Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Cara Memakai Hijab Pashmina

by Satrya Agung on 24 Februari, 2016

tren hijab-CekAja.com

Dulu, untuk urusan jilbab, wanita hanya akan terpaku pada satu metode, yakni jilbab persegi empat yang dilipat dua hingga menjadi bentuk segi tiga.

Alhasil tampilannya pun tidak beragam. Paling dibubuhi hiasan seperti bros. Tapi kini trennya sudah bergemang. Salah satunya dengan menggunkan pashmina. Lalu bagaimanakah cara memakai hijab pashmina ini? Mari kita simak. Secara bahasa, kata Pashmina berasal dari Persia (Pashmineh) yang berarti kain wool yang pertama kali di tenun di India.

Di Indonesia pengertian pashmina adalah kain yang lebar dan panjang baik yang polos maupun bermotif dan bentuknya persegi panjang seperti selendang. Karena bentuknya yang persegi panjang akhirnya muncul ide untuk melilitkannya di kepala sebagai pengganti jilbab. Dari sini muncullah istilah Hijab pashmina.

Keberadaan pashmina cukup beragam, berikut kami rekap beberapa jenis pashmina yang umum berada di pasaran.

Pashmina Shawl

Merupakan jenis pashmina yang awalnya digunakan sebagai selendang atau penutup leher layaknya shawl. Kemudian pashmina jenis ini mulai digunakan sebagai hijab karena motifnya yang bervariasi serta warna-warnanya yang menarik.

Pashmina Rajut

Dari segi fisik akan gampang dikenali karena seperti namanya, pashmina jenis ini berbentuk seperti jaring namun memiliki paduan warna yang cantik. Pashmina ini cocok digunakan di keseharian atau acara kasual.

Pashmina Rawis

Secara penampilan pashmina ini terlihat kusut tapi akan tetap indah saat dipadu padan dengan berbagai macam pakaian. Karena tampilan yang kusut ini menjadikannya pashmina yang digemari oleh mereka yang aktif.

Pashmina Sifon

Sifon adalah material yang licin sehingga susah dibentuk. Meski demikian wanita tetap menyukai pashmina sifon ini. Alasannya karena ketika telah selesai dibentuk jatuhnya akan terlihat indah. Dan perlu menjadi catatan, kain berbahan sifon membutuhkan perawatan ekstra hati-hati karena gampang sobek.

Tutorial hijab pashmina sifon adalah tutorial hijab pashmina simple tanpa ninja. Jangan khawatir tutorial hijab pashmina untuk wajah bulat dapat kamu simak pada tutorial hijab segi empat di mana tutorial hijab youtube.

Pashmina Spandek / Lycra

Pashmina ini yang paling banyak digemari karena bahannya yang adem dan gampang dibentuk dan dikreasikan.

Sekarang kita akan membahas cara memakai hijap pashmina yang baik dan benar.

  • Gunakan ciput terlebih dahulu agar rambut kamu rapi dan memudahkan saat membentuk hijab pashmina. Kemudian siapkan pashminamu dan posisikan di atas kepala dengan bagian kanan lebih panjang ketimbang kiri. Kemudian tarik ujung pashmina yang bagian kiri melewati dagu ke samping telinga kanan dan kunci dengan jarum atau peniti agar tidak lepas.
  • Selanjutnya merapikan bagian atas pashmina sehingga menutupi ciput dengan sempurna. Agar tidak lepas, sematkan jarum atau peniti di sisi kiri dan kanan di atas telinga.
  • Pashmina yang bagian kanan arahkan melewati bagian dada dan ujungnya letakkan di atas kepala lalu sematkan jarum atau peniti. Sampai di sini proses pemakaian hijab pashmina telah selesai. Namun agar tampil lebih cantik, tambahkan aksesoris lain seperti bros atau kalung. Kamu juga bisa bisa berkreasi sebebasnya sesuai dengan selera kamu sendiri.

Kelebihan pashmina adalah bisa menonjolkan si pemakainya agar lebih stylish dan kamu juga bisa berkreasi sesuka kamu. Pemakaiannya pun sangat fleksibel baik itu untuk acara formil, maupun casual. Tapi di sisi lain ada kekurangan dari hijab jenis ini. Salah satunya proses pemakaiannya butuh waktu dan tak jarang pengerjaannya cukup merepotkan.

Apalagi kalau pashmina yang berbahan licin, tentu bagi pemula akan sangat sulit. Sehingga hijab pashmina tidak cocok jika digunakan saat kepepet. Setelah mengetahui cara memakai hijab pashmina, kamu bisa menguasai cara memakai hijab pashmina simple dan modis. Namun, cara memakai hijab segi empat, beda dengan tutorial hijab pashmina satin.

Demikianlah cara memakai hijab pashmina, dan semoga bermanfaat.

Tentang Penulis

Tenggelam dalam lautan kata, bernapas dengan insang bahasa.