Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

9 menit waktu bacaan

21 Cara Hidup Sehat yang Sederhana Mulai dari Sarapan hingga Tertawa

by Estrin Vanadianti Lestari on 12 Maret, 2020

Mewabahnya penyakit mematikan, yakni virus corona menyadarkan kita akan artinya hidup sehat. Betapa mahalnya kesehatan jika kita membelinya dengan uang, terlebih jika sudah terjangkit suatu penyakit. Sehingga, sebelum kamu terinfeksi suatu penyakit, ada baiknya untuk menerapkan cara hidup sehat mulai dari sekarang.

cara hidup sehat

Untuk menerapkan cara hidup sehat sebenarnya sangat sederhana, karena kamu hanya dituntut untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan hidup yang sehat. Selain itu, penerapan pola hidup sehat juga bisa dengan mudah dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja.

Tidak hanya untuk diri sendiri, dalam menerapkan cara hidup sehat kamu juga bisa menyebarkan kebaikkan ini untuk orang sekitar. Misalnya, mengajak berolahraga, membersihkan lingkungan, dan masih banyak lagi.

Manfaat Menerapkan Hidup Sehat

Namun, kira-kira apa saja sih manfaat yang bisa kita dapatkan dari menjalankan cara hidup sehat? Sedangkan masih banyak orang-orang yang mungkin belum menjalankan hidup sehat dengan baik, tapi terlihat sehat-sehat saja.

Pasalnya, penyakit biasanya akan datang, ketika tubuh kita sedang dalam kondisi yang lemah. Selain itu, datangnya penyakit juga tidak bisa diprediksi. Jadi, lebih baik mencegahnya dengan menerapkan cara hidup sehat mulai dari sekarang bukan?

Nih Intip manfaat dari menjalankan cara hidup sehat:

(Baca Juga: Cara Mengetahui Obat Dan Penyakit Yang Ditanggung Asuransi Kesehatan)
Cara Hidup Sehat yang Sederhana

Bagaimana? Hidup sehat itu enak bukan? Namun, dalam menjalankan cara hidup sehat, kamu perlu komitmen yang serius jangka panjang. Nah, berikut ini deretan cara hidup sehat yang sederhana, demi bisa mendapatkan hidup yang berkualitas:

1. Jangan Lewatkan Sarapan

Cara hidup sehat yang pertama dan yang paling sering dilewatkan adalah sarapan. Mungkin beberapa orang terbiasa tidak sarapan dengan alasan sakit perut, mual, dan lain-lain.

Tapi, akan lebih bahaya lagi jika kamu melewatkan sarapan setiap pagi. Pasalnya, sarapan pagi akan membuat tubuh kamu memiliki banyak tenaga, untuk memulai kegiatan atau aktivitas di luar rumah.

Selain wajib sarapan, kamu juga harus memilih jenis sarapan yang sehat dan bergizi tinggi. Jika kamu sarapan dengan gorengan atau mie instant, bukan sehat yang kamu dapatkan, tapi timbunan penyakit.

2. Pilih Makanan Sehat dengan Pola yang Seimbang

Selain sarapan, cara hidup sehat yang juga penting dilakukan adalah memilih makanan sehat dengan pola yang seimbang. Itu artinya, kamu harus makan 3 x sehari dengan makanan yang sehat.

Jika kamu meninggalkan salah satunya, seperti tidak sarapan, makan siang, atau makan malam, kamu akan kehilangan sebagian dari energy yang seharusnya diterima oleh tubuhmu.

Jadi, mulai lakukan pola makan sehat dan seimbang mulai dari sekarang ya!

3. Banyak Minum Air Putih

Selain makan, tentunya kamu juga wajib minum. Bukan sembarang minum, tubuh manusia yang 70 persennya terdiri dari air ini, juga harus kamu penuhi dengan minum 1,8 liter sehari.

Kamu bisa kontrol sendiri kebutuhan minum setiap harinya. Intinya, jangan sampai tubuhmu kekurangan cairan, hingga menyebabkan dehidrasi.

4. Banyak Konsumsi Buah dan Sayur

Cara hidup sehat selanjutnya yang juga tidak kalah penting kamu lakukan adalah, seimbangi konsumsi makanan sehat dengan buah dan sayur segar. Pasalnya, buah dan sayur mengandung banyak vitamin, mineral, serat hingga kandungan lainnya yang sangat dibutuhkan tubuhmu.

Kamu bisa memilih buah-buahan segar seperti apel, buah jenis berry, pisang, anggur, dan lain-lain, serta sayur-sayuran segar seperti wortel, brokoli, buncis, bayam, tomat, selada, dan lain-lain.

5. Bangun Pagi

Tidak hanya dari makanan atau minuman yang dikonsumsi saja, kebiasaan hidupmu juga bisa memengaruhi kesehatanmu. Salah satu kebiasaan agar kamu bisa hidup sehat adalah dengan bangun pagi.

Terdengar sangat sederhana, kebiasaan bangun pagi mungkin akan terasa sulit bagi kamu yang tidak biasa bangun pagi. Padahal, ada banyak keuntungan jika kamu biasakan bangun pagi.

Mulai dari bisa menghirup udara segar, mendapatkan matahari pagi yang sehat, memiliki waktu lebih banyak untuk beraktivitas, dan masih banyak lagi.

6. Menghirup Udara Bersih dan Segar

Kebersihan lingkungan, terutama kualitas udara yang bersih dan segar memang sangat baik untuk membantu menerapkan cara hidup sehat. Kamu bisa mendapatkan udara bersih dan segar di pagi hari.

Kamu juga bisa sesekali pergi ke tempat yang memang bebas dari polusi, seperti di kaki gunung, ke persawahan, atau kebun. Selain sehat, menghirup udara bersih dan segar juga bisa membuat pikiran kamu lebih tenang.

7. Kurangi Minuman Bersoda, Beralkohol Berkafein, dan Berpengawet

Meski minuman bersoda, beralkohol, dan berkafein bisa memberikan sensasi kesegaran yang luar biasa, namun minuman-minuman tersebut sangat tidak disarankan, karena akan memicu banyak masalah kesehatan tubuh.

Apalagi, jika kamu mengkonsumsinya dalam jumlah banyak atau dalam jangka panjang. Selain memiliki efek yang buruk, kebanyakan minuman-minuman tersebut juga mengandung banyak gula, yang bisa menyebabkan kegemukan. Bahan pengawet juga bisa bisa merusak organ dalam tubuh secara perlahan.

8. Selalu Berpikir Positif

Cara hidup sehat yang sangat sederhana berikutnya adalah selalu berpikir positif. Dengan begitu, kamu jadi dijauhkan dari hal-hal negatif yang bisa memicu banyak masalah. Entah dari segi pikiran, emosional, hingga nafsu makan.

9. Rajin Membersihkan Lingkungan

Lingkungan yang bersih mencerminkan hidup yang sehat. Sehingga rajin membersihkan lingkungan merupakan salah satu cara untuk mendapatkan hidup yang sehat.

Selain kamu, orang lain yang ada di sekitarmu juga bisa ikut sehat. Sehingga, manfaat dari lingkungan yang bersih, bisa dirasakan oleh banyak orang.

10. Istirahat Cukup dan Jangan Begadang

Kebiasaan yang juga bisa membuatmu hidup sehat adalah dengan istirahat yang cukup dan jangan begadang. Dengan istirahat yang cukup, tenagamu bisa pulih untuk melakukan aktivitas kembali.

Selain itu, kurangi atau jika bisa jangan begadang. Karena begadang bisa mengurangi waktu tidurmu. Begadang juga membuat kegiatanmu saat siang hari jadi terganggu karena kurang tidur.

11. Rutin Olahraga

Olahraga juga merupakan salah satu cara hidup sehat yang bagus sekaligus menyenangkan. Kamu bisa melakukan gerakan olahraga yang sederhana, mudah, dan murah di rumah.

Sebut saja seperti lari pagi, angkat beban, push up, sit up, renang, senam, hingga lompat tali. Namun, untuk mendapatkan hasil yang baik, sebaiknya kamu lakukan olahraga secara rutin.

12. Berjemur atau Setidaknya Terkena Matahari Pagi

Vitamin tidak hanya bisa didapatkan dari makanan yang kita konsumsi, tapi juga bisa dari sinar matahari. Namun, tidak semua sinar matahari bisa memberikan vitamin, jadi pastikan kamu dapatkan sinar matahari pada pagi hari.

Di dalam sinar matahari pagi, terdapat vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang, risiko penyakit jantung, stroke dan lain-lain. Agar maksimal, kamu bisa mendapatkan vitamin D dari makanan seperti ikan salmon, telur, jamur, hati sapi, hingga yoghurt.

13. Tertawa Lepas

Tahukan kamu bahwa tertawa, disebut-disebut bisa membuat kamu jadi awet muda. Hal tersebut memang benar adanya. Karena dengan tertawa lepas, tubuh dapat membakar kalori tanpa disadari.

Bahkan, tertawa juga bisa menyehatkan jantung, karena bisa melatih otot diafragma. Cara hidup sehat yang satu ini sangat sederhana dan menyenangkan bukan?

14. Hindari Makanan yang Bisa Memicu Penyakit

Mengonsumsi makanan yang tidak sehat, ternyata bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit. Terlebih, jika ditambah kondisi daya tahan tubuh yang lemah.

Misalnya, kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan mengandung garam, padahal kamu punya riwayat penyakit tekanan darah tinggi. Maka sebaiknya kurangi asupan garam, begitu kandungan makanan lainnya, seperti mengandung pengawet atau bahan kimia berbahaya.

15. Memilih Makanan yang Lebih Sehat

Meski makanan yang kamu makanan sudah memiliki kandungan yang pas, tapi akan lebih baik lagi jika diseleksi lagi. Misalnya, ganti nasi putih dengan nasi merah, cara masaknya dibakar atau direbus, kurangi penggunaan MSG, mengonsumsi sayuran mentah, tidak mengonsumsi daging mentah, dan lain-lain.

16. Kendalikan Gula

Dalam menerapkan cara hidup sehat, menghindari gula memang menjadi pantangan yang sulit. Pasalnya, rata-rata makanan yang lezat pasti mengandung gula.

Di sini, kamu tidak harus setop mengonsumsi gula, melainkan hanya mengendalikannya saja, agar tidak berlebihan dan juga tidak kekurangan.

17. Mulai Konsumsi Makanan Organik

Kini tren makanan organik sedang marak. Bukan berarti makanan non organik tidak sehat, namun makanan organik lebih memiliki kandungan vitamin yang lebih baik.

Karena, makanan organik biasanya dihasilkan tanpa adanya campuran bahan kimia. Misalnya, tidak menggunakan pestisida, tidak menggunakan pupuk kimia dan lain-lain.

Namun, biasanya makanan organik memang cenderung lebih mahal, ketimbang makanan non organik. Rasanya juga lebih enak, segar, dan tentunya lebih sehat.

18. Tidak Merokok, dan Hindari Perokok

Seperti yang kita tahu, kegiatan merokok bukanlah hal yang menyehatkan. Sehingga, untuk mendapatkan hidup yang sehat, hindari merokok.

Merokok dapat membuat kamu kecanduan, belum lagi asap yang masuk ke dalam paru-paru, yang bisa membuat sesak. Sudah banyak kasus penyakit yang disebabkan oleh merokok, sehingga patut untuk dihindari.

Tidak hanya merokok, kamu juga harus hindari perokok. Pasalnya, menghirup asap rokok, juga bisa menyebabkan paru-paru kamu terganggu, meski kamu bukan perokok aktif.

19. Mulai Menjadi Vegan

Cara hidup sehat lainnya yang sudah sering dijalankan banyak orang adalah dengan menjadi vegan. Dengan menjadi vegan kamu bisa mengurangi berbagai lemak, dan hanya mengonsumsi sayuran, buah, atau protein nabati saja.

Kamu bisa tetap sehat meski tanpa lemak dari protein hewani atau daging. Sebagai penggantinya, kamu bisa mengonsumsi tahu, tempe, jamur, dan lain-lain.

20. Bertemanlah dengan Orang yang Sehat dan Positif dalam Hal Apapun

Tahukah kamu lingkungan sosial ternyata juga sangat berdampak pada cara hidup sehat kamu. Nah, jika kamu berteman dengan orang yang sehat dan positif, maka kamu juga akan menjadi sehat dan positif juga.

Misalnya seperti bisa olahraga bersama, mengajak makan sehat, hingga bercerita tentang hal-hal positif yang bisa membangun mental dan psikis.

21. Hindari Stres

Sehat bukan hanya dilihat dari fisik atau tubuh saja, karena sehat secara pikiran juga sangat diperlukan. Jika kamu stres, maka tubuh pun juga akan memberikan sinyal buruk.

Maka dari itu, banyak orang yang stres yang kurang nafsu makan, bahkan bisa juga kebalikannya, yakni harus makan, tanpa terkontrol.

Jadi, kesehatan fisik dan pikiran harus seimbang ya!

Itulah informasi terkait cara hidup sehat yang sederhana, yang mungkin bisa bermanfaat untuk kamu. Selain menerapkan pola hidup sehat, kamu juga butuh asuransi untuk melindungi diri dan keluarga dari berbagai macam ancaman.

Asuransi kesehatan hingga jiwa, sekiranya sangat penting untuk dimiliki di setiap keluarga. Pasalnya, akan ada banyak benefit yang bisa kamu rasakan dengan memiliki asuransi.

Yuk, segera daftarkan diri kamu dan keluarga di asuransi pilihanmu. Berbagai informasi produk asuransi juga bisa kamu dapatkan di situs Cekaja.com. Yuk, tunggu apalagi, segera buka situs Cekaja.com, dan cari asuransi terbaikmu!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk