Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Cara Membayar Listrik dan Cek Tagihan Listrik dengan Mudah

by Kyla Damasha on 18 Mei, 2020

Cara membayar listrik dan cek tagihan listrik sepertinya memang sudah harus diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat. Bagaimana tidak? Di dalam kehidupan sehari-hari, listrik merupakan salah satu komponen terpenting yang membantu produktivitas seluruh umat manusia.

cara membayar listrik dan cek tagihan listrik

Pernahkah kamu membayangkan apa jadinya apabila tidak ada listrik di dalam kehidupan? Dengan hampir seluruh aktivitas yang sudah didukung oleh teknologi serba canggih, sepertinya hidup tanpa listrik akan sangat mustahil untuk dilakukan.

Tetapi, bukan berarti kamu harus menggunakan listrik selama 24 jam penuh lho. Karena, menggunakan listrik secara berlebihan bukan hanya tidak baik untuk bumi kita tercinta, melainkan juga tidak baik untuk anggaran rumah tangga.

(Baca Juga: Masih WFH, Atur Uang Yuk Biar Gak Jebol Bayar Tagihan Listrik)

Oleh karena itu, penggunaan dari kebutuhan pokok satu ini harus benar-benar kamu perhatikan, jangan sampai justru menguras pengeluaran rumah tangga kamu. Nah, maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara membayar listrik dan cek tagihan listrik agar kamu secara pribadi juga bisa mengontrol dan mencegah penggunaan listrik berlebih.

Jenis Pemasangan Listrik

Sebelum kita membahas tentang cara membayar listrik dan cek tagihan listrik, akan lebih baik apabila kita mengetahui tentang jenis pemasangan listrik terlebih dahulu. Dalam hal ini, terdapat dua jenis pemasangan listrik yang ada, yaitu listrik prabayar dan pascabayar.

Listrik prabayar memiliki sistem pembayaran yang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan membeli pulsa atau token. Jadi, dengan menggunakan jenis pemasangan listrik satu ini kamu hanya perlu membeli listrik sesuai dengan nominal yang dibutuhkan saja. Sebagai contoh, kamu hanya butuh Rp50 ribu per bulan.

Nah, jika penggunaan listrikmu sudah melebihi nominal Rp50 ribu, maka secara otomatis listrik akan mati dan kamu harus mengisinya kembali layaknya seperti membeli pulsa ponsel. Sistem ini masih terbilang baru, karena baru diperkenalkan oleh PLN pada tahun 2010 silam.

Sementara itu listrik pascabayar merupakan sistem pemasangan listrik lama yang membayarnya hanya bisa dilakukan setelah penggunaan selama 1 bulan, yang kemudian kamu bisa melihat tagihan berapa nominal yang harus dibayarkan.

Kekurangan dari sistem ini adalah pengguna akan mengalami kesulitan dalam mengontrol penggunaan listrik karena tidak adanya target penggunaan. Jika ingin hemat, maka kamu harus rajin mengecek tagihan. Berbeda dengan listrik prabayar yang mana kamu bisa memasang target penggunaan di awal.

Cara Cek Tagihan Listrik

Jika kamu merupakan pengguna listrik pascabayar, maka terdapat beberapa cara cek tagihan listrik yang bisa dilakukan, yaitu:

1. Via Telepon

Via Telepon - Cara Membayar Listrik dan Cek Tagihan Listrik dengan Mudah

Cara cek tagihan listrik yang pertama adalah dengan melalui telepon. Cara satu ini tergolong sangatlah mudah, yaitu kamu hanya perlu menghubungi customer service PLN di nomor 123 saja. Jika kamu menggunakan ponsel, maka jangan lupa juga untuk menyertakan kode area tempat dimana kamu tinggal.

Sebagai contoh untuk wilayah Jakarta, maka ketik (021) 123. Setelah itu, kamu akan mendengar suara operator dan ikutilah petunjuk yang diarahkan serta tanyakan perihal tagihan listrik. Perlu diketahui untuk melakukan panggilan call center PLN, maka akan dikenakan tarif telepon normal. Namun, cara ini bisa kamu lakukan dimanapun dan kapanpun, mengingat layanan customer service terbuka selama 24 jam.

2. Via SMS

Via SMS - Cara Membayar Listrik dan Cek Tagihan Listrik dengan Mudah

Cara cek tagihan listrik yang selanjutnya adalah dengan melalui SMS. Caranya juga tak kalah gampang dengan menggunakan telepon. Kamu hanya perlu mengirimkan SMS dengan format REK (spasi) No ID Pelanggan dan kirimkan ke 8123. Tetapi, format ini hanya digunakan jika kamu ingin cek tagihan listrik sesekali saja.

Namun jika kamu ingin berlangganan agar tagihan listrik terkirim secara kontinu, maka kamu cukup mengirim SMS dengan format PLN (Spasi) ON (spasi) 12 digit ID Pelanggan, dan kirimkan ke 8123.

Perlu diketahui bahwa mengirim SMS untuk cek tagihan listrik akan dikenakan biaya sebesar Rp500 per SMS dan belum termasuk ppn 10%.

3. Via Email

Via Email - Cara Membayar Listrik dan Cek Tagihan Listrik dengan Mudah

Selanjutnya adalah dengan melalui email. Agar bisa mendapatkan email berupa e-billing yang berisikan nominal tagihan listrik, maka data mu harus terdaftar di e-billing PLN terlebih dahulu. Dahulu kala, kamu hanya perlu melakukan pendaftaran melalui laman resmi PLN.

Namun, dikarenakan adanya perubahan sistem, kamu bisa menanyakan info terbarunya via email di pln123@pln.co.id atau melalui akun media sosial resmi PLN, yaitu Twitter @pln_123 dan Facebook PLN 1.

4. Via Laman PLN Online

Via Laman PLN Online - Cara Membayar Listrik dan Cek Tagihan Listrik dengan Mudah

Nah, cara cek tagihan listrik yang terakhir adalah dengan melalui laman resmi PLN online di https://layanan.pln.co.id/. Caranya yaitu dengan mengakses situs resmi PLN dan masukan email serta kata sandi. Setelah itu, klik “Masuk”. Jika kamu belum memiliki akun, maka kamu diharuskan untuk daftar akun terlebih dahulu.

Jika sudah berhasil masuk, maka seluruh informasi terkait tagihan listrik sudah bisa kamu lihat di layar. Sangat mudah bukan?

(Baca Juga: Cara Menghemat Listrik Paling Efektif Agar Tagihan Tidak Membengkak)
Cara Membayar Listrik

Setelah mengetahui tentang cara cek tagihan listrik, maka selanjutnya kamu juga perlu mengetahui tentang cara membayar listrik, yaitu sebagaimana berikut ini:

1. Via ATM

Via ATM - Cara Membayar Listrik dan Cek Tagihan Listrik dengan Mudah

  • Masukan kartu ke mesin ATM dan masukan PIN.
  • Pilih menu “Pembayaran”.
  • Pilih menu “Listrik/PLN”.
  • Pilih menu “Listrik Pascabayar”.
  • Masukan 12 Digit nomor ID Pelanggan.
  • Kemudian kamu akan melihat seluruh informasi, mulai dari nama pelanggan hingga nominal tagihan yang harus dibayar. Pastikan bahwa informasi yang ada benar.
  • Klik “Bayar” dan langkah cara membayar listrik selesai.
  • Setiap transaksi pembayaran dari mesin ATM biasanya akan dikenakan biaya sekitar Rp3000, namun tentunya disesuaikan pula dengan instansi perbankan masing-masing.
2. Via Bukalapak

Via Bukalapak - Cara Membayar Listrik dan Cek Tagihan Listrik dengan Mudah

  • Buka akun Bukalapak melalui ponsel atau komputer, kemudian pilih opsi “Tagihan Listrik”.
  • Masukan 12 nomor ID Pelanggan atau nomor meter.
  • Klik “Beli” dan lakukan log-in ke akun Bukalapak kamu.
  • Jika kamu belum memiliki akun, maka segera buat akun terlebih dahulu.
  • Ketika membayar tagihan, secara otomatis kamu bisa melihat nominal yang harus dibayarkan, termasuk denda (jika ada).
  • Cara membayar listrik selesai.
3. Via Tokopedia

Via Tokopedia - Cara Membayar Listrik dan Cek Tagihan Listrik dengan Mudah

  • Kunjungi situs atau aplikasi Tokopedia di ponsel ataupun di komputer.
  • Pilih menu “Top-Up & Tagihan”.
  • Pilih menu “Listrik PLN”.
  • Pilih jenis produk listrik yang diikuti dengan memasukan ID Pelanggan dan nominal tagihan yang harus dibayarkan.
  • Setelah itu rincian pembayaran akan muncul secara otomatis. Pastikan bahwa seluruh informasi telah benar.
  • Klik opsi “Bayar”.
  • Pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  • Sistem akan segera memproses pembayaran dan akan mengirimkan notifikasi apabila pembayaran telah sukses dilakukan.
Bayar Listrik Pakai Kartu Kredit

Jadi, apakah kamu sudah tahu tentang cara membayar listrik dan cek tagihan listrik? Agar lebih hemat, kamu juga bisa lho membayar tagihan listrik dengan menggunakan kartu kredit. Sistemnya, pihak bank akan membayarkan tagihan terlebih dahulu yang mana sang pemilik kartu kredit harus membayar setelahnya.

Jika dilihat sekilas, memang seperti tidak ada yang berbeda antara membayar listrik tunai ataupun kartu kredit. Apalagi bahwa kamu juga akan dibebankan dengan biaya administrasi. Tetapi, yang perlu diperhatikan adalah promonya yang menggiurkan.

Pastinya kamu sudah tahu bahwa pengguna kartu kredit biasanya akan mendapatkan berbagai promo menarik yang tidak bisa didapat oleh orang yang tidak memiliki kartu kredit. Tentunya hal ini akan sangat menguntungkan, bukan?

Maka dari itu, jelilah dalam memilih kartu kredit agar kelak bisa kamu gunakan untuk membayar tagihan listrik secara rutin. Nah, jika kamu masih bingung memilih kartu kredit yang tepat, bandingkan dan ajukan saja di CekAja.com!

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda