cara dan Syarat Mengajukan Asuransi Perjalanan Serta Biayanya

Asuransi perjalanan dari Allianz Indonesia menyediakan perlindungan untuk nasabah muladi dari usia 14 hari hingga 84 tahun. Premi pun relatif murah  mulai dari Rp47.000 per orang per minggu, nasabah akan memperoleh total manfaat hingga 250%. Perlindungan tersebut seperti periode perjalanan maksimal 183 hari, penggantian kerugian akibat pembatalan atau penyingkatan perjalanan, penggantian untuk kehilangan dan kerusakan bagasi.

Santunan untuk penundaan penerbangan dan bagasi dengan masa tunggu mulai dari empat jam, penggantian biaya pengurusan kehilangan dokumen perjalanan. Perlindungan biaya medis akibat sakit atau kecelakaan dengan metode cashless untuk rawat inap rumah sakit dengan kondisi yang dijamin dalam polis, juga layanan evakuasi darurat dan pemulangan jenazah.

(Baca Juga: Daftar Penyedia Asuransi Perjalanan ke Eropa yang Perlu Diketahui)

Adapun untuk asuransi dengan Visa Schengen selama tiga bulan rentan harga polis Rp1,5 juta hingga Rp2 jutaan. Meski begitu, besaran premi asuransi perjalanan dipengaruhi oleh, usia tertanggung, periode perlindungan, maksimal hingga 183 hari, tujuan negara, dan nilai manfaat yang dipilih nasabah.

Soal cara klaim, bisa dilakukan dimana saja dan tanpa ribet. Meski begitu, jangan lupakan dokumen dan ikuti alur prosesnya. Allianz menyiapkan empat opsi, yaitu dengan telepon di luar negeri, langsung menghubungi customer service Allianz Indonesia, via Web Allianz, dan langsung datang ke Allianz Center atau cabang terdekat.

Menariknya lagi, TravelPRO menanggung pembatalan perjalan dan juga perubahan perjalan akibat dari alasan-alasan tertentu sebagaimana dijamin dalam Polis New Annual TravelPRO. Penggantian ini juga terbilang cukup besar yaitu, Rp15 juta untuk kelas superior, deluxe Rp45 juta, premier Rp70 juta, dan domestik Rp5juta.

Asuransi Perjalanan Zurich

Asuransi Perjalanan Zurich - Cara dan Syarat Mengajukan Asuransi Perjalanan Serta Biayanya

Asuransi perjalanan global ini sudah hampir 100 tahun melindungi wisatawan. Keahlian Zurich tersebut dibawa ke Indonesia dan desain yang berfokus agar mendapatkan hasil maksimal selama perjalanan. Zurich Indonesia menawarkan asuransi perjalanan untuk melindungi diri dari keadaan darurat medis, kehilangan tas atau penerbangan tertunda dan lainnya.

Manfaat Asuransi Perjalanan Zurich meliputi perjalanan bisnis atau pribadi perjalanan yang terjadwal melalui transportasi di udara, darat, dan laut. Biaya evakuasi medis darurat tanpa ada batasan usia hingga $100.000 untuk biaya pengobatan darurat dengan manfaat hingga $100 cakupan untuk klaim kecelakaan diri.

Zurich juga menjamin kemudahan dalam mengklaim, dalam keadaan darurat, nasabah bisa menghubungi Zurich Assist di (+62) 21 3044 9777. Selain itu, bisa melaporkan klaim dan mengirimkan dokumen pendukung ke claim.zurichclick.co.id dengan tenggat waktu kurang dari lima hari kalender (120 jam) setelah terjadi kehilangan atau kecelakaan.

Adapun proses untuk mengajukan dan menilai klaim juga terbilang mudah, yaitu, unduh atau mengajukan formulir klaim, mengisi formulir klaim, melampirkan semua dokumen yang diperlukan lalu kirimkan pada Zurich melalui email, fax, atau surat.

AXA Mandiri Travel

AXA Mandiri Travel - Cara dan Syarat Mengajukan Asuransi Perjalanan Serta Biayanya

Asuransi AXA Mandiri Travel menyediakan asuransi individu maupun keluarga, baik untuk wisata maupun bisnis. AXA Mandiri juga menyediakan Asuransi Perjalanan Internasional meliputi negara SCHENGEN (Perancis, Jerman, Belanda, dll), negara Non SCHENGEN (Jepang, Inggris, Korea dll), negara ASEAN Plus (Hongkong, Thailand, Filipina, dll), ataupun perjalanan domestik meliputi kota-kota di Indonesia (Jogjakarta, Bali, Surabaya, Medan, dll).

Benefit AXA Mandiri Travel mulai dari biaya pengobatan, kecelakaan diri, keterlambatan penerbangan, hingga kehilangan bagasi baik di luar maupun dalam negeri. Bersama AXA Mandiri Travel Insurance jelajahi dunia dengan rasa aman dan nyaman, apalagi dengan promo cicilan hingga 0%. U

Untuk negara schengen perorangan platinum, untuk satu orang, total premi yang harus dibayarkan mulai dari Rp138 ribu. Dengan premi tersebut, apabila terjadi kecelakaan diri, uang santunan yang dibayarkan untuk kematian, kehilangan salah satu anggota badan, salah satu atau kedua mata, dan kelumpuhan total mencapai Rp200 juta.

Untuk mendapatkan hal tersebut, prose klaim juga mudah dengan mengunduh dan langsung melengkapi formulir, kemudian dikirim ke customer.general@axa-mandiri.co.id.

Asuransi Perjalanan Travellin

Asuransi Perjalanan Travellin - Cara dan Syarat Mengajukan Asuransi Perjalanan Serta Biayanya

Travelling adalah nama produk asuransi perjalanan dari Adira Insurance yang dirancang untuk mengurangi kerugian yang bisa terjadi selama melakukan perjalanan ke luar negeri maupun domestik. Produk Travellin memberikan berbagai manfaat yang sesuai dengan kebutuhan dalam perjalanan.

Salah satunya adalah fitur “Cashless” untuk paket Internasional, yaitu fitur yang memungkinkan untuk mendapatkan layanan medis tanpa dana tunai (cashless). Fitur ini dapat terwujud karena kerjasama Adira Insurance dengan jaringan AA INTERNATIONAL. Travellin juga memiliki produk Travellin Syariah yang memberikan perlindungan selama melakukan perjalanan Haji atau Umroh.

Untuk perjalanan internasional, dapat dibeli dari harga Rp19.000/hari hingga Rp42.000/hari. Sedangkan untuk yang perjalanan dalam negeri (domestik), harga paket Silver adalah Rp10.000/hari dan paket Gold Rp12.000/hari. Semua paketnya dapat dibeli secara online dengan berbagai metode pembayaran, kartu kredit, online banking, transfer/virtual account, dan e-wallet/pulsa.

Dalam mengklaim, Travellin menjanjikan tidak akan lebih dari 30 hari baik pengajuan klaim melalui website maupun call center. Sama seperti asuransi umumnya saat mengklaim, pastikan semua dokumen yang diperlukan telah dipersiapkan.

Simas Travel

Simas Travel - Cara dan Syarat Mengajukan Asuransi Perjalanan Serta Biayanya

Simas Travel merupakan produk asuransi perjalanan dari PT. Asuransi Sinar Mas yang memberikan perlindungan bagi mereka yang melakukan perjalanan baik perjalanan bisnis maupun perjalanan wisata. Simas travel terdiri dari 3 jenis asuransi yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan yaitu, Simas travel overseas, yang menjadi perlindungan menyeluruh saat berlibur di mancanegara, Simas travel domestic akan memberikan perlindungan di dalam negeri, dan Simas mudik merupakan asuransi kecelakaan diri yang menjamin perjalanan baik dengan menggunakan angkutan umum resmi (pesawat, kapal laut, kereta api dan bus) maupun kendaraan pribadi (kendaraan beroda empat atau lebih) dalam perjalan menyambut hari raya keagamaan, seperti Hari Raya Idul Fitri, Natal maupun hari besar keagamaan lainnya.

Nilai pertanggungan Simas Travel Mudik juga cukup besar, yaitu hingga Rp25 juta untuk individu, Rp100 juta untuk keluarga, dan Rp500 juta untuk grup dengan premi per periode Rp10 ribu untuk individu, Rp50 ribu untuk keluarga, dan Rp250 ribu untuk grup.

Prosedur klaim Simas Travel juga terbilang mudah, tertanggung atau Ahli waris segera melaporkan kejadian kepada kantor Asuransi Sinar Mas terdekat atau telepon 24 Hour Customer Care 021 2356 7888/ 5050 7888 dalam waktu 3 X 24 jam setelah terjadinya kecelakaan. Selain itu wajib melengkapi dokumen-dokumen pendukung klaim seperti, sertifikat Polis, dan administrasi lainnya.

Sudah tahu akan menggunakan asuransi perjalan yang mana? Jangan lupa jaga keselamatan ya!

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Teti Purwanti

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.