Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Lengkap Mengisi Sensus Penduduk Online 2020 Beserta Tahapannya

by Estrin Vanadianti Lestari on 25 Februari, 2020

Di tahun 2020 ini, Badan Pusat Statistik (BPS) akan melakukan kegiatan sensus penduduk. Berbeda dari pelaksanaan Sensus Penduduk sebelumnya, kini layanan sensus bisa dilakukan secara online. Nah, bagi penduduk yang penasaran dan ingin mencoba layanan ini, kamu bisa ikuti cara lengkap mengisi Sensus Penduduk online 2020, berikut ini.

cara lengkap mengisi sensus penduduk online

Dihimpun dari situs resmi BPS.go.id, jadwal Sensus Penduduk 2020 ini, telah dibuka sejak 15 Februari 2020 lalu, hingga 31 Maret 2020 mendatang.

Di dalam program Sensus Penduduk Online 2020 ini, BPS juga mengharapkan, agar pada warga dapat melakukan pengisian data diri dan keluarga secara mandiri, melalui situs sensus.bps.go.id.

Buat kamu yang masih merasa asing dengan program Sensus Penduduk, yuk simak pengertian dari Sensus Penduduk itu sendiri.

Apa Itu Sensus Penduduk?

Sensus, atau bisa juga disebut dengan cacah jiwa ini merupakan sebuah proses mendapatkan informasi deskriptif, tentang anggota sebuah populasi (bukan hanya manusia).

Sensus juga bisa digunakan untuk kegiatan demokrasi seperti pemilu, pengumpulan pajak, hingga digunakan sebagai ilmu ekonomi. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, program Sensus Penduduk di Indonesia ini dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS).

Program Sensus yang terbesar di antaranya adalah Sensus Penduduk, Sensus Pertanian, dan Sensus Ekonomi.

Nah, Sensus Penduduk sendiri umumnya dilaksanakan pada tahun yang berakhiran “0”, seperti di tahun 2020 ini, atau dalam jangka waktu sepuluh tahun.

Pelaksanaan Sensus Penduduk yang terakhir, dilaksanakan pada tahun 2010 oleh BPS, dan hasilnya diumumkan pada 17 Agustus 2010.

Manfaat Sensus Penduduk

Bukan tanpa alasan, pelaksanaan Sensus Penduduk tentunya bisa memberikan manfaat, di antaranya adalah:

  • Mengetahui persebaran penduduk, daerah yang terlalu padat, dan daerah yang masih jarang penduduknya.
  • Mengetahui jumlah penduduk seluruhnya.
  • Mengetahui golongan penduduk menurut jenis kelamin, umur, dan banyaknya kesempatan kerja.
  • Mengetahui keadaan pertumbuhan penduduk.
  • Mengetahui susunan penduduk menurut mata pencaharian agar diketahui struktur perekonomiannya.
Metode Sensus Penduduk
  • Metode Canvasser

Metode Sensus Penduduk yang pertama adalah dengan metode Canvasser. Di mana dalam pelaksanaan sensus ini, petugas akan mendatangi tempat tinggal penduduk dan mengisi daftar pertanyaan.

Kelebihan dari metode ini, adalah data yang diperoleh lebih terjamin kelengkapannya, serta penduduk sulit untuk menggandakan data.

Sedangkan kekurangannya adalah waktu yang dibutuhkan lebih usang alasannya ialah jumlah petugas yang terbatas dan wilayah yang luas. Apa kamu pernah didatangi petugas Sensus?

  • Metode Householder

Metode Sensus Penduduk yang selanjutnya adalah metode Householder. Di mana pelaksanaan sensus ini dilakukan oleh penduduk sendiri, dengan mengisi daftar pertanyaan.

Keunggulan dari metode ini adalah waktu yang dibutuhkan lebih cepat, karena petugas tidak harus mendata satu per satu penduduk.

Selanjutnya, daftar pertanyaan sanggup dikirimkan atau dititipkan pada pegawai pemerintah desa.

Sedangkan kekurangannya, data yang diperoleh kurang terjamin kebenarannya, karena mungkin saja penduduk tidak mengisi data sesuai dengan kondisi sebenarnya.

Nah, hampir sama dengan metode Householder, pada SPO 2020 ini, juga akan dilakukan secara mandiri oleh para penduduk. Namun bedanya Sensus Penduduk ini akan dilakukan secara online.

(Baca Juga: Cara Lengkap Lapor SPT Tahunan 2020)
Mengapa Harus Sensus Penduduk Online
  • Dapat dilakukan kapan saja, secara mandiri selama periode pelaksanaan Sensus penduduk Online 2020.
  • Pengetahuan masyarakat terhadap penggunaan teknologi informasi yang sudah semakin baik.
  • Menumbuhkan arti penting data, dimulai dari informasi pribadinya.
Cara Lengkap Mengisi Sensus Penduduk Online 2020
  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah siapkan dokumen identitas pribadi, seperti Kartu Keluarga, KTP, Buku Nikah/Dokumen Cerai.
  2. Buka situs sensus.bps.go.id untuk mengakses dan mengisi Sensus Penduduk Online 2020.
  3. Setelah itu, masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK).
  4. Klik kotak kosong pada Captcha lalu klik ‘Cek Keberadaan’.
  5. Jika belum buat akun, buatlah kata sandi dan pilih pertanyaan keamanan yang paling sesuai, lalu pilih ‘Buat Password’.
  6. Setelah masukkan kata sandi yang telah dibuat, lalu klik ‘Masuk’.
  7. Sebelum mulai mengisi data Sensus Penduduk, bacalah panduan awal mengenai pengisian SPO, lalu klik ‘Mulai Mengisi’.
  8. Pilihlah bahasa yang paling dikuasai.
  9. Selanjutnya ikuti petunjuk dan jawablah seluruh pertanyaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya. Kemudian, halaman selanjutnya mengisi keterangan data mengenai kondisi tempat tinggal Anda saat ini. Dan yang terakhir adalah isi data tentang aktivitas sehari-hari.
  10. Setelah mengisi seluruh pertanyaan, klik tombol ‘Kirim’.
  11. Unduh bukti pengisian.
Bagaimana Jika Terlewat atau Tidak Bisa Mengakses SPO?

Kamu tidak menerima informasi terkait Sensus Penduduk Online 2020, sehingga kamu terlewatkan? Atau kamu tidak bisa mengakses SPO di smartphone atau di laptop milik mu?

Tidak perlu khawatir, karena kamu akan tetap tercatat dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Wawancara (SP Wawancara), yang akan dilaksanakan pada Juli 2020.

Sudah Mencoba Mengisi SPO, Namun Data Tidak Lengkap?

Bagi yang sudah mencoba mengikuti cara lengkap mengisi Sensus Penduduk online 2020, mungkin pernah menemukan masalah data yang dinyatakan tidak lengkap. Padahal, semua data yang diminta sudah dilampirkan dengan tepat.

Dilansir dari laman Kompas.com, bagian IT BPS, Kemas pun akhirnya menjelaskan terkait masalah yang terkadang muncul tersebut. Di mana hal tersebut mungkin saja terjadi karena adanya data yang terlempar ke antrian. Sehingga, bukti pengisian masih belum masuk ke server.

Namun, BPS menghimbau kepada masyarakat untuk tidak terlalu memikirkan masalah tersebut. Karena, data yang sudah diisi akan tetap tersimpan di server BPS.

Tahapan Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020
  • Februari 2020 – Maret 2020: Penduduk Melaksanakan sensus secara mandiri melalui sensus.bps.go.id
  • Evaluasi berkala Sensus Penduduk Online
  • Juli 2020: Pelaksanaan Sensus Penduduk Wawancara, yang meliputi pemeriksan daftar penduduk verifikasi lapangan (ground check), dan pencacahan lengkap.
  • Juli 2021: Pelaksanaan pencacahan sampel

Selain mengisi data diri di SPO, penting juga bagi kamu untuk memiliki asuransi pribadi, maupun sekeluarga. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan berbagai produk asuransi secara online.

Hanya tinggal mengunjungi situs CekAja.com, lalu bandingkan produk asuransi dari berbagai perusahaan asuransi terbaik, yang sesuai untuk kebutuhanmu dan ajukan sekarang juga!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk