Ini Cara Dapat Diskon Listrik Periode September 2021, Gampang!

Cara dapat diskon listrik periode september 2021 perlu kamu ketahui, sebab pemerintah kembali memberikan program Stimulus Listrik. Berikut ini CekAja berikan cara termudah yang bisa kamu lakukan secara online.

Ini Cara Dapat Diskon Listrik Periode September 2021, Gampang!

Masa pandemi Covid-19 membuat kondisi finansial banyak orang menjadi tersendat. Hal ini disebabkan oleh pembatasan kegiatan yang diberlakukan pemerintah melalui Program Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), serta peraturan lockdown oleh pemerintah daerah.

Selain itu, tidak sedikit pula masyarakat Indonesia yang menahan untuk berbelanja di luar kebutuhan pokok. Sehingga produk-produk seperti barang fashion, jasa hiburan, dan lain sebagainya pun sepi pembeli.

Memahami kesulitan tersebut, pemerintah melalui Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan bantuan berupa diskon listrik PLN yang sistem penyalurannya termuat dalam program Stimulus Listrik.

Dilansir dari Kompas.com, Stimulus Listrik adalah program pemberian diskon tarif listrik pelanggan rumah tangga, bisnis, dan industri sebagai bagian rangsangan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Sebelumnya program bantuan ini sudah berjalan sejak beberapa bulan lalu, kemudian diperpanjang hingga September 2021 ini karena adanya perpanjangan PPKM Level 4 Jawa-Bali.

Perpanjangan program diskon listrik pun membuat anggaran cukup membengkak. Hingga triwulan III tahun 2021, anggaran sebanyak Rp9,27 triliun telah keluar untuk membantu 33,74 juta pelanggan PLN.

Selain diskon, ada pula bantuan lain yang diberikan pemerintah untuk pelanggan yang masuk kriteria. Yakni bantuan diskon biaya abonemen, dan diskon biaya rekening minimum.

Berbagai bantuan ini diharapkan dapat meringankan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan akan listrik dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Misalnya untuk urusan rumah tangga maupun bisnis rumahan, dan bisnis kecil menengah.

(Baca Juga: 10 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu Terlengkap 2021)

Siapa Saja Penerima Bantuan Diskon Listrik PLN?

Sebelum mengetahui cara dapat diskon listrik periode september 2021 lebih lanjut, perlu diketahui bahwa tidak semua pelanggan PLN menerima bantuan diskon listrik. Maka dari itu, ada beberapa kriteria penerima bantuan yang perlu dipahami.

Berikut ini informasi detil mengenai siapa saja yang berhak mendapatkan bantuan diskon listrik, diskon biaya abonemen, maupun diskon biaya rekening minimum dari PLN, beserta besaran diskon yang akan didapatkan.

Penerima Bantuan Diskon Listrik

Yakni pelanggan yang masuk ke dalam golongan rumah tangga daya 450 VA (R1/TR 450 VA), bisnis kecil daya 450 VA (B1/TR 450 VA), industri kecil daya 450 VA (I1/TR 450 VA), dan pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi (R1/TR 900 VA).

Berikut ini ketentuan besaran diskon yang didapat:

  • Golongan Daya 450 VA Reguler (pasca bayar), mendapatkan diskon sebesar 50 persen.
  • Golongan Daya 450 VA Prabayar, mendapatkan diskon pembelian token sebesar 50 persen.
  • Golongan Daya 900 VA bersubsidi (R1/TR 900 VA) Reguler (pasca bayar), mendapatkan diskon sebesar 25 persen.
  • Golongan Daya 900 VA bersubsidi (R1/TR 900 VA) Prabayar, mendapatkan diskon pembelian token sebesar 25 persen.

Penerima Bantuan Diskon Biaya Abonemen

  • Pelanggan golongan sosial daya 220 VA, 450 VA, dan 900 VA atau (s-1/220 VA sampai dengan s-2/900 VA), mendapatkan diskon sebesar 50 persen.
  • Pelanggan golongan bisnis daya 900 VA atau (B-1/900 VA), mendapatkan diskon sebesar 50 persen.
  • Pelanggan golongan industri daya 900 VA (I-1/900 VA), mendapatkan diskon sebesar 50 persen.

Penerima Bantuan Diskon Rekening Minimum

Diskon rekening umum akan diberikan sebesar 50 persen untuk pelanggan yang masuk ke dalam golongan di bawah ini.

Kelompok golongan pertama, yakni pelanggan PT PLN yang pemakaian energi listriknya di bawah ketentuan rekening minimum (40 jam menyala), terdiri dari:

  • Pelanggan golongan sosial daya 1.300 VA ke atas atau (S-2/1.300 VA sampai dengan S-3/>200 kVA).
  • Pelanggan golongan bisnis daya 1.300 BA ke atas atau (B-1/1.300 VA sampai dengan B-3/>200 kVA).
  • Pelanggan golongan industri daya 1.300 VA ke atas atau (I-1/1.300 VA sampai dengan I-4/> 30.000 kVA ke atas).

Kelompok golongan kedua, yakni pelanggan golongan layanan khusus untuk keperluan sosial, bisnis, dan industri disesuaikan dengan Surat Perjanjian Jual Beli Tenaga Listrik (SPJBTL).

(Baca Juga: Provider Internet Terbaik Terlengkap 2021 yang Wajib Dijadikan Pilihan)

Cara Dapat Diskon Listrik Periode September 2021

Bagi kamu yang juga ingin mendapatkan diskon listrik PLN, cara dapat diskon listrik periode september 2021 wajib kamu ketahui, karena mudah diakses secara online.

Ada dua cara dapat diskon listrik periode september 2021 yang bisa dilakukan. Yakni melalui sittus resmi PLN maupun melalui aplikasi online bernama PLN Mobile.

Untuk lebih jelasnya, simak tata cara dapat diskon listrik periode september 2021 terlengkap berikut ini.

1. Cara Dapat Diskon Listrik Periode September 2021 Melalui Situs Resmi PLN

Pertama, cara dapat diskon listrik periode september 2021 secara online bisa dilakukan dengan mengunjungi situs resmi PLN, di laman www.portal.pln.co.id. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka situs www.portal.pln.co.id
  • Pilih menu Stimulus Covid-19 (Token Gratis/Diskon)
  • Masukkan ID Pelanggan atau nomor KTP, nama lengkap, alamat dan kode captcha atau Nomor Meter
  • Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di layar
  • Pelanggan bisa memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan

2. Cara Dapat Diskon Listrik Periode September 2021 Melalui Aplikasi PLN Mobile

Sedangkan jika melalui smartpone, kamu bisa mengunduh aplikasi PLN Mobile terlebih dulu di App Store maupun Play Store, untuk melakukan cara dapat diskon listrik periode september 2021. Berikut ini langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi PLN Mobile
  • Klik menu “Info & Promo”, lalu pilih sub-menu “PLN Peduli Covid-19”
  • Masukkan ID Pelanggan/Nomor Meter
  • Token gratis akan muncul
  • Pelanggan bisa memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan

Bayar Tagihan Apa Saja Lebih Mudah Pakai Kartu Kredit

Itulah cara dapat diskon listrik periode september 2021 secara online yang mudah dilakukan. Beli kebutuhan ataupun bayar tagihan apa saja akan lebih praktis jika kamu menggunakan kartu kredit.

Nikmati kemudahan transaksi pembayaran, tarik tunai, cicilan 0 persen, hingga promo menarik dari bank penyedia kartu kredit yang bisa dipilih di CekAja.com.

CekAja.com sebagai martketplace produk finansial akan membantumu memilih kartu kredit yang pas sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Jika sudah menemukan produk yang cocok, langsung saja ajukan secara online dengan mengisi formulir pengajuan dan melengkapi dokumen yang disyaratkan. Apabila semua syarat terpenuhi, maka kaartu kredit siap pakai akan dikirimkan langsung ke alamat tempat tinggalmu. Praktis, kan?

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, segera cek rekomendasi kartu kredit terbaik dan ajukan hanya melalui CekAja.com!