8 Cara Membersihkan Sepatu Berdasarkan Jenisnya, Shoeslover Wajib Tahu!

Shoeslover, sudah tahu belum kalau ternyata ada beberapa cara membersihkan sepatu berdasarkan jenisnya? Nah kalau belum, berarti kamu wajib banget pantengin informasi CekAja di bawah ini.

Pariwara

Sebagus apapun pakaian yang dikenakan, rasanya kurang afdal kalau belum menggunakan sepatu yang sesuai sekaligus terlihat kinclong.

Ya, sepatu tak ubahnya menjadi alas kaki yang penting untuk dimiliki tiap orang, agar penampilannya kian menarik.

Saking dibutuhkannya, saat ini saja sudah banyak brand lokal maupun internasional yang meluncurkan produk sepatu dengan model yang lebih bervariasi.

Namun seiring dengan modelnya yang kian beragam, bahan yang dipakai untuk membuat sepatu pun tentu mengalami perubahan drastis.

Jika dulu bahan jeans dan kulitlah yang paling booming, kini setidaknya masih ada 5 lagi jenis bahan yang sering digunakan brand ternama untuk membuat sepatu.

Bahan-bahan tersebut tentu memiliki cara khusus untuk merawatnya. Tidak seperti baju, teknik membersihkan sepatu dari satu bahan ke bahan lainnya biasa berbeda, dan belum tentu serupa.

Cara Membersihkan Sepatu Berdasarkan Jenisnya

Nah, agar tidak keliru berikut CekAja bagikan informasi mengenai cara membersihkan sepatu berdasarkan jenisnya. Para shoeslover yuk merapat!

1. Sepatu Bahan Kulit Sintetis

Cara membersihkan sepatu berdasarkan jenisnya yang pertama adalah dengan menggunakan sabun khusus. Cara ini ditujukkan bagi pemilik sepatu berbahan faux leather atau kulit sintetis.

Seperti namanya, sepatu bahan ini tidak menggunakan bahan kulit asli, melainkan terbuat dari bahan sintetis yang merupakan campuran bahan kimia yang diolah pabrik.

Pada sepatu faux leather, pori-pori dari sepatu ini akan tampak lebih rapih dengan jarak yang konsisten. Tidak seperti sepatu berbahan kulit asli yang pori-porinya tampak tidak beraturan.

Nah seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, sepatu faux leather ini hanya bisa dibersihkan dengan sabun khusus kulit saja, agar pemakaiannya awet.

Kamu dapat mengaplikasikan sabun dengan mengoleskannya terlebih dulu pada kain lap yang sudah dibasahi sedikit air.

Gosok secara perlahan pada sepatu dan usahakan untuk tidak memakai deterjen.

Perhatikan pula kadar air yang dipakai untuk membasuh sepatu, jangan sampai air masuk ke bagian dalam sepatu ya.

(Baca Juga: 8 Tips Membersihkan Sepatu Putih)

2. Sepatu Bahan Kanvas

Cara membersihkan sepatu bahan kanvas juga sangat mudah. Bahkan kamu tak perlu membawanya ke tempat cuci sepatu.

Bahan kanvas adalah salah satu bahan yang paling sering digunakan untuk membuat sepatu.

Bahan ini terbuat dari bahan kain ringan, sehingga sirkulasi udaranya baik dan tidak gampang berbau.

Saat membersihkan sepatu berbahan kanvas terlebih dulu kamu harus melepas tali sepatunya. Kemudian siapkan air hangat, sikat berbulu halus, dan sabun cuci piring.

Celupkan sepatu ke dalam ember berisi air hangat, lalu tunggu beberapa sesaat. Gosok sepatu secara perlahan dengan sikat dan sabun cuci piring.

Kamu bisa memulainya dengan menggosok bagian dalam lalu diakhiri dengan bagian terluar.

Ingat, jangan sampai tertukar, karena biasanya bagian paling kotor dari sepatu adalah bagian luarnya.

Terakhir, bilas dengan air mengalir lalu keringkan di tempat terbuka atau setidaknya terkena cahaya matahari.

3. Sepatu Bahan Kulit Asli

Berikutnya cara membersihkan sepatu berdasarkan jenisnya adalah dengan menggunakan sabun khusus kulit. Cara ini baik diaplikasikan pada sepatu berbahan kulit asli.

Membersihkan sepatu berbahan kulit asli atau genuine leather bisa dibilang lebih ribet ketimbang bahan kulit sintetis.

Pasalnya, yang kamu butuhkan untuk membersihkan sepatu bahan ini bukan hanya sabun khusus lho.

Kalau terdapat noda membandel, kamu mesti membersihkannya dengan sabun khusus tersebut, kemudian bilas hingga kering.

Setelahnya pun, kamu dianjurkan untuk mengaplikasikan semir berbahan silikon dengan warna yang menyerupai sepatumu.

Tujuannya sendiri agar nantinya sepatu tampak mengkilap seperti baru.

Beda halnya jika noda yang menempel hanya berupa serpihan. Kamu hanya perlu menggunakan kain lap yang lembut dan sedikit air, lalu oleskan di bagian yang kotor itu.

4. Sepatu Bahan Suede

Suede adalah salah satu bahan sepatu yang terbuat dari kulit sapi. Meski populer, sepatu bahan ini juga paling sering dihindari oleh konsumen karena sifatnya yang tricky.

Sedikit saja terkena noda apalagi noda yang membandel, kamu benar-benar harus membersihkannya dengan cairan khusus ataupun cuka, serta sikat halus. Jika tidak, maka kemungkinan sepatu bisa cepat rusak.

5. Sepatu Bahan Denim

Cara membersihkan sepatu berdasarkan jenisnya yakni bahan denim, sebetulnya hampir serupa dengan sepatu berbahan kanvas.

Bahan ini sendiri sering digunakan oleh produsen alas kaki untuk membuat sneaker.

Sepatu bahan denim biasanya bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan sikat berbulu halus, deterjen atau sabun cuci piring, dan air hangat.

Apabila tercium aroma tak sedap pada bagian dalam sepatu, kamu bisa mencampurkan sedikit bubuk baking soda dalam larutan pembersih, lalu bersihkan hingga aroma tersebut hilang.

6. Sepatu Bahan Patent Leather

Patent leather termasuk jenis bahan sepatu kulit. Bahan ini memiliki lapisan yang mengkilap dan biasanya sering digunakan untuk membuat sepatu wanita.

Untuk membersihkannya, sepatu bahan patent leather tergolong praktis. Cukup gunakan petroleum jelly dan kain lap, maka sepatu akan tampak mengkilap kembali.

7. Sepatu Bahan Nubuck Leather

Meski terlihat mirip, namun bahan yang digunakan pada sepatu nubuck leather jelas berbeda dibandingkan sepatu bahan suede.

Pada nubuck leather, material yang digunakan adalah kulit jenis Full Grain dengan tingkat ketahanan yang kuat dan awet pemakaian. Sehingga tak heran kalau harganya jauh lebih mahal ketimbang sepatu suede.

Walau begitu, untuk pembersihannya, baik sepatu nubuck leather maupun suede sama-sama menggunakan sikat dan cairan khusus.

(Baca Juga: 10 Brand Sepatu Lokal yang Tak Kalah Bagus)

8. Sepatu Bahan Beludru

Terakhir cara membersihkan sepatu berdasarkan jenisnya adalah dengan menggunakan sikat gigi berbulu halus dan sabun cuci piring.

Cara ini dapat digunakan untuk membersihkan sepatu berbahan beludru.

Serupa dengan sepatu suede, sepatu bahan beludru juga jarang direkomendasikan untuk dibeli karena perawatannya yang dianggap sulit.

Padahal, untuk membersihkan sepatu beludru itu mudah. Kamu hanya membutuhkan sikat gigi berbulu lembut dan sabun cuci piring.

Sikat sepatu secara perlahan dengan sedikit tetesan larutan dari sabun cuci piring tersebut. Keringkan sepatu seperti biasa dan gunakan produk pelindung sepatu khusus bahan beludru.

Nah, itu dia informasi mengenai cara membersihkan sepatu berdasarkan jenisnya. Untuk pembelian produk pembersihannya sendiri, kamu bisa mendapatkannya melalui e-commerce.

Kemudian lakukan transaksinya dengan kartu kredit agar lebih hemat.

Nah kalau kamu belum memiliki kartu kredit, setelah membaca artikel ini, kamu bisa langsung apply kartu kredit dari CekAja.com.

CekAja memiliki beragam produk kartu kredit dari mitra bank terbaik.

Kamu juga bisa membandingkan dulu mana kartu kredit yang sekiranya sesuai kebutuhan dan gaya hidupmu.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, miliki kartu kredit dari CekAja.com sekarang juga, dan nikmati beragam promo terbarunya.

Pariwara