Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara Kreatif Mencari Pekerjaan Lewat Media Sosial

by Ariesta on 26 September, 2016

karier snapchat_kredit rumah - CekAja.com

Melamar pekerjaan dengan mengecek kolom lowongan di surat kabar lalu mengirim berkas lewat amplop cokelat sudah mulai ditinggalkan.

Sekarang ini situs penyedia lowongan pekerjaan lebih dipilih perusahaan yang ingin mencari pekerja. Prosesnya pun simpel, hanya butuh beberapa klik. Kamu pun tidak perlu repot mencetak dan mengirimkan berkas secara manual karena semua menggunakan dokumen berformat digital. Tidak hanya melalui situs lowongan kerja, untuk mencari kerja kamu juga bisa memanfaatkan media sosial lho.

Selain itu, media sosial juga penting sebagai ajang branding diri. Karena mungkin saja HRD akan mengecek kepribadian dan keseharianmu lewat postingan media sosial. Berikut tips memaksimalkan Snaptchat dan Instagram bagi kamu yang sedang mencari kerja.

cekaja-daftar-kartu-kredit

Menggunakan Snapchat

Kalau kamu berpikir Snapchat hanyalah media sosial di mana remaja bertukar selfie atau memasang wajah konyol, berarti kamu melewatkan fitur Snapchat yang diperuntukkan untuk mengembangkan karier. Dengan pengguna mencapai 200 juta orang, Snapchat menjadi platform media sosial dengan pertumbuhan tercepat.

(Baca juga: 7 Kesulitan Finansial yang Sering dialami Kelas Menengah yang Susah Kaya)

  • Tunjukkan prestasimu

Snapchat menyediakan peluang untuk menunjukkan prestasimu secara visual. Caranya bagikan kegiatan profesionalmu saat mengerjakan sebuah proyek hingga hasil yang dicapai. Selain itu, kamu bisa tulis komentar di tren yang berkaitan dengan industri kerja, bikin cerita menggunakan fitur Snapchat, bisa juga dengan membuat video kamu bersama  teman saat merayakan kesuksesan kerja.

Langkah-langkah tersebut tidak hanya memberikan peluang bagi pewawancara untuk melihat kinerjamu, tapi juga kepribadian, dan caramu memanfaatkan media sosial.

  • Membuat cerita

Kalau kamu bekerja di industri kreatif seperti periklanan atau Event Organizer, kamu bisa mengunggah resume hasil karyamu melalui video dan gambar yang menunjukkan pengalaman, pencapaian, dan keunikan karya.

  • Terhubung dengan pekerja lain

Sekarang ini ada banyak cara untuk mencari tahu seperti apa budaya di sebuah kantor. Salah satu caranya yakni terhubung dengan karyawan yang sudah bekerja di sana. Semakin kamu banyak tahu tentang kantor impian, semakin besar pula peluang untuk memberi kesan baik saat proses wawancara.

  • Menambah wawasan

Beberapa pemimpin sukses dan pebisnis terkemuka memberikan tips dan nasihat melalui Snapchat. Ikuti mereka dan gunakan tips tersebut untuk memperkaya pengatahuan.

(Baca juga: Awas, 4 Kata Ini Bisa Membuat Wawancara Kerjamu Berantakan!)

 

Menggunakan Instagram

  • Membuat akun baru

Jika akun Instagrammu penuh dengan foto selfie, sebaiknya kamu membuat akun IG baru. Alasannya, selfie dianggap haus eksistensi dan cari perhatian.

  • Membangun branding diri

Misalnya jika kamu seorang ilustrator atau Makeup Artist, Instagram sangat berguna untuk memajang keahlian.

  • Menyeleksi postingan

Jika akun Instagrammu memang diperuntukkan untuk profesional, miminalisir unggahan perihal kehidupan pribadi, apalagi sesuatu yang bisa membuatmu malu saat wawancara. Meski demikian, kamu masih bisa mengunggah fotto-foto pribadi asal masih relevan dengan branding.

  • Jangan dikunci

Kalau kamu ingin memperbesar peluang mendapatkan kerja, Instagram-mu harus dalam mode publik. Sama halnya dengan online shop, kamu pasti malas bukan jika akun IG online shop tersebut ternyata digembok?

  • Memakai Hashtag

Gunakan hashtag di setiap foto karena ini memudahkan akunmu ditemukan oleh perusahaan.

(Baca juga: Ini Cara Pewawancara Tahu Kalau Kamu Berbohong di Resume Kerja)

  • Follow perusahaan

Jika perusahaan impianmu aktif di Instagram, follow aku mereka supaya kamu tetap update dengan berita terbaru. Kamu juga bisa mempelajari strategi marketing dengan mengikuti akun mereka.

Bisnis skala UKM milikmu butuh suntikan dana tunai? Dapatkan pinjaman segala kebutuhan dengan bunga ringan di CekAja!

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami