Cara Gadai Barang di Pegadaian Secara Online dengan Cepat dan Mudah!

5 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Butuh uang, tapi belum tahu cara gadai barang di Pegadaian? Jangan khawatir, karena langkah-langkah menggadaikan barang di Pegadaian sangatlah mudah, terlebih kini sudah bisa gadai online!

Gadai sendiri merupakan sebuah kegiatan peminjaman uang dalam jangka waktu tertentu, dengan syarat harus menyerahkan barang sebagai tanggungan.

Jika, jangka waktu pinjaman telah tiba pada waktunya, namun peminjam tidak bisa menebus barang yang digadai, maka barang tersebut menjadi hak si pemberi pinjaman.

Kini istilah gadai sudah menyangkut dalam hal pinjaman dana, atau biasa disebut sebagai jaminan (pinjaman dengan jaminan/agunan), seperti surat atau sertifikat berharga.

Biasanya, untuk bisa menggadaikan barang tak bergerak tersebut, sebagai jaminan, kamu harus datang ke lembaga keuangan seperti bank, perusahaan pembiayaan, termasuk Pegadaian.

(Baca Juga: Cara Mengajukan Pinjaman Online Kredivo Melalui CekAja)

Unsur-unsur Pokok Gadai

Nah, berdasarkan definisi tersebut, ada beberapa unsur pokok Gadai yang perlu diketahui, yakni:

  • Ada, karena perjanjian penyerahan kekuasaan atas barang gadai kepada kreditur pemegang gadai.
  • Penyerahan dapat dilakukan oleh debitur atau orang lain atas nama debitur.
  • Barang yang jadi obyek gadai hanya benda bergerak, baik bertubuh maupun tidak.

Nah, buat kamu yang sedang butuh uang cepat, melakukan penggadaian barang, juga bisa dilakukan di Pegadaian.

Adapun cara gadai barang di Pegadaian, kini juga sudah bisa dilakukan secara online. Namun, sebelum mengetahui cara gadai barang di Pegadaian, yuk simak sekilas tentang Pegadaian dulu.

Apa Itu Pegadaian?

Pegadaian sendiri merupakan sebuah tempat baik individu atau lembaga yang menawarkan jasa peminjaman uang, kepada masyarakat dengan jaminan barang berharga milik masyarakat.

Barang yang digadaikan akan ditukarkan dengan uang, sesuai dengan harga jual barang tersebut. Jika barang yang digadaikan berupa surat atau sertifikat berharga, jumlah pinjamannya bisa bervariasi.

Namun, jika peminjam tidak sanggup untuk membayar tagihan pinjaman, dalam waktu yang sudah ditetapkan, peminjam bisa dikenakan denda.

Atau, jika memang tidak bisa sama sekali membayar tagihan, maka barang yang sudah digadaikan, sudah menjadi milik pihak Pegadaian lalu dilelang.

Selain itu, rentan waktu pinjaman dan besaran bunga di Pegadaian, juga telah diatur oleh hukum setempat, atau sesuai dengan kebijakan Pegadaian.

Barang yang Bisa Digadaikan di Pegadaian

  • Rumah (Sertifikat Rumah)

Barang yang biasa digadaikan untuk keperluan pinjaman yang besar, biasanya menggunakan sertifikat rumah.

  • Kendaraan Bermotor

Tidak asal, kendaraan bermotor yang bisa digadaikan di Pegadaian harus memenuhi persyaratan, yakni kendaraan produksi 5 tahun terakhir (motor), dan 10 tahun terakhir (untuk mobil).

Pegadaian akan membawa surat kelengkapan BPKB, faktur pembelian, dan STNK, jika kamu ingin menggadaikan kendaraan bermotor.

  • Barang Elektronik

Sama seperti kendaraan bermotor, untuk bisa menggadaikan barang elektronik juga harus sesuai persyaratan, yakni barang diproduksi satu tahun terakhir.

Pegadaian akan membawa kwitansi pembelian, kartu garansi, KTP, dan KK. Selain itu, kondisi barang elektronik juga akan dinilai, apakah masih layak atau tidak.

Barang elektronik yang bisa digadaikan, di antaranya adalah televisi, kulkas, console game, smartphone, laptop, komputer, dan lainnya.

  • Perhiasan Emas

Emas merupakan barang yang paling umum dan paling sering diajukan untuk digadaikan. Biasanya, emas yang diterima oleh Pegadaian adalah kalung, cincin, gelang, hingga emas batangan.

Tidak berbentuk emas, perhiasan berbentuk berlian juga bisa digadaikan. Syaratnya, kamu harus menyertakan surat emas atau berlian, beserta KTP dan KK.

Nah, sudah tahu kan, apa itu arti gadai, Pegadaian, hingga barang-barang yang bisa digadaikan beserta persyaratannya.

Sekarang, saatnya kamu ketahui cara gadai barang di Pegadaian dengan cepat dan mudah, yang bisa dilakukan secara online.

Cara Gadai Barang di Pegadaian Secara Online (Pegadaian Digital)

1. Unduh Aplikasi Pegadaian Digital

Cara gadai barang di Pegadaian yang pertama, kamu harus mengunduh aplikasi. Cara ini dilakukan buat kamu yang ingin menggadaikan barang secara online, agar lebih praktis dan tidak harus mengantri.

Aplikasi yang harus diunduh adalah Pegadaian Digital, yang bisa diunduh di Google Play Store dan App Store.

Selain bisa diunduh di ponsel, kamu juga bisa mengakses Pegadaian Digital melalui website resminya, di https://digital.pegadaian.co.id/.

2. Registrasi

Cara gadai barang di Pegadaian secara online selanjutnya adalah melakukan registrasi akun. Seperti memasukan email dan password, hingga akun kamu aktif dan mulai bisa digunakan.

3. Pilih Menu Gadai

Setelah akun Pegadaian Digital aktif, kamu bisa langsung masuk/log in, lalu langsung pilih menu Gadai.

4. Pilih Barang yang Ingin Digadaikan

Ada banyak jenis barang yang bisa digadaikan, seperti yang sudah dibahas sebelumnya. Di sini kamu bisa langsung pilih, barang apa yang ingin digadaikan.

5. Beri Keterangan Baran Secara Lengkap

Tidak hanya jenisnya, kamu juga harus memberikan keterangan secara detail, terkait barang yang ingin digadaikan.

Seperti merek, tipe, tahun pembelian, harga jual saat ini (untuk ponsel), dan lain-lain. Namun, setiap jenis pasti memiliki format detail yang berbeda-beda.

6. Aplikasi Pegadaian akan Memproses Pengajuan

Pengajuan penggadaian barang akan langsung diproses, dan aplikasi selanjutnya akan memberitahu, terkait besaran kredit dari barang jaminan tersebut, hingga jangka waktu pelunasannya.

7. Pegadaian akan Menjemput Barang Gadaian

Setelah kamu menyetujui semua proses pengajuan, selanjutnya kamu bisa pilih layanan pickup dan delivery service.

(Baca Juga: Bunga Pinjaman Pegadaian dan Bank, Mana Lebih Murah?)

Layanan tersebut akan bisa membantu kamu, sehingga kamu tidak perlu mengantarkan barang gadaian ke kantor Pegadaian. Tapi pihak Pegadaian yang akan menjemput barang gadaian tersebut.

8. Dana Pinjaman akan Cair dan Langsung Masuk ke Rekening

Setelah barang sampai di Pegadaian, pencairan dana pun bisa langsung diproses. Adapun dana yang akan cair, bisa langsung dikirimkan ke rekening yang terdaftar di aplikasi Pegadaian Digital kamu.

Nah, itu dia deretan cara gadai barang di Pegadaian secara online. Adapun jika ada informasi yang kurang lengkap, atau ada yang ingin ditanyakan lebih dalam, kamu bisa tanyakan ke layanan pelanggan.

Layanan pelangan Pegadaian Digital, bisa melalui email di cs.digital@pegadaian.co.id atau juga bisa melalui WA di nomor 082133007773 atau 085899959593.

Bagaimana? Informasi cara gadai barang di Pegadaian di atas, sangat mudah diterapkan bukan?

Butuh Uang Tapi Tidak Punya Barang Berharga yang Bisa Digadaikan? Pinjam di CekAja.com Saja!

Adapun, jika kamu ingin mengajukan pinjaman, namun tidak memiliki barang-barang berharga, yang tidak bisa dijadikan jaminan, tidak perlu khawatir!

Kamu tetap bisa mendapatkan pinjaman dana dengan mudah dan cepat! Di mana? Di mana lagi kalau bukan di CekAja.com!

Emang bisa ya? Bisa banget dong! Di CekAja.com, kamu bisa mengajukan pinjaman dana tanpa jaminan dari berbagai p2p lending dan bank ternama di Indonesia.

Kamu juga bisa menyesuaikan jumlah pinjaman, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kamu!

CekAja.com juga telah terdafta di Otoritas Jasa Keuangan, sehingga kamu tidak perlu khawatir dan ragu, untuk mengajukan pinjaman dengan nominal yang besar sekalipun.

Jadi, buat kamu yang butuh uang tapi tak punya barang berharga, segara ajukan pinjaman dana terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com.