Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cara Membayar Pajak Kendaraan Tanpa Antre Bagi Warga Jabar

by Miftahul Khoer on 28 Oktober, 2019

Warga Jawa Barat mungkin banyak yang belum tahu bahwa saat ini cara membayar pajak kendaraan bermotor sudah semakin mudah karena tidak perlu datang langsung ke kantor Samsat.

motor matic - CekAja.com
Pemprov Jabar telah melakukan terobosan yang memudahkan para wajib pajak kendaraan bermotor untuk membayarkan pajaknya sambil duduk santai melalui perangkat ponsel pintar. Mau tahu caranya? Kuy langsung simak saja.

Cara Membayar Pajak Kendaraan di Toko Online

Cara membayar pajak kendaraan saat ini kian mudah. Membayar pajak kendaraan di toko online seperti Tokopedia dan Bukalapak sudah diterapkan sejak Januari 2019. Pemprov Jabar sudah bekerja sama dengan kedua situs e-commerce tersebut demi memudahkan warganya dalam membayar pajak kendaraan.

Caranya cukup mudah. Kamu cukup masuk salah satu situs toko online tersebut. Sebagai contoh, kamu akses situs Bukalapak e-Samsat dan masukan nomor rangka kendaraan beserta nomor KTP kamu.

Setelah itu, kamu print bukti bayar, yang dapat ditemukan di email kamu yang terdaftar di Bukalapak. Untuk pengesahan dan pencetakan STNK, kamu bisa datangi salah satu gerai pengesahan STNK (untuk kendaraan non plat-B pengesahan dapat dilakukan di Kantor Cabang Bank BJB, Kantor Samsat wilayah Jawa Barat ataupun Polsek wilayah Jawa Barat yang terpilih.nAdapun, untuk kendaraan plat-B pengesahan dapat dilakukan di Kantor Samsat Depok, Cinere, dan Bekasi), dengan membawa hasil print Bukti Bayar, KTP asli pemilik kendaraan serta STNK asli. Untuk kendaraan plat-B, selain ketiga dokumen tadi juga diperlukan untuk membawa BPKB asli. CekAja telah membuktikan langsung proses pengesahan STNK setelah pembayaran di salah satu situs e-Commerce, rupanya memakan waktu singkat yaitu tidak sampai 30 menit.

(Baca juga: Asyik, Mobil Listrik Bebas Pajak Barang Mewah!)
Cara Membayar Pajak Kendaraan di Aplikasi Sambara

Aplikasi Samsat Mobile Jawa Barat alias Sambara merupakan sebuah inovasi terkini yang dikembangkan oleh Pemprov Jabar yang berfungsi untuk mengecek pajak kendaraan bermotor di wilayah Jabar. Hanya saja aplikasi yang bisa diunduh di Playstore tersebut tidak bisa mengecek nama pemilik atau identitas pemilik kendaraan.

Untuk membayar pajak melalui aplikasi Sambara, syaratnya kamu harus unduh terlebih dahulu aplikasinya. Setelah itu pilih menu info PKB dan masukan plat nomor kamu dan akan muncul informasi kendaraan dan pajak yang harus dibayar. Setelah itu simpan bukti pembayaran untuk pengesahan STNK.

Selain untuk bayar pajak, aplikasi Sambara juga berfungsi untuk mengetahui jadwal dan lokasi Samsat Keliling dan Samsat Gendong di seluruh Jawa Barat.

Cara Membayar Pajak Kendaraan di Bank BJB

Antrean pembayaran pajak kendaraan di Kantor Samsat biasanya cukup membludak. Salah satu solusinya adalah dengan datang ke kantor bank BJB yang biasanya tidak terlalu antre. Hanya saja untuk opsi ini dikhususkan bagi kamu yang tercatat sebagai nasabah bank BJB yang datanya sama dengan yang tertera di STNK dan rekening bank BJB.

Langkah yang perlu kamu lakukan saat membayar pajak kendaraan di bank BJB antara lain masuk ke ATM BJB lalu masuk ke menu Pembayaran. Pilih Pajak/Retribusi Provinsi Jawa Barat dan pilih Pajak Kendaraan dan masuk ke menu pengisian Kode Bayar pada layar ATM.

Langkah berikutnya, masukan 10 angka Kode Bayar di layar ATM tersebut berupa Kode Provinsi + Masa Berlaku Pajak Kendaraan Bermotor kamu. Untuk Jawa Barat kode provinsinya yaitu 32.

Sebagai contoh: 32 (kode provinsi) + 28 Oktober 2019 (tanggal jatuh tempo pajak). Maka kode bayarnya adalah: 32 28 10 2019. Kemudian tekan tombol lanjutkan.

Setelah itu, langkah berikutnya kamu akan memperoleh informasi pada layar ATM jumlah besaran penetapan pajak yang harus dibayarkan. Jika semua data sudah benar sesuai dengan STNK maka kam hanya tinggal melakukan transaksi dengan menekan tombol YA. Berikutnya kamu akan mendapatkan struk bukti pembayaran untuk pengesahan STNK.

Cara Membayar Pajak Kendaraan di Minimarket

Sekarang, membayar pajak kendaraan bermotor bisa dilakukan sambil belanja di minimarket yakni Indomaret dan Alfamart. Langkahnya pun cukup mudah.
-Kunjungi salah satu dari dua minimarket terdekat.
-Bawa STNK motor ataupun mobil yang pajaknya akan dibayar beserta KTP.
-Kasir akan bertanya data dari nomor KTP, nomor polisi kendaraan, nomor rangka kendaraan.
-Jika sudah lengkap datanya, maka nanti akan muncul pajak yang harus dibayarkan.
-Setorkan uang sebesar pajak yang harus dibayar ke kasir minimarket.
-Simpan bukti pembayaran pajak untuk nantinya digunakan sebagai pengesahan di STNK kendaraan bermotor.

Daftar Tempat Pengesahan STNK Samsat Jabar

Setelah kamu membayar pajak kendaraan melalui toko online atau minimarket, tentu kamu perlu melakukan pengesahan dan pencetakan STNK yang baru. Nah, bagi warga Jawa Barat, tempat pengesahan STNK bisa dilakukan di seluruh sentra layanan Samsat Provinsi Jabar dan juga seluruh kantor bank BJB.

(Baca juga: Telat Lapor SPT? Cek 5 Fakta tentang Pajak yang Harus Anda Ketahui!)

Selain itu, khusus buat sebagian warga Bekasi, Depok, Cinere dan Cikarang, kamu cukup datang ke seluruh sentra layanan Samsat Jabar daerah hukum Polda Metro Jaya selambat-lambatnya 30 hari setelah pembayaran. Jangan lupa bawa bukti pembayaran, e-KTP asli, dan STNK asli. Setelah itu, proses pengesahan dan pencetakan STNK yang baru sudah bisa kamu miliki.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.