Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Punya Sisa Uang Asing Sisa Traveling ke Luar Negeri? Ini Cara Manfaatkannya

by Ariesta on 16 Januari, 2016

uang receh - CekAja.com

Berniat traveling ke luar negeri dalam waktu dekat ini? Kecuali kalau kamu sudah benar-benar memperhitungkan budget traveling dengan membawa uang kas seperlunya, biasanya sepulang traveling banyak orang masih memiliki sisa mata uang asing.

Ada orang yang enggan menukar sisa uang tersebut ke dalam rupiah karena nilai jualnya jatuh, alias jauh berbeda dengan nilai beli. Alasan lainnya adalah money changer tidak mau menerima penurakan koin.  Lantas bagaimana cara memanfaatkannya? Intip tips berikut ini.

Membayar sisa tagihan hotel

Kalau kamu belum melunasi pembayaran hotel, bayar tagihanmu dengan semua koin yang kamu punya sebelum check out, lalu bayar sisanya menggunakan kartu kredit. Tentu saja ini bisa kamu lakukan kalau sudah benar-benar yakin tidak akan berbelanja di bandara.

Memberikan sebagai tips pada roomboy hotel

Memberikan tips pada pegawai hotel memang bukan kewajiban. Tapi tidak ada salahnya menghargai bantuan mereka dengan memberikan tips berupa koin yang tidak akan kamu pergunakan lagi. Selain memberikannya secara langsung, beberapa hotel punya kotak khusus untuk tips di meja resepsionis.

Widget TRV Insurance

Memberikannya sebagai oleh-oleh

Kalau tidak sempat membelikan oleh-oleh untuk keponakanmu yang jumlahnya banyak, kamu bisa memberikan sisa koinmu pada mereka. Sekarang banyak disediakan amplop mini atau bungkus suvenir instan sehingga koin-koinmu tetap terlihat sebagai oleh-oleh yang menarik di mata mereka. Diharapkan mereka juga merasa penasaran dengan perjalanan dan negara yang baru saja kamu kunjungi. (Baca juga: Untuk Kamu yang Baru Pertama Kali ke Luar Negeri, Ini Tips Sebelum Menukar Uang di Money Changer)

Membeli magnet kulkas

Magnet yang ditempel di kulkasmu pasti akan mengingatkanmu akan negara yang pernah kamu kunjungi. Kalau kamu banyak berkunjung ke luar negeri dan rutin membeli mangnet kulkas, koleksi ini pasti menarik perhatian para tamu yang berkunjung ke rumah. Kalau tidak suka mengoleksi magnet, kamu bisa membelinya sebagai oleh-oleh.

Menawarkannya pada traveler lain

Kalau kebetulan kamu bertemu degan traveler yang baru tiba di bandara atau yang sedang mengantri di money changer bandara, kamu bisa menjual koinmu dengan harga murah pada mereka. Mereka akan senang mendapat mata uang yang dibutuhkan dengan harga murah dan kamu pun juga untung. Kalau sudah kepalang pulang ke negara asal, kamu bisa menawarkan koin sisa lewat komunitas-komunitas traveler dengan rate lebih murah dari money changer.

(Baca juga: Kota-kota Murah di Eropa yang Tidak Bikin Kantong Bolong Saat Traveling)

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami