Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara Kreatif Kumpulkan Uang Bersama Pasangan untuk Biaya Pernikahan

by Tisyrin N. T on 18 Oktober, 2016

persiapan biaya pernikahan - CekAja.com

Siapa sih yang tak mau menikah? Semua orang pasti ingin menjalani momen bahagia ini minimal sekali seumur hidup. Namun, agar pesta pernikahan istimewa, kamu memerlukan uang tidak sedikit. Untuk itu, menabung adalah jalan terbaik untuk mewujudkan pesta pernikahan yang kalian idamkan.

Untuk membantu kamu yang ingin mempersiapkan dana pernikahan dengan baik, berikut ini cara kreatif yang bisa kamu tiru.

Tetapkan target bujet biaya pernikahan

Sebelum mengumpulkan uang, tetapkan  terlebih dahulu target bujet pernikahanmu. Cari tahu biaya untuk masing-masing komponen mulai dari biaya cetak undangan, sewa gedung, katering, dokumentasi, dan lain sebagainya. (Baca juga: Hemat Biaya Pernikahan dengan DIY Dekorasi Pelaminan)

Buat kontes keuangan

Agar uang cepat terkumpul, kamu dan pasangan harus mengurangi pengeluaran dan menabung. Meski, untuk mempraktekannya tergolong sulit. Bahkan, tak semua orang mampu melakukannya. Agar lebih semangat, buatlah kontes keuangan. Caranya, dengan menentukan jumlah uang yang boleh dihabiskan dalam jangka waktu tertentu, misalnya seminggu.

Buat aturan yang ketat, kamu dan pasangan tidak boleh menghabiskan uang melebihi jumlah yang telah ditentukan dalam kurun waktu seminggu. Jika ada yang melanggar, harus diberi hukuman. Ketika kamu bisa menghabiskan tidak melebihi jumlah yang ditetapkan, kamu akan lebih bersemangat untuk terus melakukannya. Cara ini berguna untuk belajar menjadi bijak dalam mengelola uang. Kelak, kamu akan terbiasa berpikir matang sebelum membelanjakan uang.

Kencan irit di rumah

Kencan di rumah akan membuat kalian lebih irit dan bisa menabung lebih banyak. Misalnya untuk mengurangi nonton bioskop, sebagai gantinya kalian bisa menyewa dan menonton DVD bersama di rumah. Atau, mengurangi kencan di restoran dengan memasak bersama di rumah.

Bikin rekening bersama

Sisihkan gaji masing-masing setiap bulan untuk dimasukan ke rekening bersama. Jangan lupa untuk saling menyemangati agar pernikahan impian cepat terlaksana.

Gunakan aplikasi

Saat ini sudah banyak tersedia aplikasi untuk mencatat pemasukan dan pengeluaranmu. Gunakan aplikasi ini agar kamu lebih ketat dalam hal pengeluaran. Aplikasi ini juga akan membantumu menganalisa keuanganmu.

Lindungi diri dan pasangan dengan asuransi agar uang tabungan pernikahan aman

Kamu dan pasangan harus memiliki asuransi yang prioritas seperti asuransi kesehatan. Tujuannya agar ketika terjadi hal-hal yang tak diinginkan, tabungan pernikahan kalian tetap aman. Bayangkan jika tidak ada asuransi kesehatan. Saat salah satu dari kalian sakit dan membutuhkan biaya besar, bisa-bisa tabungan pernikahan terpakai. (Baca juga: Apa itu Manajemen Risiko Keuangan Pribadi? Ini Jawabannya)

Pilihan selain menabung, kamu bisa investasi

Jika waktu pernikahan kalian masih cukup lama, sebaiknya pilih investasi agar uang kalian bisa berkembang. Dengan menyimpan uang dalam bentuk reksa dana, misalnya, kamu akan mendapatkan imbal hasil investasi yang lumayan dalam jangka panjang.

Butuh pinjaman dana tunai untuk kebutuhan mendesak? Ajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA) dengan bunga spesial di sini

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami