Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Tak Lagi Khawatir Simpan Benda Berharga di Rumah, Ini Caranya

by Tisyrin N. T on 20 Maret, 2017

bangkrut - CekAja.com

Di tengah maraknya kriminalitas, kamu mungkin menyimpan rasa was-was. Harta benda yang telah terkumpul bertahun-tahun dengan susah payah dapat lenyap dalam sekejap jika tidak hati-hati.

Bayangan akan perampokan memang menghantui ketika kamu menyimpan benda-benda berharga di rumah. Sebaiknya, kamu punya tempat yang aman untuk surat dan benda berharga. Selain wajib memiliki brankas di rumah, pilihan lainnya adalah memanfaatkan jasa bank atau Pegadaian.

Tak apa-apa harus mengeluarkan uang ekstra, demi kenyamanan dan keamanan. Berikut ini beberapa informasi mengenai cara penyimpanan yang aman.

Safe deposit box di bank

Kamu mungkin masih belum yakin menyimpan sendiri benda berharga di rumah. Kalau kamu punya perhiasan, logam mulia, saham, obligasi, surat berharga, hingga sertifikat berharga, cobalah pertimbangkan layanan safe deposit box di bank.

Layanan safe deposit box adalah jasa penyewaan kotak penyimpanan harta atau surat-surat berharga. Kotak berbahan baja ditempatkan di ruangan yang telah dirancang sedemikian rupa sehingga anti bongkar dan anti kebakaran.

Kamu juga dapat memilih berbagai jenis dan ukuran safe deposit box sesuai kebutuhan. Selain membayar biaya sewa tahunan, kamu juga harus membayar jaminan kunci (cukup sekali selama menyewa). Untuk menikmati layanan tersebut, biasanya bank memberikan syarat harus tercatat sebagai nasabah. Berikut ini gambaran tarif layanan safe deposit box di beberapa bank.

Biaya Sewa SDB
Sumber: BRI, BNI, Mandiri, diolah oleh CekAja.com

Dari tabel di atas, terdapat biaya sewa layanan safe deposit box dari tiga bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Terlihat berbagai pilihan ukuran dan biaya sewa per tahun mulai dari Rp200.000 hingga lebih dari Rp10 juta. Sementara jaminan kunci di kisaran Rp750.000 – Rp1 juta.

Safe deposit box di Pegadaian

Selain bank, kamu bisa menggunakan jasa Perum Pegadaian. Jangka waktu penitipan mulai dari dua minggu hingga satu tahun dan dapat diperpanjang. Kamu bisa memanfaatkan jasa tersebut ketika ke luar kota, ke luar negeri, atau pun menyimpan dalam waktu lama.

Ini dia biaya sewa safe deposit box di Pegadaian.

Pegadaian
Sumber: Pegadaian

Melihat tabel di atas, jika dibandingkan dengan bank, biaya jaminan kunci di Pegadaian terbilang lebih murah. Sementara untuk biaya sewa terbilang sama.

Pakai brankas di rumah dan daftar asuransi

Kamu bisa saja menyimpan benda berharga di lemari biasa, tetapi langkah ini sangat rentan kemalingan. Sebaiknya, kamu membeli brankas untuk diletakan di rumah. Lokasi terpopuler menyimpan brankas adalah di lemari kamar tidur. Namun karena sudah umum, maka tempat ini terbilang kurang aman. Coba cari alternatif tempat lain.

Sebelum membeli brankas, pertimbangkan baik-baik ukuran brankas yang kamu butuhkan agar tidak salah beli. Sebaiknya beli brankas dengan ukuran sedikit lebih besar dari kebutuhan. Selain menggunakan brankas, jangan lupa daftar asuransi untuk melindungi rumah dan harta benda dari berbagai risiko ya.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami