Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Efektif Memilih Perumahan di Bogor

by lhmdi on 27 Maret, 2016

tips beli rumah - CekAja.com

Harga rumah yang terlalu mahal di Ibukota Jakarta membuat sebagian masyarakat memilih perumahan di Bogor sebagai tempat tinggal.

Meski berada di Provinsi Jawa Barat dan jauh dari Jakarta, namun karena harganya yang relatif terjangkau membuat banyak masyarakat yang mencari rumah di kota yang dikenal dengan makanan asinan ini.

Selain itu pengembang properti pun mulai melirik Bogor dengan membangun perumahan di kota tersebut. Tidak hanya di Bogor saja, namun beberapa tempat seperti Bojong Gede, Cibinong dan Sentul merupakan tempat-tempat yang menyediakan berbagai macam tipe hunian dengan konsep perumahan.

Jika kamu sedang mencari tempat tinggal yang berada di Bogor, dan memiliki harga yang relatif murah, maka pilihan terbaik yang bisa dilakukan tentu saja dengan menggunakan program kredit pemilikan rumah atau KPR dari berbagai macam bank. Perumahan KPR murah di Bogor pun saat semakin berkembang dan mulai bergeser ke daerah pinggiran.

(Baca Juga : Pilah-pilih Pengembang Perumahan Cibubur dengan Tepat )

Sebagai contoh, perumahan di bogor yang dekat dengan dekat stasiun kereta seperti Bojong Gede dan Cibinong kini mulai ramai didirikan oleh pengembang. Masyarakat pun mulai ramai mencari perumahan ini. Salah satu faktornya adalah akses transportasi menggunakan kereta listrik atau yang dikenal dengan Commuter Line.

Lalu, dari sekian banyak perumahan yang mulai didirikan, bagaimana cara memilih yang tepat sesuai dengan kebutuhan kamu?  Yuk! Ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Cari informasi tentang kontrak KPR

Setelah melihat secara langsung jenis rumah dan perumahan apa yang akan kamu pilih di Bogor, kamu bisa mencari informasi tentang kontrak KPR. Hal ini dikarenakan karena tidak semua kontrak kredit pemilikan rumah dilakukan di sekitar Bogor. Namun, ada pengembang yang berkantor di Ibukota Jakarta.

Nah, agar proses berjalan lancar, jangan lupa memilih perumahan yang menyediakan kantor marketing yang berada di sekitar perumahan. Beberapa perumahan yang ada di daerah Cileungsi misalnya, sudah mendirikan kantor perwakilan tersendiri bagi masyarakat yang akan membeli rumah melalui program KPR.

Namun, bagi yang tidak memiliki kantor perwakilan tentu saja kamu harus mengunjungi kantor pusat dari pengembang rumah untuk memastikan informasi pembelian rumah dengan menggunakan program KPR.

  1. Iklan tidak berpengaruh

Berbagai pengembang perumahan di Bogor biasanya akan membuat iklan dengan bilboard besar di pinggir jalan dan menjual layanan, bahwa perumahan yang sedang mereka kerjakan memiliki lokasi yang strategis serta tidak membutuhkan waktu yang lama dari akses jalan tol.

Iklan ini pastinya akan sangat sering ditemukan, karena bertujuan untuk menarik minat masyarakat membeli rumah yang mereka inginkan. Namun, jangan sampai terpengaruh dengan informasi-informasi seperti itu, karena ada hal lain yang lebih penting daripada akses menuju jalan tol.

  1. Temukan fasilitas penunjang

Sembari melihat dan mencari informasi tentang rumah yang dibeli dengan program KPR dan melihat akses jalan yang ada di sekitar perumahan, kamu juga harus mencari informasi tentang sarana penunjang perumahan.

Beberapa sarana penunjang perumahan biasanya adalah sekolah pusat kesehatan seperti puskemas atau rumah sakit akan menjadi sangat penting untuk dilihat. Selain itu apakah di sekitar perumahan terdapat berbagai layanan seperti mesin ATM atau gerai-gerai ritel yang dapat memudahkan kamu untuk berbelanja berbagai macam barang kebutuhan. 

  1. Gunakan uang kredit untuk keperluan lain

Setelah mendapatkan rumah yang kamu inginkan, sekarang saatnya mengajukan KPR. Jika pengajuan sudah disetujui oleh bank maka uang tersebut sudah bisa digunakan untuk membayar rumah yang akan dibeli.

Namun, jangan habiskan semua uang tersebut untuk membeli rumah. Jangan lupa untuk menyisakan uang yang kamu dapatkan untuk kebutuhan lainnya seperti perbaikan-perbaikan kecil untuk rumah. Apalagi tidak ada yang menjamin bahwa rumah-rumah yang ada selalu berada dalam kondisi terbaik.

Bisa saja dana tersebut nanti digunakan untuk merenovasi rumah, seperti memperbaiki halaman, menyediakan sedikit ruang untuk dapur atau menambah kamar. Jadi, pertimbangkan juga uang pinjaman kamu untuk keperluan lain dari rumah yang kamu beli ya!

 

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami