Cara dan Syarat Pengajuan Kartu Jenius dari BTPN, Mudah dan Cepat Pastinya

4 min membaca Oleh Maria Nofianti on

Ada banyak kartu debit beredar saat ini, mulai dari bank swasta nasional hingga internasional. Berikut beberapa cara dan syarat pengajuan kartu debit Jenius dari BTPN ini terbilang mudah dan cepat.

Mengurangi penggunaan uang tunai saat ini memang banyak disarankan dalam transaksi. Selain untuk menjaga kebersihan karena sebaran virus dari tangan ke tangan, juga untuk mensukseskan gerakan non tunai yang dicanangkan oleh Bank Indonesia.

Salah satu media transaksi yang paling banyak digunakan saat ini adalah dengan menggunakan kartu debit. Karena kemudahannya, setiap bank memiliki produk kartu debit untuk nasabahnya.

Terlebih cara melakukan pembayaran secara online sudah umum dilakukan di masa sekarang. Ada yang memakai kartu kredit atau kartu debit.

Memakai kartu sejenis ini memang bisa memudahkan kita dalam bertransaksi. Salah satu yang belum banyak dikenal oleh masyarakat adalah Jenius Card dari BTPN.

Kartu Jenius ini adalah salah satu produk dari unggulan dari bank BTPN. Dengan kartu Jenius ini kita bisa melakukan pembayaran online di supermarket atau dimana saja karena ada logo Visanya.

Sebelum kita membuat kartu Jenius ini tentu kita harus tahu dulu cara dan syarat pengajuan kartu Jenius BTPN. Dengan tahu cara dan syarat pengajuan kartu Jenius BTPN kita menjadi lebih mudah dalam membuat kartu Jenius.

Yuk simak terus cara dan syarat pengajuan kartu Jenius BTPN dalam tulisan ini.

(Baca Juga: Cara Membuat Kartu CrediNex)

Cara dan Syarat Pengajuan Kartu Jenius BTPN

Kartu Jenius ini selain bisa dipakai untuk pembayaran online dan juga offline, ternyata juga bisa transfer ke sesama bank BTPN atau antar bank.

Karena jaman sekarang semuanya serba digital, kartu Jenius ini juga bisa melakukan transaksi lewat smartphone.

Manfaat Kartu Jenius BTPN

Sebelum kita membahas cara dan syarat pengajuan kartu Jenius BTPN ada baiknya kita tahu dulu apa sih manfaatnya kartu Jenius ini. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan antara lain:

  • Bisa untuk Top Up uang digital seperti Gopay, OVO, LinkAja, Dana, dan M-tix.
  • Bisa sebagai media investasi 
  • Bisa untuk transfer sesama BTPN dan antar bank
  • Tarik tunai bebas biaya di ATM dengan logo Prima dan Bersama
  • Bisa untuk transaksi uang asing

Perlu diketahui bahwa Jenius mengeluarkan dua jenis kartu yang berbeda dan bisa dipakai dimana saja. Pertama kartu fisik dan yang kedua kartu virtual.

Dua kartu ini memiliki manfaat seperti di atas. Setelah tahu manfaatnya yang banyak dan menguntungkan, kini saatnya kita membahas cara dan syarat pengajuan kartu Jenius BTPN. Nah pertama yang harus kita tahu adalah syaratnya apa saja.

Syarat utamanya hampir sama dengan syarat umum bank lain pada saat akan membuka rekening pertama kali yaitu umur minimal 17 tahun, memiliki KTP, punya smartphone yang berakses internet, memiliki NPWP. 

Nah bagaimana nih kalau kita tidak mempunyai NPWP? Bisa saja mengajukan tapi memang hanya sampai tahap pendaftaran saja tidak bisa sampai aktivasi akun Jenius.

Kalau kita adalah mahasiswa, ternyata bisa loh memakai NPWP milik orang tua saat akan aktivasi.

Menarik bukan? Entah itu mahasiswa atau masyarakat umum bisa mengajukan pendaftaran kartu Jenius.

Dengan kita tahu cara dan syarat pengajuan kartu Jenius BTPN kita bisa mempersiapkan lebih dulu syarat apa yang dibutuhkan serta bagaimana langkah-langkahnya. 

Cara dan syarat pengajuan kartu Jenius BTPN bisa dilakukan secara full online, tanpa kita harus mengantri di bank BTPN.

Untuk informasi saja jika kita berdomisili di Jabodetabek, Bandung dan Surabaya kita bisa loh meminta kru Jenius untuk mendatangi kita saat akan membuka rekening Jenius.

Selain daerah itu untuk aktivasinya harus datang ke bank. Cara dan syarat pengajuan kartu Jenius BTPN bisa dilakukan hanya lewat smartphone kita.

Langkah Membuat Kartu Jenius BTPN

Bagaimana langkahnya? Simak di bawah ini.

  • Download aplikasi Jenius
  • Buka aplikasi lalu pilih Register
  • Pilih dulu bahasa yang akan dipakai
  • Masukkan alamat email dan nomor handphone untuk login
  • Pilih menu Lanjutan dan tunggu kode verifikasi yang dikirimkan, masukkan setelah menerimanya
  • Masuk ke halaman baru untuk memasukkan foto KTP, lalu selfie bersama KTP, lalu lanjut foto tanda tangan
  • Ketik Lanjut setelah selesai mengunggah semuanya
  • Mengisi biodata dengan benar sesuai data asli
  • Mengisi data keuangan yaitu alasan bikin rekening Jenius, pendapatan dan rata-rata transaksi
  • Ketik Lanjut untuk mengisi data pekerjaan
  • Unggah foto NPWP, jika belum punya bisa di skip dengan mencentang pilihan “saya tidak membawa NPWP”
  • Berikan tanda centang pada syarat dan ketentuan yang juga memuat bukan warga USA
  • Lakukan personalisasi akun
  • Klik mulai untuk membuat nama Cashtag
  • Buat password min 10 karakter
  • Buat PIN yang akan dipakai di aplikasi ini.

Setelah tahu cara dan syarat pengajuan kartu Jenius BTPN ini kita harus mengaktivasinya dulu sebelum bisa memakainya. Aktivasinya bisa dengan video call, datang ke booth aktivasi atau ke bank BTPN terdekat.

(Baca Juga: Cara dan Syarat Membuat Kartu Kredit Citibank)

Biasanya kita akan diminta untuk memperlihatkan KTP dan fotokopi NPWP. Jika sudah berhasil aktivasi kita tinggal menunggu kartu dikirimkan 5-7 hari kemudian dan paling lama 2 minggu. 

Banyak orang yang masih menganggap kartu Jenius ini seperti kartu kredit padahal jelas berbeda. Untuk memakai kartu Jenius ini kita harus mempunyai saldo di dalamnya.

Jadi tabunglah dulu uang kita ke rekening Jenius, untuk bisa dibelanjakan dimana saja asalkan berlogo Visa.

Nah jika kita sudah tahu dan melakukan cara dan syarat pengajuan kartu Jenius BTPN seperti di atas, maka kamu tidak akan kebingungan lagi.

Dan mulailah menabung untuk memiliki kartu debit yang berisi uang, dan bisa kita gunakan untuk berbelanja berang kebutuhan kita.

Selain itu, juga kita bisa lebih aman jika bepergian ke luar kota atau jalan jalan dengan membawa kartu debit.

Karena kartu debit lebih mudah diterima dimana saja, asalkan toko tempat kita berbelanja memiliki mesin EDC dan berlogo Visa.

Mulai buka tabungan melalui CekAja.com karena ada banyak macam tabungan yang bisa kamu pilih di laman ini. Untuk keamanannya juga tak diragukan lagi.

Karena CekAja.com sudah bekerja sama dengan puluhan bank terpercaya dan diawasi secara resmi oleh OJK.

Yuk buka tabunganmu segera melalui CekAja.com.

Tentang kami

Maria Nofianti

Maria Nofianti