Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Cara Membuat Bakso Kenyal Dijamin Enak Anti Gagal

by Vera Khairifah on 2 Agustus, 2020

Cara membuat bakso kenyal tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada resep rahasia yang harus kamu ketahui. Agar bakso buatanmu memiliki tektur yang kenyal serta rasa yang enak, simak tips dan cara membuat bakso kenyal berikut ini.

Cara Membuat Bakso Kenyal Dijamin Enak Anti Gagal

Sejarah Panjang Bakso

Sejarah Panjang Bakso - Cara Membuat Bakso Kenyal

Bakso adalah makanan campuran daging dengan tepung yang dibentuk menjadi bulat-bulatan yang direbus dengan kuah gurih. Makanan ini dikenal secara luas oleh warga dunia.

Mulai dari negara-negara di Benua Asia hingga negara-negara Barat. Sebutan meatball lebih populer, meskipun cara penyajiannya di masing-masing negara mungkin saja berbeda.

Bakso rupanya memiliki sejarah yang sangat panjang. Bermula dari negara Tiongkok di masa Dinasti Ming (tahun 1368-1644), seorang anak bernama Meng Bo sangat ingin memberikan makanan berbahan dasar daging pada ibunya yang sudah tua renta.

Dirinya mencari ide agar masakan daging bisa dikunyah sang ibu dengan lebih mudah. Karena teringat dengan panganan moci yang berukuran bulatan kecil dan memiliki tekstur kenyal, maka Meng Bo mencoba membuat bakso.

Daging babi ditumbuk halus dan dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil, lalu direbus menggunakan kuah gurih yang juga diberi kaldu. Akhirnya resep ini pun menyebar dengan luas dan menjadi populer. Cara membuat bakso kenyal pun banyak dicari tahu oleh khalayak.

Di Indonesia, bakso diperkirakan muncul sejak zaman dahulu berkat pengaruh budaya Tiongkok. Keturunan Tiongkok-Indonesia yang terus menurunkan warisan masakannya membuat bakso tak asing di negeri ini.

Kemudian, sebagian pengamat sejarah juga meyakini bahwa ada pengaruh bangsa Belanda yang dulu menduduki Indonesia. Mereka juga terbiasa mengonsumsi masakan bernama meatball yang disajikan bersama pasta dan saus yang creamy.

Kini, bakso menjadi makanan khas Indonesia yang sangat mudah ditemui di hampir semua daerah, dan disukai banyak orang. Bakso disajikan dengan mie kuning, bihun, kuah berkaldu, serta bahan dan bumbu tambahan lainnya yang sangat sedap.

Ada berbagai jenis bakso yang dibedakan berdasarkan bahan pembuatnya, yakni bakso sapi, bakso ayam, bakso udang, dan bakso babi. Namun, karena mayoritas warga Indonesia beragama Islam, maka bakso yang lebih populer adalah bakso sapi.

(Baca Juga: Cara Menyimpan Daging di Kulkas Agar Awet, Segar, dan Anti Bau)
Tips Rahasia Membuat Bakso Kenyal

Tips Rahasia Membuat Bakso Kenyal

Kepopuleran bakso sebagai makanan yang laris manis dibeli konsumen sayangnya malah membuat kecurangan para penjual nakal bermunculan. Bakso dibuat dengan bahan non-halal tanpa pemberitahuan, serta diberi bahan berbahaya yang membuat bakso menjadi kenyal seperti boraks.

Maka dari itu, cara membuat bakso kenyal wajib kamu ketahui. Sebab, bagaimanapun juga, masakan yang dibuat sendiri akan lebih sehat dan aman dikonsumsi.

Dan buat kamu yang ingin mencari peluang usaha, cara membuat bakso kenyal ini juga bisa kamu terapkan untuk membuat bakso yang bikin nagih pembeli. Dalam pembahasan mengenai cara membuat bakso kenyal kali ini, jenis bakso daging sapi lah yang akan kita buat.

Berikut ini rahasia utama dalam cara membuat bakso kenyal:

  • Pilih Daging yang Segar

Rahasia cara membuat bakso kenyal yang pertama adalah dengan memilih daging sebagai bahan dasar bakso yang berkualitas terbaik dan segar.

Kesegaran daging sangat mempengaruhi tingkat kekenyalan bakso yang nanti akan dibuat. Kamu bisa membeli daging utuh atau daging giling. Untuk daging utuh, sebaiknya nanti dihaluskan dengan food processor agar daging menjadi sangat halus.

  • Campurkan dengan Daging Ayam

Siapa bilang bahan baku bakso kenyal hanya menggunakan daging sapi saja? Rupanya, rahasia cara membuat bakso kenyal lainnya terdapat pada perbandingan pas antara daging sapi dan daging ayam.

Daging ayam akan membuat bakso menjadi lebih kenyal dan rasa gurihnya pas. Gunakan perbandingan 2:3 untuk daging ayam dan daging sapi. Jadi, misalnya kamu ingin memasak dengan 500 gram daging, maka gunakan perbandingan 200 gram daging ayam dan 300 gram daging sapi.

  • Bisa Tambahkan Agar-agar Tanpa Rasa

Sebagian pemasak bakso juga menyarankan pemberian bubuk agar-agar tanpa rasa (plain) sebagai rahasia cara membuat bakso kenyal. Satu bungkus bubuk agar-agar dicampurkan saat daging akan diadonkan dengan tepung tapioka.

(Baca Juga: 10 Cara Memasak Daging Biar Empuk Ini Hemat Gas dan Listrik!)
Bahan-Bahan Membuat Bakso Kenyal

Cara Membuat Bakso Kenyal

Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat bakso kenyal:

  • 300 gram daging sapi halus yang sudah digiling
  • 200 gram daging ayam halus yang sudah digiling
  • 10 sendok makan tepung tapioka
  • 2 buah putih telur
  • 2 siung bawang putih, cincang sampai halus
  • 2 siung bawang merah, iris tipis lalu goreng dan haluskan
  • 1/2 sendok makan garam
  • 1 sendok teh gula
  • 1/2 sendok teh lada
  • 2 sendok teh baking powder
  • 1 bungkus agar-agar tanpa rasa (optional)
Cara Membuat Bakso Kenyal

Berikut ini cara membuat bakso kenyal yang mudah dilakukan di rumah:

1. Giling Daging

Cara membuat bakso kenyal yang pertama adalah menggiling dan memastikan daging sudah sangat halus. Kamu bisa menggunakan food processor atau menumbuk daging secara manual dengan mencincang daging terlebih dulu.

2. Campur Daging Giling dengan Putih Telur

Daging yang sudah digiling halus kemudian dicampurkan dengan putih telur. Pastikan daging giling dan putih telur diaduk merata menggunakan food processor atau diremas-remas dengan tangan yang bersih.

3. Masukkan Bumbu

Cara membuat bakso kenyal selanjutnya adalah memasukkan berbagai bumbu yang sudah disiapkan sebelumnya ke dalam daging giling. Seperti garam, gula, lada, baking powder, bawang putih cincang dan bawang merah goreng yang sudah dihaluskan. Campur semuanya dengan rata.

4. Tambahkan Tepung dan Agar-agar

Kemudian, masukkan tepung tapioka perlahan-lahan ke dalam adonan daging giling. Masukkan sedikit demi sedikit, dan aduk terus adonan hingga merata.

Di sela-sela kamu memasukkan tepung, masukkan juga satu bungkus agar-agar bubuk. Terus uleni adonan hingga tercampur menjadi satu.

5. Masukkan Adonan ke Lemari Es

Langkah kelima, masukkan adonan daging ke dalam lemari es pada bagian chiller selama 1 sampai 3 jam. Diamkan dulu, lalu keluarkan dan adonan pun siap dibentuk menjadi pentol atau bulatan-bulatan.

6. Bentuk Pentol Bakso dan Rebus

Jika adonan sudah dikeluarkan dari lemari es, maka cara membuat bakso kenyal selanjutnya adalah membentuk bakso menjadi pentol-pentol bulat. Tidak ada ukuran pasti, kamu bisa membentuk sesuai selera.

Hanya saja, pastikan semua bentuk sama rata agar matang di waktu yang bersamaan pula. Siapkan air yang direbus mendidih di dalam sebuah panci, lalu masukkan pentol dan rebus selama beberapa saat.

7. Angkat Bakso

Jika bakso sudah mengapung ke permukaan air rebusan, maka ini tandanya bakso sudah matang dan sap diangkat. Angkat dan tiriskan bakso ke wadah kering. Kamu bisa kembali menghangatkannya ke dalam air rebusan secara mendadak sebelum mengonsumsinya.

8. Sajikan dengan Kuah dan Mie

Cara membuat bakso kenyal sudah selesai. Kini saatnya bakso siap dihidangkan denga kuah rebusan bakso yang sudah terasa gurih, serta mie kuning atau bihun. Tambahkan garam, penyedap rasa, lada, daun seledri dan taoge sebagai pelengkap sesuai selera. Bakso kenyal pun siap disajikan!

Mau Buka Usaha Jual Bakso? Ajukan KTA Sebagai Tambahan Modal

Terapkan cara membuat bakso kenyal ini untuk sajian di rumah untuk keluarga atau juga bisa menjadi ide usaha rumahan. Kini, kamu tak perlu pusing memikirkan tambahan modal usaha bakso karena Kredit Tanpa Agunan (KTA) semakin mudah diajukan.

Melalui CekAja.com, berbagai produk KTA bisa kamu bandingkan dan pilih sesuai dengan kebutuhan. Cicilan ringan, suku bunga kompetitif, dan yang paling penting, kamu tak perlu menjaminkan aset apapun untuk mendapatkan dana pinjaman ini.

Prosesnya pun mudah karena melalui sistem online yang ada di CekAja.com. jadi, kamu tak perlu repot-repot ke luar rumah mengunjungi kantor penyedia pinjaman, apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Petugas customer service dan kurir kami siap membantu kamu.

Yuk, bandingkan dan ajukan sekarang juga!

Tentang Penulis

Vera Khairifah

A content writer and socmed enthusiast