Cara dan Syarat Perpanjang STNK Online Terbaru 2021

Cara dan syarat perpanjang STNK online terbilang cukup mudah karena bisa mempersingkat waktu, tanpa perlu antre lama di Samsat. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai langkah-langkah yang bisa kamu lakukan secara online.

Cara dan Syarat Perpanjang STNK Online Terbaru 2021

Setiap kendaraan di Indonesia dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) sebagai bukti legalitas hukum atas kepemilikannya. Sehingga kecocokan data pemilik dengan jenis kendaraan bermotor yang terdaftar bisa dipertanggungjawabkan secara hukum.

Setiap lima tahun sekali, STNK kendaraan bermotor baik untuk sepeda motor maupun mobil wajib diperpanjang masa berlakunya untuk memperbarui status kepemilikan kendaraan serta pembayaran pajak kendaraan.

Pada cara konvensional yang sejak dulu ada, memperpanjang STNK hanya bisa dilakukan di kantor Samsat sesuai dengan daerah tempat tinggal.

Namun di era kemajuan teknologi, cara dan syarat perpanjang STNK online bisa dilakukan dengan bantuan smartphone dan akses internet. Sehingga kamu bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja.

Cara dan syarat perpanjang STNK online sangat cocok untuk mereka yang sering tidak sempat mengurus perpanjangan STNK di Samsat. Maklum saja, sebab umumnya jika melalui kantor Samsat, kita sering kali harus mengorbankan banyak waktu karena antrean yang menjuntai.

Kamu pun harus menunggu selama berjam-jam sebelum mendapatkan lembar pajak STNK yang sudah diperbaharui.

Dengan adanya cara dan syarat perpanjang STNK online, masyarakat tidak perlu mendatangi loket pembayaran khusus untuk membayar pajaknya.

Cukup mendatangi ATM terdekat, melakukan transfer dan memberikan slip pembayaran pajak, kamu sudah mengantongi bukti sementara bahwa kamu telah melakukan pembayaran pajak. Mudah, kan?

(Baca Juga: Mengenal Aplikasi SINAR untuk Perpanjang SIM Secara Online)

Cara Cek Masa Berlaku STNK

Masa Berlaku - Cara dan Syarat Perpanjang STNK Online

Sebelum mengetahui cara dan syarat perpanjang STNK online, kamu harus tahu dulu bahwa saat ini mengecek masa berlaku STNK untuk data beberapa provinsi juga semakin mudah karena bisa dilakukan melalui HP.

Untuk wilayah DKI Jakarta, kamu bisa mengecek masa berlaku STNK via aplikasi Cek Ranmor & Pajak DKI Jakarta yang bisa diunduh di PlayStore untuk smartphone berbasis Android. Selanjutnya, buat akun dengan log in menggunakan akun Google, masukan nomor polisi kendaraan dan NIK KTP, dan klik ‘Cari’.

Data kendaraan bermotor akan langsung ditampilkan secara lengkap. Mulai dari detil jenis kendaraan, masa pajak dan masa STNK, dan lain sebagainya.

Kemudian cara cek masa berlaku STNK yang kedua yakni melalui pesan singkat atau SMS. Layanan in ibis dinikmati untuk masyarakat beberapa provinsi di Pulau Jawa. Berikut daftar daerah beserta format SMS yang harus diketik:

DKI Jakarta

Ketik: METRO(spasi)nomor plat kendaraan, lalu kirim ke nomor 1717

Jawa Barat

Ketik: Info(spasi)nomor plat kendaraan(spasi)warna plat kendaraan, lalu kirim ke nomor 0811-211-9211

Jawa Tengah

Ketik: JATENG(spasi)nomor plat kendaraan, lalu kirim ke nomor 7070

D.I Yogyakarta

Ketik: DIY(spasi)nomor plat kendaraan, lalu kirim ke nomor 9600

Jawa Timur

Ketik: JATIM(spasi)nomor plat kendaraan, lalu kirim ke nomor 7070

Daftar Provinsi yang Melayani Perpanjangan STNK Online

Daftar Provinsi - Cara dan Syarat Perpanjang STNK Online

Perlu diketahui, cara dan syarat perpanjang STNK online di tiap daerah berbeda-beda, karena setiap daerah memiliki sistemnya masing masing. Selain itu, belum semua provinsi memberikan layanan perpanjang STNK online. Sehingga setiap daerah akan memberikan pelayanan melalui situs yang berbeda.

Berikut ini daftar provinsi yang memberikan pelayanan perpanjangan STNK online, beserta alamat situs resminya:

Aceh: www.esamsat.acehprov.go.id

Sumatera Utara: www.samsat.sumutprov.go.id

Lampung: www.pkb.bapenda.lampungprov.go.id

DKI Jakarta: www.samsat-pkb2.jakarta.go.id

Jawa Barat: www.dispenda.jabarprov.go.id

Jawa Tengah: www.dppad.jatengprov.go.id

Jawa Timur: www.info.dipenjatim..go.id

Maluku Utara: www.samsat.malutprov.go.id

Bali: www.bapenda.baliprov.go.id

Kalimantan Utara: www.bpprd.kaltaraprov.go.id

(Baca Juga: Ini Cara Cek Kena Tilang Elektronik atau Tidak, Yuk Kepoin!)

Cara dan Syarat Perpanjang STNK Online

Syarat - Cara dan Syarat Perpanjang STNK Online

Cara dan syarat perpanjang STNK online memungkinkanmu membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) tahunan atau lima tahunan secara mandiri melalui transfer ATM.

Setelah itu, barulah perpanjangan STNK akan jadi lebih mudah dan cepat melalui kantor Samsat sesuai wilayah, karena proses pembayaran pajak sudah dilakukan terlebih dulu.

Sebelumnya, cara dan syarat perpanjang STNK online bisa dilakukan melalui aplikasi online bernama Samsat Online Nasional (Samolnas). Akan tetapi saat ini aplikasi tersebut sudah tidak aktif, sehingga kamu hanya bisa melakukan cara dan syarat perpanjang STNK online melalui e-Samsat, dan melalui aplikasi Gojek.

Berikut ini penjelasan soal cara dan syarat perpanjang STNK online selengkapnya.

Pertama, cara dan syarat perpanjang STNK online bisa dilakukan melalui situs resmi Samsat atau e-samsat yang sesuai dengan wilayah provinsimu.

Seperti yang sudah dijelaskan dalam bagian daftar provinsi yang melayani perpanjangan STNK online, hanya ada beberapa provinsi yang memberikan layanan ini. Setiap provinsi memiliki situs e-Samsat masing-masing.

Ini dia cara dan syarat perpanjang STNK online melalui e-Samsat.

  • Buka situs e-Samsat sesuai dengan provinsi pelayanan
  • Pilih kota pelayanan, dan isi nomor polisi atau nomor plat kendaraan
  • Masukkan kode captcha yang diberikan dengan benar
  • Klik “Cari”
  • Isi data informasi lokasi pengambilan nota pajak (seperti kota, lokasi kantor Samsat), beserta pilihan bank untuk mentransfer tagihan PKB.
  • Kemudian klik “Pengajuan Kode Bayar”
  • Akan ada kode pembayaran berupa deret angka yang tertampil. Inilah nomor virtual account yang kamu gunakan untuk mentransfer tagihan PKB.
  • Setelah itu, kamu bisa segera mentransfer sesuai dengan nominal tagihan melalui ATM, internet banking mobile banking, atau melalui pembayaran PKB di aplikasi Gojek, dan pembayaran e-Samsat di Tokopedia.
  • Cocokkan kembali data kendaraan yang tertera dengan kendaraan milik kita. Pastikan kedua datanya identik. Setelah yakin bahwa data yang tertera sudah benar dan sesuai dengan kendaraan kita, lanjutkan pembayaran.
  • Simpan bukti pembayaran
  • Datangi kantor Samsat sesuai lokasi yang dipilih untuk mengambil nota pajak dan memperpanjang STNK kendaraan milikmu.

Persyaratan Perpanjang STNK Online

Persyaratan - Cara dan Syarat Perpanjang STNK Online

Adapun beberapa persyaratan yang harus dipenuhi ketika mengurus perpanjangan STNK online adalah sebagai berikut:

  • Pembayaran pajak yang dilakukan adalah perpanjangan pajak tahunan dan bukan pembayaran pajak kendaraan bermotor 5 tahunan. Untuk pembayaran 5 tahunan, kita wajib mendatangi Samsat sehubungan dengan adanya pengecekaan fisik kendaraan.
  • Perpanjangan secara online dilakukan 40 hari sebelum jatuh tempo. Jika sudah lewat, kita harus mengurusnya langsung di kantor Samsat.
  • Setelah selesai membayar PKB, datang ke kantor Samsat dengan membawa KTP asli, STNK asli, BPKB asli,kendaraan yang akan diperpanjang STNK-nya.

Biaya Perpanjang STNK

Biaya - Cara dan Syarat Perpanjang STNK Online

Setiap layanan perpanjangan STNK dikenakan biaya yang berlaku. Yakni biaya pembuatan STNK baru atau biaya perpanjangan STNK sebesar Rp100.000, biaya penerbitan TNKB mobil Rp60.000, dan biaya penerbitan BPKB Rp225.000.

Itulah dia penjelasan mengenai cara dan syarat perpanjang STNK online yang bisa dilakukan melalui situs resmi e-Samsat.

Penuhi kebutuhan belanja dengan kartu kredit cicilan ringan yang bisa kamu ajukan via CekAja.com. CekAja.com akan memberikan rekomendasi kartu kredit terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan profil finansial.

Suku bunga yang terjangkau akan membuat cicilan jadi ringan, dan ada banyak promo menarik yang bisa kamu dapatkan di merchant rekanan.

Proses pengajuan kartu kredit melalui CekAja.com sangat cepat dan mudah. Kamu cukup mengisi formulir online dan melengkapi beberapa dokumen yang disyaratkan. Selanjutnya, kartu kredit siap pakai akan dikirimkan langsung ke alamat tempat tinggal.

Ayo segera bandingkan dan ajukan kartu kredit hanya lewat CekAja.com!