Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

6 Cara Sederhana dan Efektif Bangun Disiplin Kerja

by Kartika Ratnasari on 7 November, 2017

disiplin kerja - CekAja.com

Sikap disiplin dalam bekerja adalah salah satu cara yang bisa membantu kita mencapai kesuksesan karier. Bagaimana cara membentuknya?

Dalam berkarier, ada banyak cara untuk mencapai puncak kesuksesan. Salah satunya adalah dengan membangun sikap disiplin kerja. Selain membuat pekerjaan kita lebih terorganisir, sikap disiplin juga akan membawa nilai-nilai yang baik terhadap lingkungan kerja.

Sayangnya, tidak semua orang bisa menerapkan sikap disiplin kerja. Bahkan seringkali isu kedisiplinan ini menjadi penghambat bagi banyak orang dalam berkarier. Mulai dari tidak menepati janji, hingga tidak berkomitmen tinggi pada apa yang dikerjakan. Karena itu terkadang sikap disiplin tidak bisa diterapkan dengan mudah oleh semua orang.

Meski tidak mudah, bukan berarti kita tidak bisa menerapkan kedisiplinan dalam bekerja. Dengan menerapkan beberapa cara sederhana ini, lama kelamaan kita akan terbiasa untuk melaksanakan pekerjaan dengan disiplin.

1. Dimulai dari pribadi

Jika kita ingin mencapai sesuatu dalam hidup, langkah paling sederhana yang bisa dilakukan adalah berkomitmen untuk disiplin. Sikap disiplin yang dimaksud di sini bukan hanya seputar pekerjaan, namun dalam segala kebiasaan yang kita lakukan. Karena itu semuanya bisa dimulai dengan komitmen untuk kebiasaan pribadi yang kita miliki.

Misalnya dengan mengawali bersikap disiplin terhadap kesehatan fisik, jaga pola makan dan lakukan olahraga secara rutin untuk membentuk pola hidup sehat. Kemudian terapkan pula sikap disiplin dalam mengendalikan emosi kita. Penuhi pikiran dengan hal-hal positif, dan perhatikan kata-kata yang kita ucapkan.

2. Buat prioritas untuk sisa hari menyenangkan

Selanjutnya, tulis seluruh daftar pekerjaan dan tentukan bagian-bagian yang menjadi prioritas. Mulai dari yang sulit, hingga yang mudah untuk dikerjakan. Cara ini efektif untuk menyelesaikan seluruh pekerjaan sesuai jadwal, dan tak ada waktu yang terbuang dengan percuma.

Rasa malas dan jenuh di tengah pekerjaan mungkin sering terjadi. Namun sebaiknya hindari menghentikan pekerjaan saat belum sepenuhnya selesai. Isitirahat sejenak lalu lanjutkan kembali pekerjaan kita hingga benar-benar selesai. Dengan begitu, kita pun bisa memiliki sisa hari menyenangkan yang dapat membuat rileks.

3. Punya target dan fokus pada tujuan

Setiap pekerjaan yang dilakukan pasti memiliki target atau tujuan. Tetapkan tujuan kita setiap malam sebelum tidur, atau di pagi hari sebelum mulai beraktivitas.  Pilih waktu dimana kita bisa tenang dan fokus dalam menentukan strategi jangka pendek maupun jangka panjang untuk mencapai tujuan tersebut.

Saat menetapkan target, lalukan sambil membayangkan momen dimana kita sukses mencapainya. Dengan cara ini, kita akan memiliki motivasi kerja dan lebih maksimal dalam mencapai target.

4. Tunjukan rasa tanggung jawab

Tanggung jawab adalah hal yang harus dimiliki setiap orang ketika bekerja. Penilaian akan kedewasan kita salah satunya dinilai dari cara kita bertanggung jawab ketika melakukan kesalahan. Akui kesalahan, minta maaf dan berikan solusi atas kelalaian yang telah dilakukan. Hindari menyalahkan orang lain atau lari dari masalah.

5. Terapkan juga pada kebiasaan kecil

Kebiasaan terbentuk secara otomatis karena telah dilakukan berulang kali sebelumnya. Untuk memiliki kebiasaan disiplin, dapat dimulai dengan melakukan hal-hal positif secara rutin.

Misalnya merapikan tempat tidur sebelum pergi atau membuang sampah pada tempatnya, atau disiplin keuangan dengan mengatur keuangan pribadi. Sikap disiplin akan hal-hal kecil tersebut akan membiasakan diri kita untuk disiplin terhadap hal-hal yang besar.

6. Jangan lupa beri penghargaan

Seperti yang telah disebutkan di atas, menanamkan sikap disiplin tentu bukanlah hal yang mudah. Setelah kita sukses menanamkan sikap disiplin dalam diri, beri imbalan pada diri sendiri untuk membayar seluruh kerja keras yang telah dilakukan.

Pentingnya memiliki disiplin kerja dalam diri

Dalam bekerja, memiliki sikap disiplin adalah sebuah keharusan agar seseorang dapat menjadi pekerja yang baik. Kebanyakan orang pun akan mempercayai orang yang disiplin karena cenderung selalu menepati janjinya. Selain itu, berikut sederet alasan mengapa seseorang harus memiliki sikap disiplin dalam diri:

1. Pekerja yang disiplin adalah pekerja yang profesional

Seseorang dengan sikap disiplin biasanya selalu tepat janji dan dipercaya banyak orang. Selain itu, pekerja yang disiplin cenderung memiliki komitmen tinggi  atas segala sesuatu yang dikerjakan. Dengan sikap seperti ini, atasan dan rekan kerja akan menilai kita sebagai pekerja yang profesional dan bisa menilai bahwa kita layak mendapat bayaran tinggi.

2. Pekerja yang disiplin bisa dengan mudah mempertahankan posisinya

Banyak perusahaan yang melakukan pemutusan hubungan kerja terhadap karyawan yang memiliki isu akan kedisiplinan. Mulai dari terlambat datang hingga tak mampu menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah ditentukan, kurangnya rasa disiplin ini kerap membuat pekerjaan berantakan.

Tentu saja tidak ada perusahaan yang menginginkan pekerja yang tak memiliki sikap disiplin tinggi. Hingga bukan hal yang aneh lagi melihat manajer personalia langsung memutuskan hubungan kerja dengan pegawai nakal seperti ini.

Untuk bisa bertahan dengan posisi kita di perusahaan, penting untuk menjalankan pekerjaan dengan penuh kedisiplinan. Ditambah lagi, sikap disiplin tersebut yang bisa meningkatkan kinerja kita, hingga terbuka pula peluang untuk naik ke level jabatan yang lebih tinggi.

3. Pekerja yang disiplin bisa menyelesaikan pekerjaan dengan mudah

Bekerja dengan sikap disiplin yang tinggi tentu akan mempermudah kita menyelesaikan tugas. Pasalnya, lantaran konsisten  dalam mengerjakan tugas yang diberikan sesuai rencana, kita bisa mengerjakan pekerjaan dengan cepat.

Orang yang disiplin juga cenderung maksimal ketika melakukan sesuatu, sehingga tak ada pekerjaan yang terlantar dan seluruh hasil pekerjaan adalah yang terbaik.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami