7 Cara Investasi Mobil Klasik Agar Raih Untung di Masa Depan

5 min membaca Oleh Vera Khairifah on

Cara investasi mobil klasik sangat perlu diperhatikan, agar keuntungan bisa kamu raih di masa depan. Produk investasi ini biasanya dipilih oleh mereka yang tertarik dengan barang-barang otomotif. Supaya tak salah langkah, yuk, simak cara investasi mobil klasik berikut ini.

Mengenal Mobil Klasik dan Nilainya

Mobil klasik adalah sebutan untuk mobil bernilai eksklusif yang harganya kini cukup mahal, bahkan bisa lebih mahal lagi seiring dengan berjalannya waktu.

Arti kata “klasik” tidak hanya merujuk pada mobil tua saja, lho. Ada beberapa hal yang membuat sebuah mobil layak mendapat sebutan mobil klasik.

Pertama, mobil diproduksi bukan untuk alat transportasi harian. Ada spesifikasi khusus yang dimiliki mobil tersebut, sehingga suku cadang dan komponen mobil lainnya bersifat eksklusif.

Kedua, karena produksinya bukan diperuntukkan sebagai alat transportasi harian, maka target pasarnya pun terbatas hanya untuk kelas menengah ke atas.

Enggak heran jika harga mobil klasik bahkan sudah tinggi saat perilisannya.

Ketiga, selain ditujukan untuk target konsumen tertentu, mobil klasik juga hanya diproduksi dalam jumlah terbatas alias limited edition.

Jadi, sangat mungkin jika mobil modern yang diproduksi dalam kurun waktu yang terbilang baru bisa disebut mobil klasik juga.

Sedangkan mobil tua juga bisa disebut mobil klasik jika jumlahnya kini tersisa sedikit atau sudah langka, sehingga makin sulit ditemukan. Misalnya saja seperti VW Beetle dan Morris Mini.

Investasi mobil klasik sudah dikenal sejak zaman dulu. Namun, diperkirakan tren ini semakin naik sejak awal tahun 2000-an.

Para pecinta mobil semakin peduli bahwa memiliki mobil klasik tidak hanya sekadar dijadikan alat transportasi atau dikoleksi sebagai pemuas hobi, tetapi juga memiliki nilai tambah di masa depan.

Harga mobil klasik yang umum dimiliki pecinta otomotif memiliki harga yang beragam. mulai dari Rp40 juta-an hingga miliaran rupiah.

Jangan kaget dengan harga ini, sebab mobil klasik dibuat dari material yang cenderung lebih awet, suku cadang yang sulit dicari, serta nilai estetika yang tinggi.

Lihat saja tampilan-tampilan mobil klasik masa kini. Belum lagi dengan beragam fitur atau keunggulan yang dimiliki mobil klasik edisi terbatas. Kalau kamu juga berminat, buruan deh ketahui cara investasi mobil klasik yang benar.

Artis Andre Taulany Juga Koleksi Mobil Klasik

Jika kamu masih ragu soal investasi mobil klasik, ada baiknya kamu mengulik lebih banyak informasi dari berbagai sumber.

Misalnya informasi dari ahli bidang otomotif, ahli keuangan dan investasi, komunitas mobil klasik, atau bahkan artis yang juga menggeluti hobi ini.

Semua informasi ini bisa kamu dapatkan lewat internet, media lain, atau bahkan bertanya langsung ke seorang ahli.

Artis sekaligus presenter Andre Taulany juga gemar mengoleksi mobil klasik. Mulai dari Ford Mustang Shelby GT500, BMW M3 E30, Porsche 911, Toyota MRII, VW Beetle, Morris Mini, dan masih ada lagi lainnya.

Lewat akun Youtube-nya yang bernama Taulany TV, Andre menyampaikan bahwa total harga mobil yang dimiliki di garasi mantan vokalis Stinky ini sudah melebihi angka Rp50 miliar. Sungguh fantastis, kan?

Selain dikoleksi sebagai hobi, Andre juga peduli dengan perawatan mobil-mobil kesayangannya.

Terbukti, mobil-mobil yang dimilikinya masih berfungsi dengan baik meskipun merupakan mobil produksi lama. Cara investasi mobil klasik ala Andre ini wajib kamu tiru.

Beberapa artis lain yang juga suka mengoleksi mobil klasik antara lain Raffi Ahmad dan Prilly Latuconsina.

(Baca Juga: Memilih Mobil Tua yang Cocok untuk Investasi)

Cara Investasi Mobil Klasik

Memiliki mobil klasik bakal rugi kalau hanya sekadar dijadikan pajangan di rumah sebagai koleksi. Perawatan baik diperlukan untuk menjaga segala komponen, agar mobil berada dalam kondisi terbaik.

Jika kualitas terjaga, maka bukan tidak mungkin mobil ini akan memiliki nilai penambahan nilai di masa mendatang. Investasi mobil klasik pun akan menguntungkan buatmu.

Lalu, bagaimana sih cara investasi mobil klasik yang benar agar keuntungan bisa diraih di masa depan? Simak penjelasan cara investasi mobil klasik berikut ini.

1. Pilih Mobil yang Ingin Dimiliki

Cara investasi mobil klasik yang pertama adalah dengan memilih mobil klasik yang ingin kamu miliki. Lakukan riset sederhana dengan mencari daftar mobil klasik yang layak untuk diinvestasikan.

Pemilihan mobil ini akan lebih baik jika kamu mempertimbangkan nilai mobil dan kesesuaian mobil dengan selera jenis mobil yang kamu sukai.

Sebab, merawat mobil klasik harus dilakukan oleh orang yang telaten. Pemeliharaan ini bakal lebih bagus jika kamu juga memang menyukai tipe mobil yang dimiliki.

2. Cek Kualitas dan Harga Beli

Jika sudah menemukan mobil yang diincar, maka temukan penjualnya. Pastikan penjual mobil klasik yang pilih adalah orang terpercaya. Sebab transaksi jual-beli mobil klasik rawan terjadi penipuan.

Lalu, cara investasi mobil klasik selanjutnya adalah mengecek kembali harga beli mobil klasik saat ini. sama seperti instrumen investasi lainnya, mobil klasik juga memiliki masa pasang-surut tersendiri.

Jika kamu memang memiliki budget untuk membeli mobil klasik, pilih mobil dengan harga terbaik. Jangan lupa juga untuk mengecek kualitas mobil, agar harga sesuai dengan kondisi mobil yang ada.

3. Lakukan Perawatan Secara Rutin

Inilah cara investasi mobil klasik yang harus kamu benar-benar perhatikan. Misalnya dengan rutin membersihkan bagian luar dan dalam mobil klasik, memakai oli mobil berkualitas terbaik, melindungi mobil dengan body cover, menjaga tampilan cat mobil, dan lain sebagainya.

Memanaskan mobil secara teratur juga perlu dilakukan agar kualitas mesin terjaga. Harga mobil klasik yang masih memiliki mesin yang bekerja dengan baik tentu memiliki harga yang lebih tinggi.

(Baca Juga: Bolehkah Mobil Modifikasi Diasuransikan? Simak Penjelasannya)

4. Periksakan Mobil ke Bengkel

Selain memihara dan merawat mobil klasik secara rutin di rumah, kamu juga harus memeriksakannya ke bengkel. Pilihlah bengkel mobil yang khusus menangani service mobil klasik. Sebab tidak semua montir mahir men-service mobil klasik kesayanganmu.

Tanya dan diskusikan juga hasil pemeriksaan ini agar kamu paham kondisi mobil dengan baik.

5. Cari Info Investasi Mobil Lewat Komunitas

Selain merawat dan membawa mobil ke bengkel, cara investasi mobil klasik lainnya adalah dengan meningkatkan pengetahuanmu terhadap segala info tentang mobil klasik. Coba deh untuk bergabung ke sebuah komunitas pecinta mobil klasik.

Dari sini, kamu bisa mendapatkan segala informasi terbaru soal mobil klasik yang diinvestasikan. Setiap anggota biasanya akan membagikan berbagai informasi yang asyik didiskusikan lebih lanjut.

Selain itu, kamu juga bisa memperluas jaringan dengan mengenal orang baru. Misalnya penjual terpercaya, orang-orang yang sedang mencari dan berniat membeli mobil klasik, ahli mesin, atau siapa saja.

6. Jual Saat Harga Beli Tinggi

Jika kamu mulai berminat menjual mobil klasik, juallah saat harganya sedang tinggi. Tren mobil klasik akan selalu berputar, ada masanya investasi mobil kembali hits dan banyak diikuti orang-orang.

Tak ada salahnya menjual mobil dalam kondisi pasar seperti itu. Terlebih jika kamu membutuhkan uang, atau berniat mengganti koleksi mobil dengan mobil lain maupun instrumen investasi lain.

7. Asuransikan Mobil Klasik Milikmu

Cara investasi mobil klasik yang terakhir adalah dengan menjaga nilai mobil sebagai aset. Untuk itu, pastikan mobil klasik yang diinvestasikan dilindungi dengan asuransi kendaraan.

Jenis asuransi ini akan memberikan pertanggungan apabila mobil mengalami kerusakan, atau bahkan hilang dicuri.

Asuransi kendaraan memberikan jaminan uang pertanggungan yang nilainya sesuai dengan jenis mobil klasikmu. Jadi, tak ada ruginya jika kamu membayar premi bulanan untuk memberi perlindungan ekstra terhadap berbagai risiko.

Itulah sederet cara investasi mobil klasik yang tepat. Melindungi mobil dengan asuransi kendaraan kini makin mudah dengan pengajuan online lewat CekAja.com.

Kami akan memberikan rekomendasi asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Pengajuannya dijamin mudah karena menggunakan sistem online. Semua transaksi di CekAja.com juga aman dan terpercaya, karena sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Yuk, bandingkan dan ajukan asuransi kendaraan sekarang juga!

Tentang kami

Vera Khairifah

Vera Khairifah