Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

Cara Melakukan Bisnis Online dan Mengembangkan Brand

by lhmdi on 13 Februari, 2016

bisnis online - CekAja.com

Banyak cara melakukan bisnis online yang mudah untuk dilakukan saat ini.  Mulai dari membuat website sendiri, menyiapkan konten, hingga aktif di media sosial menjadi salah satu kunci yang sering dilakukan oleh tim pemasar dalam meningkatkan nilai brand.

Namun, dalam dunia digital, semuanya sangat berperan penting termasuk menciptakan aktifitas online serta offline yang berkesinambungan. Bagi kamu yang saat ini sedang menjalankan bisnis online, menjual berbagai kebutuhan yang diinginkan konsumen saja tentunya tidak cukup.

Oleh karena itu penting untuk membangun nilai dari brand bisnis yang kamu jalankan. Lalu, bagaimana cara menciptakan nilai brand yang memang benar-benar mempengaruhi konsumen dan menciptakan sebuah keputusan beli yang nantinya akan memberikan keuntungan? Ikuti tipsnya berikut ini:

pinjaman tanpa jaminan kta tanpa agunan-CekAja.com

  1. Memperhitungkan karakteristik konsumen

Jika kamu menggunakan sebuah website untuk menjalankan bisnis online, maka traffic adalah salah satu perhitungan yang sangat penting. Namun, mendapatkan statistik hanya dengan mengisi dengan konten tertentu belum bisa dipastikan akan mengubah traffic sesuai dengan yang kamu inginkan.

Oleh karena itu, sangat bijak terlebih dahulu untuk mempertimbangkan karakteristik konsumen yang akan kamu sasar. Tujuan sederhananya adalah kamu bisa memisahkan mana konsumen yang memiliki kebutuhan yang cocok dengan bisnis, dan mana yang sedang atau bahkan tidak membutuhkan produk yang kamu jual.

Cara ini juga akan membantu kamu lebih cermat dalam menjual barang atau jasa secara online nantinya. Sehingga akhirnya secara bertahap brand yang sedang kamu ciptakan terbangun sendirinya melalui konsumen yang sudah dikelompokkan tadi.

  1. Menggunakan alat marketing yang tepat

Bisnis online pastinya akan sangat erat dengan dunia digital. Oleh karena itu, gunakan alat marketing yang tepat untuk memasarkanya. Media sosial yang bisa digunakan tanpa berbayar seperti Facebook, Instagram, dan Twitter hingga YouTube, pastinya sudah akan menjadi salah satu alat marketing yang akan tepat untuk membangun brand.

Namun, jangan lupa pula dengan penggunaan Newsletter, atau email berlangganan yang menggambarkan ringkasan dari produk yang akan kamu jual. Newsletter yang menarik pun biasanya akan membuat komunikasi konsumen dengan brand yang kamu bangun menjadi lebih tepat sasaran. Bisnis baju online sedang booming. Kamu bisa bisnis online gratis tanpa modal, dengan cara mudah.

  1. Menjalin komunitas

Meskipun bergerak di ranah online, namun jangan lupa untuk membangun sisi manusiawi dari sebuah brand. Disini kamu akan diajak untuk membangun atau bahkan berinteraksi dengan komunitas tertentu.

Cara melakukan bisnis online yang satu ini memang tidak harus selalu menggunakan internet atau media sosial saja. Namun mengikuti acara “kumpul-kumpul” dari komunitas bisa menjadi cara kamu untuk menyampaikan pesan apa yang akan dijual.

Jika tepat sasaran, maka brand yang sedang dibentuk pun akan terbangun dan membuat perkiraan konsumen kamu akan semakin banyak. Bisnis online terbaru, sedang jadi pembicaraan. Untuk itu cara melakukan bisnis online, harus dipelajari.

  1. Bekerjasama dengan pihak lain

Berkerja sama dengan partner seperti seorang influencer di ranah digital juga akan membantu untuk meningkatkan kualitas sebuah brand yang dibangun. Influencer ini memiliki jaringan dimana saja dan mampu menarik keinginan banyak orang.

Selain itu seorang influencer juga dapat diajak bekerjasama membangun dan menciptakan konten yang yang meningkatkan nilai jual produk yang akan ditawarkan. Namun, pastikan kamu memilih influencer yang tepat serta sesuai dengan target pasar dari bisnis online. Inilah cara memulai bisnis online tanpa modal.

  1. Meninggalkan pesan yang tepat

Pesan dari produk yang kamu tawarkan tidak harus selalu tentang berjualan. Namun, pesan-pesan sederhana bisa menjadi awal untuk meninggalkan kesan brand kamu pada konsumen. Pesan ini biasanya sering digambarkan melalui iklan, namun pesan-pesan sederhana yang dipublikasikan melalui sebuah konten baik itu di website atau media sosial pun punya pengaruh yang besar!

Oleh karena itu, siapkan pesan yang singkat, namun tepat untuk menciptakan nilai brand yang membuat seseorang atau konsumen ingat dengan brand yang kamu ciptakan, termasuk produk yang akan dijual.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami