Cara Download Video Dari Youtube, Gak Perlu Khawatir Kuota Habis!

6 min. membaca Oleh Teti Purwanti on

Aplikasi layanan berbagi video akhir-akhir ini menjadi sangat populer. Karena banyak orang yang memanfaatkannya untuk mengembangkan kreativitas dalam membuat video ataupun konten-konten gambar yang menarik.

download video youtube

Melalui aplikasi ini pula banyak orang yang bisa mendulang pundi-pundi uang melalui karya dan kontennya di youtube. Dari youtube pula banyak lahir nama-nama yang dikenal sebagai youtuber. Seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, dan nama-nama lainnya.

Bahkan, artis-artis yang sudah memiliki nama besar juga banyak yang memanfaatkan youtube untuk berbagi video aktivitas sehari-hari ataupun kegiatan lainnya. Seperti Raffi Ahmad, Andre Taulany, Sule, dan lainnya.

Selain itu, youtube juga bisa dimanfaatkan untuk belajar ataupun mengetahui banyak hal-hal baru melalui video-video yang banyak diunggah orang-orang. Penyanyi juga saat ini kerap menggunakan youtube untuk merilis single ataupun karya-karya terbarunya.

(Baca Juga: Mengulas 5 Film Indonesia dengan Biaya Produksi Termahal)

Eksistensi youtube juga melebihi popularitas televisi dengan banyaknya orang yang memilih menonton youtube dibandingkan televisi. Bahkan, beberapa konten acara di tv banyak yang berasal dari video-video yang ada di youtube.

Beberapa fakta menarik tentang situs streaming video tersebut antara lain dalam setiap 60 detik ada lebih dari 300 jam video berkualitas HD yang diupload ke situs tersebut. Saat ini ada sekitar lebih dari 1,3 miliar koleksi video yang ada di youtube untuk berbagai jenis kategori seperti film, musik, religi, hingga video review.

Selain itu, dalam setiap bulan ada sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia yang mengakses dan juga menonton youtube. Sementara per harinya orang yang menonton youtube mencapai 63 juta orang dan menghabiskan lebih dari 1 juta jam menonton video youtube setiap harinya.

Sebagai pengguna youtube, kita pasti sering menjumpai video-video menarik yang ingin kita tonton berkali-kali dengan mendownloadnya agar bisa disaksikan tanpa memerlukan kuota. Untuk mendownload video-video youtube juga sangat mudah. karena bisa dilakukan melalui beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

Download langsung dari aplikasi youtube

Youtube pada dasarnya sudah menyediakan opsi download video di situsnya sehingga video bisa ditonton dari gadget tanpa adanya koneksi dengan jaringan internet.

Untuk mendownload video langsung dari youtube bisa dilakukan dengan cara memilih video yang akan didownload kemudian klik ikon tiga titik di pojok kanan dan pilih download.

Akan tetapi, video hasil download hanya akan tersimpan di server youtube dan bukan di memori hp ataupun laptop sehingga video hanya akan tersimpan sementara. Untuk bisa menontonnya kembali pada rentang waktu tertentu, kamu perlu mendownload ulang video melalui berbagai aplikasi ataupun layanan download video youtube lainnya.

Beberapa cara mendownload video youtube antara lain:

Gunakan Savefrom.net

Menggunakan savefrom.net merupakan cara termudah untuk mendownload youtube sehingga cara download menggunakan cara ini sangat populer. Hal menarik lainnya adalah tidak ada tool ataupun aplikasi tambahan yang dibutuhkan untuk bisa mendownload video menggunakan savefrom.net.

File video yang didownload menggunakan savefrom.net akan tersimpan di tempat penyimpanan yang disesuaikan, karena video bisa didownload dalam berbagai format sehingga bisa dipilih sesuai keinginan.

Lebih jelasnya, cara download menggunakan savefrom.net antara lain:

  • Pilih video yang akan didownload dari youtube
  • Copy link atau url dari video tersebut
  • Selanjutnya, buka situs savefrom.net
  • Paste link atau url video youtube yang akan didownload
  • Pilih format dan kualitas video, lalu klik download

Cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan hp android ataupun laptop dengan sangat mudah. Hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit untuk mendownload video favorit.

Tambahkan ‘ss pada url video youtube

Menggunakan tambahan ‘ss’ pada url video youtube adalah shortcut untuk terhubung ke dalam situs savefrom.net untuk mendownload video dari youtube.

Tata caranya adalah sebagai berikut:

a. Buka browser di hp android dan disarankan menggunakan search engine chrome kemudian masuk ke situs youtube dan cari video yang akan didownload

b. Selanjutnya, tambahan huruf ‘ss’ pada url video seperti dari https://m.youtube.com/watch?v=OsyXLA7CDX4 menjadi https://ssyoutube.com/watch?v=OsyXLA7CDX4 . Sehingga akan langsung terhubung dengan savefrom.net

c. Kemudian, pilih resolusi video yang ingin didownload dengan resolusi tertinggi adalah HD 720p. Semakin tinggi resolusi yang dipilih, maka akan semakin besar ukuran filenya

d. Setelah memilih salah satu resolusi video, maka video tersebut akan terdownload secara otomatis

Gunakan Keepvid.site

Situs keepvid.site juga bisa dipakai untuk mendownload video dari youtube layaknya savefrom.net dan juga sering dipakai orang-orang untuk mendownload video dari youtube.

Cara downloadnya juga mudah seperti pada langkah-langkah download menggunakan savefrom.net yakni dengan meng-copy link video yang ingin didownload dari youtube. Sebaiknya gunakan browser Google Chrome. Jangan gunakan aplikasi youtube pada handphone bila ingin mendownload menggunakan situs ini.

Selanjutnya, kamu bisa membuka keepvid.site dan mem-paste link video yang tadi sudah di-copy untuk didownload pada tempat yang disediakan untuk memasukkan alamat url video tersebut. Kemudian, klik download yang tersedia di sebelah kanan ataupun melalui tombol download mp4 di bawah tempat paste link video tersebut.

Kemudian, pilih tipe file dan ukuran video yang ingin didownload dan tekan tombol download atau symbol download.

Gunakan Add-ons/Extension

Mungkin banyak yang belum familiar dengan cara ini untuk mendownload video youtube. Ini adalah aplikasi tambahan pada browser dengan beragam fungsi. Ada beberapa add-ons yang bisa digunakan untuk mendownload video dari youtube, salah satunya melalui Easy Youtube Video Downloader di browser Mozilla Firefox ataupun Youtube Downloader di Google Chrome.

Cara download youtube menggunakan add-ons antara lain sebagai berikut:

a. Cari Extension Youtube Downloader melalui google Chrome web store. Lalu ketik Youtube Downloader di bagian searching

b. Klik Add to Chrome, lalu add extension kemudian proses download dan penambahan add-ons akan langsung dilakukan. Bila proses penambahan add-ons berhasil, maka akan ada simbol atau tombol khusus di dalam Chrome

c. Lakukan download di situs Youtube dengan cara buka video youtube pilihan di Chrome. Cek di bawah video apakah sudah tersedia tombol download atau belum. Apabila sudah ada, maka video bisa didownload dan pilihlah resolusi video sesuai keinginan.

d. Setelah memilih format yang diinginkan, video akan terdownload secara otomatis. Apabila tidak, pilih tombol download untuk mengunduh

Gunakan Aplikasi Youtube Downloader

Kamu bisa mendownload video youtube dengan beberapa aplikasi lainnya seperti Youtube Downloader. Cara menggunakan aplikasi ini adalah dengan hanya meng-copy dan paste url yang ada di youtube ke dalam aplikasi youtube downloader sama seperti pada savefrom.net.

Selanjutnya, pilih kualitas ukuran video untuk mendownloadnya. Sebelumnya pastikan dulu apakah aplikasi tersebut sudah terinstall.

Selain menggunakan aplikasi, download juga bisa dilakukan di situs youtubedownloader.com dengan cara klik download for free, maka installer youtube downloader akan secara otomatis terdownload.

Gunakan Videoder

Untuk mendownload video dari youtube juga bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi atau software yang bernama videoder. Videoder kompatibel dengan berbagai perangkat seperti Android, Mac, dan Windows.

Kamu bisa memilih format video yang ingin didownload dan dapat digunakan untuk mendownload secara bersamaan.

Videoder juga bisa digunakan untuk download video di Instagram, facebook, dan lainnya, bukan hanya untuk mendownload video dari YouTube.

Caranya, download aplikasi Videoder, lalu masuk ke aplikasi dan pilih ikon media sosial yang terdapat video yang hendak didownload, misalnya YouTube. Setelah mengklik ik5on YouTube yang ada di interface Videoder, kamu akan masuk ke YouTube secara langsung.

Cari dan buka video dituju, dan tombol download akan tersedia. Kamu tinggal pilih format dan kualitas video yang ingin didownload.

Sebenarnya, banyak cara lainnya untuk mendownload video dari youtube antara lain menggunakan situs-situs seperti:

  • Lilsubs.com
  • Vidpaw.com
  • Tubeninja.net
  • Dredown.com/youtube
  • Y2mate.com

Dari semua situs download youtube tersebut, cara yang harus dilakukan untuk bisa mendownload video rata-rata sama. Hanya dengan meng-copy link atau url dari video yang ingin didownload. Kemudian paste link pada kolom yang disediakan. Selanjutnya video akan otomatis terdownload dengan ukuran dan resolusi sesuai keinginan.

Fakta menarik tentang Youtube

Ada beberapa fakta menarik dari youtube yang perlu kamu ketahui sebagai penonton setia youtube. Fakta-fakta tersebut antara lain:

  • Butuh 1987 tahun untuk menonton seluruh video yang ada di dalam youtube
  • Ada lebih dari 7500 jam film dan acara yang diupload ke dalam Youtube
  • Berhasil mencapai 1 triliun hit pada tahun 2011
  • 100 jam video diunggah ke youtube setiap menitnya
  • Telah tersebar ke 75 negara dan tersedia dalam 76 bahasa, termasuk bahasa Indonesia
  • Video pertama yang diunggah ke youtube adalah video kunjungan pendirinya, Jawed Karim, ke kebun binatang
  • Didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim
  • Diakuisisi Google pada 2006 senilai Ro2,2 triliun

Dengan mengetahui fakta-fakta menarik tentang youtube dan cara mendownload video menarik dari situs berbagi video tersebut, maka youtube akan semakin menarik perhatian kamu. Kamu juga bisa berhemat kuota untuk menonton video yang sudah kamu download tersebut.

Tentang kami

Teti Purwanti

Teti Purwanti