Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Gadai BPKB Mobil dengan Cepat, Gak Ribet Buat Miliki Dana Segar!

by Ayunindya Annistri on 4 Maret, 2020

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang tunai dikala kondisi mendesak, salah satunya dengan menggadaikan BPKB mobil. Cara ini patut dicoba mengingat beberapa lembaga pembiayaan seperti Pegadaian kini turut serta dalam menjalankan bisnis tersebut.

cara gadai bpkb mobil dengan cepat

Cara gadai BPKB Mobil dengan cepat ini bisa kamu ikuti, terlebih karena hampir seluruh lembaga pembiayaan di Indonesia telah menawarkan layanan tersebut.

Namun kamu juga harus berhati-hati dengan bunga yang dibebankan oleh lembaga pembiayaan. Pasalnya enggak semua lembaga memiliki prosedur serupa terkait cara gadai BPKB mobil.

Salah memilih lembaga pembiayaan justru bakal membuat kamu merugi. Tetapi, bukan berarti niatan untuk menggadaikan BPKB mobil sebagai jaminan dalam mendapatkan uang tunai harus terhenti. Karena sebetulnya menggunakan cara gadai BPKB mobil dengan cepat itu sah-sah saja asalkan di lembaga gadai resmi dengan standar keamanan terbaik.

Untung Rugi Gadai BPKB Mobil

Serupa dengan cara mendapatkan uang tunai kilat lainnya, gadai BPKB mobil tentu juga memiliki untung dan rugi. Entah dari segi pembiayaan maupun bunga yang dibebankan. Maka dari itu, sebagai konsumen cerdas, perlu halnya kamu mengetahui skema gadai BPKB yang ditetapkan oleh pihak lembaga pembiayaan.

Ditinjau dari sisi keuntungan, gadai BPKB mobil dianggap lebih unggul karena pencairan uangnya yang terbilang lebih cepat, maksimal 3 hari untuk pengecekan dan validasi keaslian BPKB.

Selain itu, pihak yang mengajukan pinjaman dana tunai juga bakal terhindar dari sulitnya pengambilan BPKB setelah proses pelunasan cicilan selesai dilakukan.

Disisi lain, gadai BPKB mobil juga memiliki kekurangan yang bila tidak diamati secara jeli dapat membuat kamu rugi. Sebagai contoh, saat pihak lembaga pembiayaan memberikan penawaran bunga rendah padahal nyatanya penawaran ini hanya bersifat sementara.

Sehingga di masa akhir pembayaran justru kamu harus merogoh kocek dalam. Karena bunga yang dibebankan menjadi lebih tinggi dibandingkan masa promo.

Enggak cuma itu saja, beberapa lembaga pembiayaan bahkan memiliki aturan yang ketat mengenai penyerahan jaminan, terlebih bila kamu memberikan BPKB mobil yang dimiliki saat pengisian survei. Kondisi seperti ini besar kemungkinannya bakal membuat kamu kehilangan surat resmi kendaraan sebelum keputusan pengajuan pinjaman disetujui.

(Baca Juga: Cara Membedakan BPKB Asli dan Palsu, Jangan Terkecoh!)
Cara Gadai BPKB Mobil dengan Cepat Lewat Pegadaian

Pegadaian menjadi satu diantara banyaknya lembaga pembiayaan yang menyediakan cara gadai BPKB mobil dengan cepat. BUMN yang identik dengan warna hijau dan logo neraca ini, menawarkan kemudahan pinjaman dana tunai lewat gadai BPKB mobil kepada karyawan, maupun pengusaha dengan nilai pinjaman mulai dari Rp1 juta hingga Rp100 juta.

Lantas bagaimana cara gadai BPKB mobil dengan cepat melalui Pegadaian? Berikut caranya seperti yang dikutip dari laman Sahabat Pegadaian:

1. Penuhi syarat dan dokumen yang diminta

Cara gadai BPKB mobil dengan cepat di Pegadaian bisa dilakukan lewat salah satu produk unggulan yang dimiliki, yakni Kreasi Multi Guna. Produk ini enggak hanya bisa digunakan oleh karyawan tetap ataupun pengusaha saja, melainkan pula karyawan kontrak dan honorer, serta profesional.

Untuk mendapatkan pinjaman uang tunai di Pegadaian dengan BPKB mobil, kamu bisa memenuhi sejumlah persyaratan yang ditetapkan, mulai dari minimal usia 21 hingga 60 tahun, seorang WNI, hingga telah bekerja dengan waktu minimal 1 tahun.

Setelah memenuhi persyaratan, selanjutnya kamu bisa menyiapkan beberapa dokumen yang diminta, meliputi:

  • Fotokopi KTP atau Keluarga yang tertera dalam satu KK
  • Foto diri
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Foto barang jaminan termasuk pula dokumen sah kepemilikan
  • Foto tempat kerja
  • Fotokopi izin praktek kerja atau surat keterangan kerja
  • Fotokopi bukti kepemilikan tempat tinggal (khusus pegawai nonformal)
  • Fotokopi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), rekening listrik, telepon, dan air (khusus pegawai nonformal)
2. Pilih tenor pinjaman yang sesuai kebutuhan

Ketika berniat meminjam uang tunai di Pegadaian, kamu bakal diminta untuk menentukan tenor pinjaman sebagai bentuk prosedur dari cara gadai BPKB mobil dengan cepat. Mulai dari jangka waktu 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, hingga 36 bulan. Dengan total pinjaman antara Rp1 juta sampai Rp100 juta. Dan berikut skema pinjaman termasuk sewa modal yang dibebankan:

  • Pinjaman antara Rp1 juta sampai dengan Rp10 juta dikenakan bunga 1,5 persen per bulan
  • Pinjaman antara Rp10 juta sampai dengan Rp50 juta dikenakan bunga 1,25 persen per bulan
  • Pinjaman antara Rp50 juta sampai dengan Rp100 juta dikenakan bunga 1,15 persen per bulan

Nah, itulah cara gadai BPKB mobil dengan cepat melalui Pegadaian yang bisa kamu coba. Selain menggunakan layanan Pegadaian, sebenarnya kamu juga bisa melakukan peminjaman dana untuk kebutuhan darurat melalui fintech terpercaya dan telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, yaitu CekAja.com.

Melalui CekAja, kamu bisa mendapatkan uang tunai secara instan dengan pengajuan yang praktis serta cicilan ringan dan bunga rendah. Yuk, ajukan sekarang juga dan dapatkan beragam manfaatnya!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau