Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

Cara Dapat Score TOEFL Tinggi Secara Otodidak Tanpa Les

by Kyla Damasha on 15 Januari, 2020

Biasanya, salah satu cara dapat score Test of English as a Foreign Language (TOEFL) besar yang sering kali dilakukan oleh kebanyakan orang adalah dengan mengikuti kursus bahasa Inggris di suatu lembaga.

Cara Dapat Score TOEFL Tinggi Secara Otodidak Tanpa Les

Padahal, untuk mengikuti kursus bahasa Inggris membutuhkan biaya yang tidak murah. apalagi jika kamu mengikutinya di lembaga yang sudah cukup terkenal dan memiliki nama.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa sertifikat Toefl sudah menjadi salah satu hal yang wajib dimiliki oleh masyarakat.

Bukan hanya sebagai bukti atas kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki, sertifikat Toefl juga menjadi jembatan untuk kamu terjun ke ranah internasional, baik itu untuk melanjutkan pendidikan maupun karir.

Contoh sederhananya, jika kamu ingin mendapatkan beasiswa atau melanjutkan kuliah di luar negeri, salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah dengan memiliki sertifikat Toefl dengan batas nilai tertentu.

Tidak hanya itu, sertifikat Toefl juga menjadi tolok ukur untuk kamu yang masih duduk di bangku SMA untuk dapat diterima di Universitas.

Hanya saja, mengambil tes Toefl di Indonesia cenderung menghabiskan biaya. Untuk sekali tes kamu harus merogoh kocek jutaan rupiah, itupun belum menjamin apakah kamu lulus atau tidak.

Karena hal itulah, banyak orang yang rela membayar mahal untuk mengambil kursus bahasa Inggris agar bisa langsung mendapatkan nilai tinggi ketika melakukan ujian Toefl.

Nah, perlu diketahui bahwa ternyata cara dapat score Toefl besar tidak harus mengambil kursus lo.

Kamu juga bisa mempersiapkannya secara otodidak. Bagi kamu yang saat ini sedang mempertimbangkan untuk mengambil kursus bahasa Inggris demi mendapatkan score Toefl tinggi, sebaiknya dipikirkan kembali.

Karena dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara untuk mendapatkan score Toefl tinggi tanpa les, alias kamu bisa belajar sendiri secara otodidak. Penasaran? Yuk kita simak pembahasannya berikut ini.

(Baca juga: Jadwal Pameran 2020 di Jakarta yang Sayang untuk Dilewatkan)
Tips Cara Dapat Score Toefl Besar tanpa Les
1. Membeli atau Meminjam Buku Toefl + Software Model Tes

Cara dapat score Toefl besar yang pertama bisa kamu lakukan yaitu dengan membeli atau meminjam buku Toefl beserta software model tesnya.

Sama halnya ketika kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian nasional, mempersiapkan tes Toefl juga memerlukan latihan tes dari buku.

Buku ini sudah bisa kamu temukan di banyak toko buku besar yang ada di sekitar tempat tinggalmu. Biasanya didalam buku tersebut juga disertai software model tes di dalamnya.

Cobalah untuk melakukan latihan soal-soal yang terdapat di dalam buku secara rutin dan jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi.

Ketika mengerjakan soal, cobalah untuk mencari tahu titik kelemahanmu, apakah itu di listening, struktur bahasa, maupun di soal membaca.

Nah, ketika kamu sudah mengetahui titik kelemahan yang kamu miliki, maka langkah cara dapat score Toefl selanjutnya yaitu dengan merubah titik kelemahan itu menjadi titik kekuatan.

Sebagai contoh, kamu lemah di bagian listening, maka cobalah untuk fokuskan pelajaranmu ke bagian listening tersebut.

Latihan lebih banyak lagi hingga bagian kamu sudah tidak memiliki masalah lagi di bagian listening. Hal tersebut juga berlaku di bagian-bagian lainnya.

Jika kamu tidak ingin membeli buku, maka kamu juga bisa meminjam buku Toefl dari teman dekat atau kenalan yang sudah memilikinya.

Biasanya meminjam buku dari orang akan terdapat coretan-coretan di buku yang juga akan mempermudahmu dalam belajar.

2. Pelajari Semua Hal yang Berhubungan dengan Toefl

Sebelum memutuskan untuk mengambil Toefl, ada baiknya jika kamu mempelajari berbagai hal mengenai Toefl.

Mulai dari jenis Toefl yang akan kamu ambil, kemampuan apa saja yang diujikan, prosedur registrasi tes, peraturan tes di setiap section, hingga cara menentukan score akhir.

Pengetahuan-pengetahuan tersebut bisa menjadi salah satu cara dapat score Toefl besar dan membantu dalam menentukan target yang ingin kamu capai.

Sebagai informasi tambahan saja, tes Toefl memiliki 3 jenis yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • PBT Toefl

Merupakan salah satu Toefl yang sering ditemukan di dalam beberapa lembaga tes ataupun perusahaan.

Tes satu ini merupakan sistem tes pertama yang dikeluarkan oleh Educational Testing Service (ETS) yang menyelenggarakan ujian Toefl itu sendiri. Kantonya berbasis di Amerika Serikat.

Jenis Toefl ini menggunakan lembar jawaban berupa kertas. Tidak ada sesuatu yang spesial dan kamu hanya perlu mengikuti tes layaknya tes-tes pada umumnya, yakni hadir di tempat dan mengerjakan soal yang dicetak.

Bentuk soalnya itu sendiri berupa pilihan ganda dengan durasi pengerjaan kurang lebih 3 jam.

Rentang score tes PBT Toefl mulai dari 310 – 667. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan tulis sendiri ya.

  • CBT Toefl

Selanjutnya ada CBT Toefl atau Computer Based Testing Toefl. Sesuai dengan namanya, tes Toefl ini memang menggunakan media komputer untuk pengerjaannya.

Penilaian akan berada di kisaran 0 – 300 dengan kemampuan yang diujikan meliputi listening, structure, reading and writing dan waktu pengerjaan antara 2 – 2,5 jam.

Namun, sangat disayangkan bahwa CBT Toefl sudah tidak terlalu digemari lagi karena mulai tergantikan dengan IBT Toefl.

  • IBT Toefl

IBT Toefl merupakan singkatan dari Internet Based Testing Toefl, yang mana kamu membutuhkan koneksi internet untuk pengerjaannya.

Score penilaian berada pada kisaran 0 – 120 dengan durasi pengerjaan tes adalah 4 jam.

Di Indonesia sendiri, IBT Toefl baru mulai diberlakukan pada tahun 2006 dengan mengukur empat keterampilan berbahasa, yaitu listening, reading, speaking and writing.

3. Mengikuti Pre-Test Toefl

Mengikuti pre-test Toefl bisa menjadi salah satu cara dapat score Toefl besar paling manjur dan efektif.

Biasanya, banyak lembaga pendidikan maupun bahasa yang mengadakan pre-test Toefl bagi kamu yang masih ragu untuk langsung mengambil tes resminya. Mengapa?

Pre-test Toefl ini bertujuan agar kamu bisa mengevaluasi dan mendapatkan gambaran mengenai kemampuan yang dimiliki.

Kamu bisa mengukur kemampuan dan menentukan hal-hal apa saja yang perlu kamu pelajari.

Selain itu, pre-test Toefl juga sangat membantu jika kamu ingin mengetahui contoh-contoh soal tes yang nantinya akan dihadapi.

Dengan mengikuti pre-test Toefl, kamu menjadi bisa mengetahui titik kelemahan yang kamu miliki sehingga dengan mudah kamu bisa membuat skala prioritas ketika belajar.

4. Kumpulkan Sumber Materi yang Akan Kamu Pelajari

Contoh-contoh soal tes Toefl tidak hanya bisa kamu dapatkan melalui buku. Kamu juga bisa mengakses sumber lainnya, seperti koran, majalah, portal online, ataupun podcast secara percuma.

Nah, setelah kamu mengumpulkan seluruh contoh-contoh soal yang didapat dari berbagai sumber itu, maka cara dapat score Toefl besar selanjutnya yaitu dengan membuat ringkasan di setiap materi guna mempermudah proses belajar.

5. Cek Progress Secara Rutin

Biasanya, buku Toefl memiliki kunci jawaban di setiap section agar kamu juga bisa mengetahui dimana letak kesalahanmu.

Gunakanlah cara dapat score Toefl besar satu ini untuk mengetahui perkembangan dalam belajar yang telah kamu lalui.

Selain itu, jangan juga lupa untuk menghitung berapa besar kesalahan yang kamu lakukan di satu section.

Kemudian, pelajarilah kesalahan tersebut. Setelah itu, hitunglah kembali jumlah kesalahan di section tersebut dan ketahuilah apakah kamu masih melakukan kesalahan yang sama.

Dengan begitu kamu juga akan mengetahui seberapa besar progress belajarmu.

Semakin sedikit kesalahan yang kamu perbuat, maka progress belajar yang kamu lalui juga semakin berkembang dari waktu ke waktu.

(Baca juga: Perusahaan BUMN dengan Gaji Tertinggi yang Diminati Jobseeker)
6. Latihan! Latihan! Latihan!

Latihan secara rutin memang menjadi kunci utama dari cara dapat score Toefl besar.

Dari contoh soal yang telah kamu kumpulkan melalui berbagai sumber, latihanlah secara rutin.

Latihan hingga kamu merasa bahwa kamu sudah cukup menguasai soal Toefl yang ada dan siap untuk mengambil tes yang sesungguhnya.

7. Selalu Berpikir Positif dan Memotivasi Diri

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa belajar secara terus menerus terkadang akan membuatmu menjadi suntuk, hingga pada akhirnya berpikir “apakah ini merupakan jalan terbaik”.

Ingatlah bahwa segala impian atau tujuan yang ingin kamu capai akan membuahkan hasil apabila kamu pantang menyerah dan selalu memotivasi diri.

Seluruh orang-orang sukses yang ada di luar sana pastinya selalu memiliki pikiran yang positif dan memberikan motivasi pada diri sendiri bahwa mereka bisa.

Maka dari itu, janganlah pernah putus asa dan cobalah untuk selalu berpikir positif menghadapi berbagai rintangan yang ada di depan mata.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda