Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

8 Cara Membasmi Rayap dari Perabotan Rumah Ini Dijamin Ampuh

by Vera Khairifah on 12 Juli, 2020

Rayap sering menjadi masalah besar yang membuat perabotan di rumahmu rusak. Tak cuma sekali, rayap bisa kembali datang dengan koloninya. Berikut ini cara membasmi rayap dari perabotan rumah yang bisa kamu coba. Simak informasinya!

8 Cara Membasmi Rayap dari Perabotan Rumah Ini Dijamin Ampuh

Mengenal Rayap dan Habitatnya

Rayap adalah salah satu jenis serangga yang masih berada dalam satu ordo dengan kecoak. Hewan dengan nama ilmiah Isoptera ini hidup berkoloni alias berkelompok.

Mirip seperti semut, rayap hidup dengan satu indukan besar atau ratu yang bertelur dalam jumlah yang banyak, sementara anggota lainnya bekerja mencari makan dan membuat sarang.

Hama ini sangat merugikan, karena sering hinggap di perabotan rumah yang berbahan kayu, maupun benda-benda lainnya (seperti buku, kursi, meja, dan lain-lain).

Pada dasarnya, habitat rayap berada di tanah dan tempat-tempat yang lembab. Mereka sangat tidak betah berada di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin.

Ketika koloni rayap menemukan tempat yang cocok untuk dijadikan sarangnya seperti perabotan berbahan kayu yang lapuk atau kurang berkualitas, maka mereka akan menggerogotinya hingga rusak berat.

Tak hanya itu, perabotan rumah yang dihinggapi rayap juga akan beraroma tidak sedap, dan bisa saja timbul jamur yang semakin membuat perabotan akan hancur. Jika sudah begini, cara membasmi rayap sangat wajib kamu ketahui dan segera dilakukan.

Mengapa Rayap Bisa Muncul?

Rayap yang muncul dan hinggap di perabotan sangat mungkin terjadi karena beberapa hal di bawah ini. Cara membasmi rayap harus segera dilakukan agar melindungi benda kesayanganmu di rumah.

  • Lingkungan di sekitar rumah banyak digenangi air, banyak tumpukan ranting atau kayu balok yang lembab, atau ada area rerumputan atau tanah yang lembab.
  • Rumah minim ventilasi, sehingga sangat lembab.
  • Ada bagian perabotan berbahan kayu yang kualitasnya kurang terjamin, lalu diletakkan di area yang lembab.
  • Perabotan berbahan kayu langsung diletakkan menempel dengan lantai atau tembok yang retak atau berlubang.
(Baca Juga: Cara Membuat Pestisida Secara Alami)
Cara Membasmi Rayap

Ada beberapa cara membasmi rayap yang bisa kamu lakukan, di antaranya sebagai berikut:

1. Buka Semua Ventilasi Rumah

Buka Semua Ventilasi Rumah - 8 Cara Membasmi Rayap dari Perabotan Rumah Ini Dijamin Ampuh

Cara membasmi rayap yang pertama adalah dengan membuka semua ventilasi di rumahmu. Jangan biarkan ventilasi tertutup sehingga menghalangi sirkulasi udara, atau sinar matahari yang seharusnya masuk melalui ventilasi justru terhalang oleh tirai yang menutupinya.

Jika kamu merasa jumlah ventilasi rumah kurang memadai sementara perabotanmu banyak, maka ada baiknya untuk memikirkan penambahan jumlah ventilasi di rumah.

2. Jemur Perabotan Di Bawah Sinar Matahari Langsung

Jemur Perabotan Di Bawah Sinar Matahari Langsung - 8 Cara Membasmi Rayap dari Perabotan Rumah Ini Dijamin Ampuh

Kamu sudah menangkap basah rayap sedang asyik merusak perabotanmu? Maka segeralah untuk langsung menjemur perabotan tersebut ke tempat terbuka yang terkena sinar matahari langsung.

Waktu terbaik untuk menerapkan cara membasmi rayap ini adalah siang hari, saat suhu sinar matahari berada di puncaknya. Dijamin, rayap akan langsung kabur dan meninggalkan perabotan tersebut.

Selanjutnya, bersihkan perabotan dengan tisu atau cairan anti-hama, keringkan, dan masukkan kembali ke dalam rumah.

3. Semprot dengan Air Cucian Beras

Semprot dengan Air Cucian Beras - 8 Cara Membasmi Rayap dari Perabotan Rumah Ini Dijamin Ampuh

Siapa sangka, ternyata air cucian beras juga berguna sebagai salah satu cara membasmi rayap. Kamu bisa menyimpan air cucian beras ke dalam botol semprot, lalu semprotkan cairan tersebut ke perabotan atau area yang dihinggapi rayap.

Jangan lupa untuk menyemprotkannya di tempat terbuka yang terkena sinar matahari. Ini adalah cara terbaik, agar rayap lebih cepat terusir.

4. Semprot dengan Asam Borat

Semprot dengan Asam Borat - 8 Cara Membasmi Rayap dari Perabotan Rumah Ini Dijamin Ampuh

Cara membasmi rayap selanjutnya adalah dengen menggunakan senyawa kimia bernama asam borat. Zat ini juga dikenal dengan nama hydrogen borat yang banyak digunakan sebagai insektisida atau pembasmi serangga.

Asam borat dijual bebas di toko kimia dan di pasar online. Cara menggunakannya yakni dengan melarutkan asam borat ke dalam air atau alkohol, lalu tuangkan ke botol semprot. Setelah itu, kamu bisa langsung menyemprotkan ke benda yang diduga dihinggapi rayap.

5. Gunakan Kapur Barus

Gunakan Kapur Barus - 8 Cara Membasmi Rayap dari Perabotan Rumah Ini Dijamin Ampuh

Kapur barus yang biasa digunakan sebagai pengharum lemari atau menghilang jamur juga bermanfaat sebagai pembasmi rayap yang ampuh. Sebab, kapur barus memiliki kandungan naftalena yang sebagai zat anti serangga.

Setelah rayap hilang, kamu disarankan untuk tetap menaruh beberapa kapur barus di sekitaran benda-benda yang rawan lembab. Kapur barus akan menyerap kelembabab dan mencegah timbulnya jamur, sehingga rayap tak akan lagi kembali.

6. Tambal Keramik yang Pecah

Tambal Keramik yang Pecah - 8 Cara Membasmi Rayap dari Perabotan Rumah Ini Dijamin Ampuh

Keramik yang pecah, baik di lantai maupun tembok, akan membuat lubang yang memudahkan rayap untuk masuk ke rumah. Rayap yang sebelumnya berada di tanah akan segera masuk dan mencari spot paling lembab yang bisa dijadikan sarang.

Maka dari itu, cara membasmi rayap yang disarankan adalah dengan segera menambal keramik yang pecah dengan potongan keramik yang baru. Tutup lubang agar rayap tidak jadi ‘mampir’ ke rumahmu.

7. Perbaiki Pipa yang Rusak

Perbaiki Pipa yang Rusak - 8 Cara Membasmi Rayap dari Perabotan Rumah Ini Dijamin Ampuh

Selain soal lubang, pipa air yang rusak juga dapat mengundang rayap menyerbu rumahmu. Hal ini terjadi karena tingkat kelembaban yang ditimbulkan akan lebih tinggi ketika ada tetesan air yang mengalir.

Cek kembali saluran pipa air di rumah, dan perbaiki bila terjadi kerusakan.

8. Buat Suhu Ruangan Menjadi Dingin

Buat Suhu Ruangan Menjadi Dingin - 8 Cara Membasmi Rayap dari Perabotan Rumah Ini Dijamin Ampuh

Jika kamu tinggal di apartemen atau rumah tanpa halaman untuk menjemur perabotan dan benda-benda yang terkena rayap, maka kamu bisa membiarkan benda tersebut tetap di ruangan.

Namun, buatlah suhu ruangan tersebut agar menjadi sangat dingin, berada di suhu terendah yang ekstrim. Gunakan AC dan atur pada titik suhu terendah.

Rayap yang tidak betah dengan suhu dingin akan segera keluar, dan bisa kamu musnahkan dengan semprotan cairan insektisida.

(Baca Juga: 7 Cara Merawat Kendaraan Saat Jarang Digunakan di Tengah Pandemi)
Cara Mencegah Rayap Kembali Datang

Setelah mengetahui cara membasmi rayap, kamu juga harus melakukan tindakan antisipasi agar rayap semakin menjauh dari berbagai perabotan di rumah.

  • Rutin menjemur benda-benda yang rentan lembab
  • Beli perabotan berbahan kayu berkualitas yang anti rayap
  • Jaga suhu ruangan agar selalu sejuk namun kering
  • Selalu buka ventilasi rumah dari pagi hingga sore hari
  • Bersihkan genangan air atau tumpukan kayu dari sekitar rumah
  • Semprotkan tanaman hias di sekitar rumah dengan sedikit cairan anti hama

Itulah dia delapan cara membasmi rayap di rumah yang ampuh. Jika kamu ingin memiliki lindungan terhadap properti beserta benda kesayangan di rumah, kamu disarankan untuk mengajukan asuransi properti pilihan.

Di CekAja.com, tersedia berbagai produk pinjaman yang bisa kamu pilih untuk keperluan membeli perabotan mu. Kami akan membandingkan produk, sehingga kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Pengajuannya pun sangat mudah, karena menggunakan sistem online yang sangat praktis.

Yuk, ajukan pinjaman online dengan mengajukannya lewat CekAja.com.

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast