10 Cara Memasak Daging Biar Empuk Ini Hemat Gas dan Listrik!

6 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani on

Sebagian besar orang, khususnya yang baru belajar memasak daging, mungkin pernah merasa kesulitan menemukan cara memasak daging biar empuk yang tepat. Pasalnya, memasak daging hingga mendapatkan tekstur yang lembut dan mudah dikunyah cukup sulit.

10 Cara Memasak Daging Biar Empuk Ini Hemat Gas dan Listrik!

Tidak hanya itu, memasak daging biar empuk pun memakan waktu yang cukup lama, tepatnya yaitu lebih dari dua jam. Sehingga, dapat dipastikan kamu akan boros gas ataupun listrik, apabila kamu menggunakan kompor listrik.

Namun, itu semua tidak akan terjadi apabila kamu sudah menemukan cara memasak daging biar empuk yang tepat. Karena, dengan cara tersebut kamu bisa memasak daging hingga empuk lebih cepat.

Lantas, apa saja cara memasak daging biar empuk tersebut? Pada kesempatan kali ini, CekAja.com akan memberikan beberapa tips dan mengulasnya secara lengkap, khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

10 Cara Memasak Daging Biar Empuk

1. Potong Daging dengan Ukuran Kecil

Potong Daging dengan Ukuran Kecil - 10 Cara Memasak Daging Biar Empuk Ini Hemat Gas dan Listrik

Cara memasak daging biar empuk yang pertama adalah dengan memotongnya menjadi ukuran yang lebih kecil. Kamu bisa memotong daging menjadi potongan tipis-tipis dan lebar. Karena, dengan potongan tersebut daging akan lebih cepat matang dan empuk.

Selain itu, kamu juga bisa mencincangnya. Sama halnya seperti memotong daging dengan ukuran kecil, mencincang daging juga dapat membuat daging lebih cepat empuk, dan bumbu akan lebih cepat meresap tanpa perlu dimasak terlalu lama.

Kemudian, kamu juga perlu memperhatikan cara memotongnya. Usahakan kamu memotong daging dengan arah yang berlawanan dengan serat. Hal tersebut berguna untuk memisahkan serat daging saat dimasak, agar daging lebih cepat empuk.

2. Bungkus Daging dengan Daun Pepaya

Bungkus Daging dengan Daun Pepaya - 10 Cara Memasak Daging Biar Empuk Ini Hemat Gas dan Listrik

Selain memotongnya dengan ukuran yang lebih kecil atau mencincangnya, kamu juga bisa menggunakan daun pepaya sebagai salah satu cara memasak daging biar empuk. Hal yang perlu kamu lakukan hanya membungkus daging dengan daun pepaya, selama kurang lebih 30 menit sebelum dimasak.

Pasalnya, kandungan zat papain yang dimiliki daun pepaya, dipercaya mampu membuat daging menjadi lebih empuk. Sehingga, kamu tidak perlu lagi memasak daging dalam jangka waktu yang lama, karena daging akan lebih cepat matang dan bumbu akan lebih meresap.

(Baca Juga: Resep Steak Daging Sapi)

3. Rendam Menggunakan Baking Powder

Rendam Menggunakan Baking Powder - 10 Cara Memasak Daging Biar Empuk Ini Hemat Gas dan Listrik

Meski lebih dikenal sebagai bahan untuk membuat kue, namun baking powder nyatanya menjadi salah satu cara memasak daging biar empuk yang perlu kamu lakukan. Bagi kamu yang baru belajar memasak daging, jangan khawatir. Sebab, cara memasak daging yang satu ini sangat mudah.

Kamu hanya perlu merendam daging yang telah dicuci bersih dan dipotong, ke dalam bumbu yang telah ditambahkan baking powder. Setelah itu, diamkan beberapa saat, lalu kamu bisa langsung memasak daging tersebut hingga empuk, tanpa harus menghabiskan waktu yang cukup lama.

Cara yang satu ini sebenarnya akan lebih cocok digunakan, untuk membuat sate daging sapi atau kambing dan memasak daging bumbu lada hitam.

4. Dilumuri Jahe

Dilumuri Jahe - 10 Cara Memasak Daging Biar Empuk Ini Hemat Gas dan Listrik

Cara memasak daging biar empuk yang keempat adalah melumurinya dengan jahe. Bagaimana tidak, pasalnya kandungan enzim proteolitik yang dimiliki jahe dapat mengurangi ikatan protein dalam daging. Sehingga, ketika dimasak daging akan lebih cepat empuk.

Untuk menggunakan cara yang satu ini pun sangat mudah, kamu hanya perlu menyiapkan beberapa ruas jahe yang akan digunakan. Setelah itu, kupas kulit jahe dan cuci hingga bersih. Jika sudah, parut jahe tersebut secukupnya dan lumuri semua bagian daging yang akan dimasak, dengan parutan jahe hingga tercampur rata.

Kamu bisa diamkan terlebih dahulu, daging yang telah dilumuri jahe selama 30 menit sebelum dimasak. Tujuannya adalah agar kandungan enzim proteolitik yang dimiliki jahe, bekerja dengan maksimal dalam mengempukkan daging.  

5. Dipukul hingga Empuk

Dipukul hingga Empuk - 10 Cara Memasak Daging Biar Empuk Ini Hemat Gas dan Listrik

Walaupun cara yang satu ini terdengar unik, namun memukul daging menjadi cara memasak daging biar empuk yang efektif. Untuk melakukan cara ini, kamu hanya memerlukan alat pemukul daging saja. Setelah itu, pukul kedua sisi daging hingga mendapatkan tekstur yang empuk.

Namun sebelum memulainya, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah menggunakan talenan sebagai alas untuk memukul daging. Tidak hanya itu, pastikan juga kamu tidak memukul daging terlalu kencang, agar sari-sari daging tidak keluar dan terbuang begitu saja.

6. Direndam Teh

Direndam Teh - 10 Cara Memasak Daging Biar Empuk Ini Hemat Gas dan Listrik

Berikutnya, kamu juga bisa menggunakan teh sebagai cara memasak daging biar empuk. Kandungan tanin yang dimiliki teh, dinilai mampu membuat empuk daging secara alami. Kamu bisa langsung merendam daging ke dalam teh yang berwarna pekat, selama kurang lebih 30 menit.

Setelah itu, kamu bisa langsung memasak daging tersebut menjadi beberapa macam olahan makanan, mulai dari sup daging, tumis daging, semur daging dan olahan daging lainnya.

7. Dimasak Menggunakan Presto

Dimasak Menggunakan Presto - 10 Cara Memasak Daging Biar Empuk Ini Hemat Gas dan Listrik

Cara memasak daging biar empuk yang satu ini, rasanya sudah menjadi cara umum yang digunakan oleh banyak orang. Karena, tanpa menggunakan bahan tambahan apapun, kamu bisa langsung memasak daging hingga empuk dengan cepat. Bagaimana, cara yang satu ini sangat mudah dan sederhana, bukan?

8. Menggunakan Teknik 5-30-7

Menggunakan Teknik 5-30-7 - 10 Cara Memasak Daging Biar Empuk Ini Hemat Gas dan Listrik

Di urutan kedelapan, ada teknik 5-30-7 yang bisa kamu gunakan sebagai cara memasak daging biar empuk. 5-30-7 sendiri merupakan tahapan hitungan waktu yang digunakan dalam memasak daging.

Yang mana, 5 merupakan waktu pertama merebus daging dengan panci tertutup, yaitu 5 menit. Kemudian, 30 merupakan waktu dibutuhkan untuk mendinginkan daging setelah direbus, yaitu 30 menit. Dan 7 adalah waktu yang dibutuhkan untuk merebus kembali daging yang telah didinginkan tersebut agar matang lebih sempurna, yaitu 7 menit.

Jika menggunakan teknik yang satu ini, kamu tidak hanya membuat daging empuk lebih cepat, tetapi juga dapat menghemat penggunaan gas elpiji dan waktu memasak.

Kamu juga bisa menggunakan cara ini, untuk memasak beberapa bahan makanan lainnya selain daging, seperti singkong, lontong, kacang hijau, ubi dan lain sebagainya.

9. Direndam dengan Campuran Buah-buahan

Direndam dengan Campuran Buah-buahan - 10 Cara Memasak Daging Biar Empuk Ini Hemat Gas dan Listrik

Nyatanya, buah-buahan juga menjadi salah satu cara memasak daging biar empuk yang efektif. Beberapa jenis buah seperti kiwi, nanas, pepaya dan pir dinilai mampu membuat daging menjadi lebih empuk, karena mengandung enzim protease.

Di mana, enzim tersebut diketahui memiliki kemampuan dalam memecah protein dalam daging. Sehingga, ketika daging direndam dengan parutan kiwi, nanas, pepaya atau pir selama kurang lebih 2-3 jam, maka ketika dimasak daging akan lebih cepat matang dan empuk.

10. Menggunakan Teknik Sous Vide

Menggunakan Teknik Sous Vide - 10 Cara Memasak Daging Biar Empuk Ini Hemat Gas dan Listrik

Cara memasak daging biar empuk yang terakhir adalah menggunakan teknik Sous Vide. Buat kamu yang menjalani hidup sehat, namun tetap ingin mengkonsumsi daging, kamu bisa memasaknya sendiri menggunakan cara yang satu ini.

Teknik sous vide dilakukan dengan cara membungkus daging yang telah dibumbui, dengan campuran lemon, minyak zaitun dan bawang putih ke dalam kantong plastik kedap suara.

Kemudian, kantong plastik tersebut direndam ke dalam air bersuhu rendah. Karena, suhu air menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kelembutan daging.

Namun, kamu juga tidak boleh menyepelekan waktu merendam daging. Sebab, waktu perendaman juga berpengaruh terhadap tingkat kelembutan atau keempukan daging. Kamu bisa menyesuaikan waktu merendam tersebut, sesuai dengan jenis daging yang akan dimasak.

Jenis-jenis Olahan Daging

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu mengetahui beberapa cara memasak daging biar empuk, selanjutnya kamu bisa langsung mengolahnya menjadi beberapa jenis makanan.

Sejatinya, ada banyak jenis makanan berbahan dasar daging, yang bisa kamu jadikan ide memasak. Namun, jika kamu masih belum tahu ingin membuat masakan apa, di bawah ini CekAja.com akan memberikan beberapa ide olahan daging, yang di antaranya yaitu:

  • Sosis daging sapi
  • Steak
  • Bakso Sapi
  • Kornet Sapi
  • Dendeng Daging Sapi
  • Abon Sapi
  • Semur Daging
  • Rendang Daging
  • Tumis Daging Sapi Saus Bawang
  • Teriyaki
  • Tumis Daging Sapi Lada Wijen
  • Sup Tomat Daging Sapi
  • Telur Bistik
  • Dan lain sebagainya.

(Baca Juga: Tips Membeli Daging Beku Online)

Nah, itulah beberapa cara memasak daging biar empuk yang bisa kamu lakukan. Bagaimana, sangat mudah bukan untuk dicoba? Terlebih, semua cara di atas tidak memakan banyak gas dan listrik, serta waktu memasak yang lama.

Kamu bisa memasaknya dalam waktu yang singkat, dengan tekstur daging yang lembut dan lezat. Tidak hanya itu, semua bahan yang dibutuhkan untuk melakukan cara-cara di atas pun mudah didapat. Kamu bisa membelinya langsung di supermarket ataupun di e-commerce.

Agar proses pembelian lebih mudah, kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya. Sebab, kartu kredit tidak hanya memberikan kemudahan proses transaksi, tetapi juga memberikan banyak keuntungan yang dapat dinikmati para penggunanya, mulai dari potongan harga, rewards hingga cashback.

Terlebih, sekarang tersedia banyak produk kartu kredit khusus belanja, yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial. Kamu tinggal melakukan perbandingan kartu kredit, lalu mengajukannya secara online melalui CekAja.com.

Dengan mengajukan kartu kredit di CekAja.com, kamu akan mendapatkan proses pengajuan yang mudah, cepat dan aman karena sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, buat kamu yang belum memiliki kartu kredit, tunggu apalagi? Segera ajukan di CekAja.com dan dapatkan segudang keuntungannya!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani