Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

13 menit waktu bacaan

Cara Membuat dan Mengajukan Visa Amerika Serikat untuk Pelajar

by Kyla Damasha on 4 November, 2019

Amerika Serikat merupakan salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Bagaimana tidak? Hampir sebagian universitas-universitas terkemuka di dunia berada di negara Paman Sam tersebut. Nah, dikarenakan hal inilah banyak mahasiswa, khususnya mahasiswa Indonesia yang mencita-citakan agar dapat menuntuk ilmu disana. Namun, terkadang mempersiapkan studi ke Amerika Serikat sering kali tidak semudah yang kita kira.

cara membuat dan mengajukan visa amerika serikat

Pastinya kamu akan menemukan berbagai kendala di dalam proses persiapan, salah satunya yaitu kendala dalam cara membuat dan mengajukan Visa Amerika Serikat itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan, tanpa visa kamu dapat dipastikan tidak akan bisa menginjakan kaki di negara dengan patung Liberti itu.

Bagi yang belum tahu, sebenarnya apa sih fungsi dari visa itu sendiri? Padahal kamu juga sudah memiliki passport. Visa adalah sebuah dokumen yang dikeluarkan oleh sebuah negara yang ditujukan sebagai izin masuk ke negara tersebut, dalam periode atau waktu tertentu. Visa memiliki jenis yang beraneka ragam, mulai dari visa liburan, bekerja, hingga visa yang akan kita bahas kali ini, yaitu mengenai visa pelajar.

Perlu diingat bahwa visa dan passport merupakan dua hal yang berbeda. Apabila passport hanya digunakan sebagai identitas saja yang memiliki fungsi tak jauh dari KTP sebagai warga negara, Visa memiliki fungsi sebagai ‘tiket masuk’ yang harus kamu miliki sebelum menginjakan kaki di negara yang dituju.

Untuk cara membuat dan mengajukan Visa Amerika bagi pelajar, terkadang bisa menjadi proses yang sangat mudah. Hal tersebut dikarenakan Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang sangat menyambut kedatangan dari para pelajar asing, khususnya pelajar Indonesia. Mulai dari fasilitas beasiswa hingga pertukaran pelajar sering kali dikerahkan oleh Amerika untuk dapat menarik minat para pelajar Indonesia.

Nah, bagi kamu yang saat ini tengah mempersiapkan studi ke Amerika Serikat, yuk ketahui dulu cara membuat dan mengajukan visa Amerika Serikat untuk pelajar.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat dan Mengajukan Visa Amerika Serikat untuk Pelajar

Sebelum kita mengarah ke cara membuat dan mengajukan visa Amerika Serikat untuk Pelajar itu sendiri, perlu diingat bahwa kamu juga harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu. Hal-hal yang perlu dipersiapkan yaitu adalah:

1. Cari Tahu Visa yang Kamu Butuhkan

Setiap negara memiliki peraturan imigrasi yang berbeda-beda, sebagai contoh seperti negara Australia yang membagi visa pelajar menjadi beberapa sub-class sesuai dengan program yang akan mereka ikuti, dan mungkin hal tersebut juga akan berbeda dengan membuat dan pengajuan visa di Amerika Serikat.

Untuk di Amerika itu sendiri, terdapat dua jenis visa pelajar, yaitu visa F-1 yang merupakan visa pelajar paling umum. Apabila kamu ingin berkuliaj, sekolah SMA, atau menjalankan program bahasa Inggris di AS, maka kamu bisa mengajukan jenis visa F-1 ini. Poin penting yang harus kamu ketahui ketika mengajukan visa F-1 adalah, jika jam belajarmu melebihi 18 jam per minggu, maka kamu wajib mengajukan visa jenis ini.

Sedangkan jenis kedua yaitu visa M-1. Jenis visa satu ini hanya diperuntukan bagi para peneliti non akademis ataupun kejuruan serta yang akan melakukan pelatihan di salah satu institusi yang ada di AS.

(Baca Juga: Cara Mudah Membuat dan Mengajukan Visa Jepang untuk Liburan)

2. Skor Tes Bahasa Inggris

Amerika Serikat merupakan negara dengan memiliki bahasa utama yaitu bahasa Inggris. Maka, kemampuan berbahasa Inggris yang kamu miliki sangatlah penting dan sebagai penentu apakah pengajuan visa Amerika Serikat mu akan diterima atau tidak. Sebenarnya bukan hanya untuk mengajukan visa pelajar saja, ketika kamu akan mendaftar di salah satu universitas di Amerika Serikat pun, skor tes bahasa Inggris menjadi salah satu penentu mengenai apakah kamu akan diterima di universitas tersebut atau tidak.

Maka dari itu, persiapkanlah skor tes bahasa Inggrismu sebaik-baiknya. Untuk saat ini, ada dua tes bahasa Inggris yang sangat diperhitungkan di ranah internasional, yaitu TOEFL dan IELTS. Meskipun setiap institusi bisa saja berbeda-beda, namun setidaknya kamu harus memiliki salah satu sertifikat dari dua skor tes bahasa Inggris yang ada tersebut.

Selain itu, perlu diingat bahwa masing-masing sertifikat hanya berlaku 2 tahun saja sejak sertifikat tersebut diterbitkan. Untuk mencari tahu kira-kira jenis skor bahasa Inggris apakah yang menjadi kualifikasi, janganlah sungkan untuk mencari tahu melalui situs-situs universitas yang kamu inginkan atau bahkan menghubung pihak universitas secara langsung. Biasanya, pihak universitas akan memiliki bagian khusus yang memang bertugas dalam membantu para pelajar internasional dalam mengurus visa mereka.

3. Halaman Kosong

Jangan lupa untuk memastikan bahwa kamu masih memiliki 4 hingga 6 halaman kosong di dalam passport kamu ketika mengajukan visa. Karena biasanya, visa yang kamu ajukan akan ditempelkan di passport dan membutuhkan sekitar 2 lembar halaman kosong. Jika passport kamu tidak memiliki halaman kosong yang tersisa, maka tidak menutup kemungkinan pengajukan visa akan ditunda hingga kamu memperbaharui passport, dan tentunya hal tersebut akan memakan waktu yang sedikit lama.

4. Peraturan Passport dan Foto

Ada beberapa negara yang memiliki kriteria khusus dalam latar belakang foto dan sebagainya. maka dari itu, perhatikanlah kriteria dari passport dan foto negara tujuanmu. Mungkin terdengar cukup sepele, namun hal ini juga akan mempengaruhi mengenai apakah pengajuan visamu akan diterima atau justru ditolak.

5. Biaya Pengajuan Visa

Salah satu cara membuat dan mengajukan visa Amerika Serikat yang harus kamu ketahui yaitu mengenai perihal biaya. Perlu diingat bahwa biaya pengajuan visa tidaklah murah, sehingga kamu juga perlu mempersiapkan dana khusus yang memang diperuntukan sebagai biaya pengajuan visa. Biaya pelunasan visa biasanya harus segera dilunasi ketika kamu menyerahkan formulir.

Meskipun biaya pengajuan visa Amerika Serikat ditulis dengan menggunakan mata uang dollar, tetapi kamu harus membayarnya dengan menggunakan mata uang loka. Biaya visa pelajar Amerika Serikat untuk saat ini sekitar $160 atau sebesar Rp. 2,320,000 yang dimana harus segera kamu lunasi ketika pengembalian formulit.

6. Daftar Sedini Mungkin

Pengurusan visa pelajar biasanya membutuhkan waktu sekitar 2 hingga 3 minggu. Tentu akan menjadi masalah apabila pengurusan visa justru belum tuntas ketika sudah waktunya kamu berangkat. Untuk itu, Pastikan bahwa kamu mendaftar visa seawal mungkin seluruh proses telah selesai sebelum tanggal keberangkatanmu.

7. Terjemahan

Ketika mengajukan visa Amerika Serikat, seluruh dokumen yang diperlukan harus diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Beberapa konsulat menyediakan jasa penerjemahan, tentu itu harus dilakukan setidaknya sebelum kamu mulai menyerahkan formulis pengajuan visa. Maka dari itu, masih berhubungan dengan poin sebelumnya mengenai pengajuan visa yang harus dilakukan sedini mungkin, menerjemahkan dokumen juga membutuhkan waktu.

Sehingga, agar persiapan keberangkatanmu ke Amerika Serikat tidak dipenuhi dengan kepanikan karena serba kepepet, segeralah berkunjung ke konsulat yang menyediakan jasa terjemahan dokumen sesegera mungkin.

8. Fotokopi

Jangan lupa untuk memastikan bahwa hasil fotokopi dokumenmu tercetak secara jelas. Apabila kamu masih kurang yakin, jangan sungkan untuk meminta petugas dalam mengecek apakah hasil fotokopi yang kamu serahkan sudah tercetak secara jelas atau belum. Jika terdapat kekurangan, maka segeralah dilengkapi saat itu juga.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk menyimpan seluruh dokumen salinan yang dibutuhkan dalam pengajuan visa, termasuk fotokopi formulir pengajuan yang telah dilengkapi sebagai bukti dan pegangan, apabila suatu saat dibutuhkan.

9. Mempersiapkan Diri untuk Wawancara

Hal yang terakhir perlu kamu persiapkan ketika mengajukan visa yaitu sesi wawancara, khususnya mengenai universitas dan program pilihanmu. Sebaiknya, kamu lebih fokus kepada tujuan pendidikan, dibandingkan keinginan untuk menetap dan bekerja disana setelah lulus. Selain itu, jangan ragu juga untuk menjawab seluruh pertanyaan dengan tegas dan yakin.

(Baca Juga: Yuk Keliling Dunia, Ini 70 Negara Bebas Visa Untukmu!)

Syarat Pengajuan Visa Pelajar Amerika Serikat

Sama halnya seperti membuat passport, salah satu cara membuat dan mengajukan visa Amerika Serikat untuk pelajar yaitu dengan menyerahkan formulir permohonan. Tidak hanya itu saja, kamu juga perlu menyerahkan passport, pas foto, dan tanda terima. Selain itu, beberapa dokumen pendukung lainnya yang kamu butuhkan yaitu:

  • Formulir 1-20 yang telah disetujui oleh program pendidikan AS
  • Dokumen yang mampu menunjukan kemampuan finansial, sosial, serta ikatan keluarga di Indonesia
  • Bukti pojong pajak penanggung, slip gaji penanggung, rekening koran penanggung
  • Kartu keluarga
  • Dokumen pendukung lainnya
  • Dokumen akademik yang berhubungan dengan persiapan pendidikan
  • Salinan asli transkrip terlegalisir
  • Sertifikat EBTA (A-Level, O-Level, dan sejenisnya)
  • Nilai tes standar bahasa (SAT, TOEFL, dan sejenisnya)
  • Ijazah terakhir
Cara Membuat dan Mengajukan Visa Amerika Serikat

Setelah kamu mempersiapkan berbagai dokumen yang dibutuhkan, maka sudah saatnya kamu mengetahui dan mengikuti langkah-langkah cara membuat dan mengajukan visa Amerika Serikat untuk pelajar. Nah, bagaimana sih cara membuat dan mengajukan visa Amerika Serikat itu sendiri?

1. Membayar Biaya Pengajuan Visa non-Imigran

Berbeda dengan pengurusan visa di negara lain, khusus untuk cara membuat dan mengajukan visa Amerika Serikat kamu harus melakukan pembayaran biaya visa terlebih dahulu, sesuai dengan jenis visa yang diinginkan. Untuk mengajukan visa pelajar, kamu membutuhkan biaya sebesar $160 atau yang diubah menjadi mata uang rupiah sesuai dengan kurs yang berlaku pada saat tanggal keberangkatanmu. Selain itu, kamu juga perlu mencetak formulir pembayaran visa yang bisa kamu dapatkan di situs resmi Kedutaan Besar Amerika Serikat Jakarta.

Perlu diingat bahwa pembayaran visa tidak dapat dilakukan di bank mana saja, melainkan harus melalui bank yang telah ditunjuk sebagai rekanan oleh Kedutaan Besar Amerika Serikat. Selain itu, kebijakan pembayaran biaya visa bisa saja mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Maka dari itu, jangan lupa juga untuk mencari tahu kebijakan pembayaran biaya visa yang sesuai dengan tahun keberangkatanmu.

Cara membuat dan mengajukan visa Amerika Serikat yang pertama kali harus kamu lakukan yaitu dengan datang ke bank rekanan Kedutaan Besar Amerika Serikat terdekat dari tempatmu bekerja atau tinggal. Setelah itu, petugas keamanan akan memberikanmu selembar slip “USA MRV Fee” yang harus diisi secara lengkap, sebelum diserahkan ke teller bersamaan dengan formulir yang telah kamu cetak beserta sejumlah uang yang dimasukan kedalam amplop.

Satu hal yang perlu diketahui, biaya pembayaran visa tidak refundable, dalam arti ialah apabila pengajuan visa ditolak, maka kamu harus rela kehilangan uang tersebut. Jika ingin mengajukan visa kembali, maka kamu harus membayar biaya visa lagi.

2. Melengkapi Aplikasi Visa Elektronik

Cara membuat dan mengajukan visa Amerika Serikat selanjutnya yang harus kamu lakukan yaitu dengan mengisi aplikasi visa online. Form aplikasi itu sendiri juga bisa kamu dapatkan melalui situs resmi Kedutaan Besar Amerika Serikat Jakarta. Pertama, kamu harus memiliki lokasi dimana tempat kamu akan mengajukan visa tersebut.

Untuk Indonesia, pengajuan visa dapat dilakukan di Jakarta dan Surabaya. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk mengunggah foto digital. Pastikan bahwa foto terlihat jelas, yang menunjukan kondisi wajah paling lama enam bulan terakhir. Kemudian klik ‘Start an Application’, dan kamu akan mendapatkan Application ID yang pada nantinya akan kamu gunakan selama mengikuti cara membuat dan mengajukan visa Amerika Serikat.

Setelah itu, aplikasi akan memberikanmu sebuah pertanyaan berupa security question yang dapat kamu pilih sendiri. Catatlah Application ID ini ditempat yang aman beserta security question tersebut, karena kedepannya kamu akan menggunakan dua hal tersebut untuk log in ke dalam aplikasi.

Selanjutnya klik ‘continue’ dan kamu akan masuk ke halaman pertama aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant. Tidak jauh berbeda dengan pengisian formulit pada umumnya, kamu juga akan diminta untuk mengisi beberapa data pribadi secara lengkap dan rinci, seperti informasi personal, alaman dan nomor telefon yang bisa dihubungi, passport, travel yang akan menanyaimu mengenai tujuan keberangkatan ke Amerika Serikat, travel companion yang bertanya seputar orang-orang yang akan berangkat bersamamu ke AS, previous U.S. Travel yang bertanya mengenai pernah atau tidaknya kamu berangkat ke AS, U.S. Contact yang bertanya mengenai kontak yang dapat dihubungi di AS, Family seputar keluarga, work/education/training yang bertanya seputar latar belakang pendidikan dan karir, hingga security and background yang akan memberikan pertanyaan berhubungan dengan keamanan dan keselamatan di Amerika Serikat.

(Baca Juga: Liburan Akhir Tahun Sekeluarga? Kunjungi 4 Negara Bebas Visa Ini)

3. Membuat Jadwal Wawancara Online

Setelah mengisi seluruh data diri secara lengkap dan jelas, maka cara membuat dan mengajukan visa Amerika Serikat selanjutnya yaitu membuat jadwal wawancara di Kedutaan Besar Amerika secara online. Perlu diingat bahwa jadwal wawancara paling cepat yaitu dijadwalkan dua hari setelah aplikasi di-submit secara online.

Namun, ketika membuat jadwal wawancara, kamu juga diharuskan mendaftar dan mengisi beberapa data yang dibutuhkan, yaitu sebagai berikut:

  • Memilih jenis visa yang diinginkan, immigrant atau non immigrant
  • Memilih tempat wawancara, Jakarta atau Surabaya
  • Memilih kategori visa yang diinginkan, business, crew (ship/aircraft), working, atau studying.
  • Memilih kelas visa yang diinginkan. Untuk visa pelajar, maka kamu bisa memilih antara F-1 dan M-1.
  • Mengisi data personal yang meliputi data passport dan data diri.
  • Menambah daftar nama, apabila ada anggota keluarga atau grup yang ingin mengurus visa bersamaan denganmu.
  • Menjawab beberapa pertanyaan singkat, seperti: “Apakah kamu pemegang passport Indonesia?”, “Apakah kamu lebih muda dari 14 tahun?”, dan masih banyak lagi.
  • Selanjutnya yaitu menentukan alamat pengiriman visa Amerika (apabila nanti disetujui). Pemohon dapat memilih lokasi pengiriman baik itu ke kantor, rumah, atau diambil sendiri di alamat pengambilan tertentu.
  • Langkah terakhir dalam cara membuat dan mengajukan visa Amerika Serikat ialah dengan meng-input bukti pembayaran biaya visa yang telah kamu lakukan sebelumnya.
  • Setelah itu, klik “continue” yang akan membawamu ke halaman “Schedule Consular Appointment” yang dimana kamu bisa memilih tanggal wawancara yang diinginkan. Wawancara dapat dilakukan setiap hari kerja, diadakan dalam dua sesi wawancara, yaitu pada pukul 07.00 dan pukul 09.00. Setelah memilih jadwal yang dirasa lebih nyaman, klik “Appointment Confirmation” yang bisa langsung kamu cetak.
4. Membuat Dokumen yang Akan dibawah Pada Saat Wawancara

Di hari wawancara, kamu harus membawa beberapa dokumen yang dibutuhkan. Ada yang bersifat wajib, namun juga ada yang hanya dijadikan sebagai dokumen pelengkap. Nah, dokumen wajib yang dibutuhkan yaitu:

  • Passport dengan masa berlaku minimal enam bulan
  • Tanda bukti pembayaran dari Bank
  • Foto ukuran 5×5 dengan latar belakang putih
  • Formulir konfirmasi pengisian Aplikasi Visa Elektronik Non-Immigrant
  • Formulir “Appointment Confirmation

Agar terkesan lebih meyakinka, maka ada baiknya untuk melengkapi dokumen wajib dengan dokumen pendukung lainnya, agar terlihat bahwa kamu memiliki niat yang cukup tinggi untuk ke Amerika bukan untuk menetap melainkan untuk tujuan khusus, seperti liburan. Dokumen pendukung tersebut adalah:

  • Surat sponsor, jika diundang untuk menghadiri event tertentu
  • Surat pengantar kantor beserta slip gaji, jika kamu bekerja di Indonesia dan akan kembali ke Indonesia untuk bekerja, dan bukan untuk menetap.
  • Rekening koran/fotokopi buku tabungan yang menunjukan bahwa kamu mampu bertahan hidup disana dengan membeli makan dan minuman, bukan dengan berburu ataupun meramu menggunakan kapak.
  • Kartu Keluarga, apabila ada anggota keluarga yang ikut serta bersamamu di dalam perjalanan ke Amerika.
  • Rencana perjalanan ke Amerika Serikat
5. Wawancara di Kedutaan Besar Amerika Serikat

Cara membuat dan mengajukan visa Amerika Serikat yang terakhir yaitu dengan melakukan wawancara langsung di Kedutaan Besar Amerika Serikat. Setelah sesi wawancara langsung selesai, kamu pada nantinya akan diberikan salah satu lembar keras berwarna. Nah, perlu diingat bahwa nanti kamu akan diberikan salah satu kertas berwarna dari lima warna yang ada.

Warna putih yang menunjukan bahwa aplikasi visa telah disetujui, kertas berwarna hijau yang diminta untuk datang kembali untuk memberikan informasi tambahan sebelum Pejabat Konsul membuat keputusan, Kuning yang berati bahwa permohonan visa dikenakan biaya administrasi tambahan dan akan diberitahu apabila proses telah selesai, merah muda, untuk aplikasi yang belum memenuhi syarat, dan biru ketika pengisian aplikasi tidak lengkap dan diberi kesempatan kembali untuk melengkapi aplikasi tersebut.

Meskipun terlihat sebagai proses yang cukup panjang, cara membuat dan mengajukan visa Amerika Serikat sebenarnya lebih mudah dari yang kita bayangkan lho. Jadi, jangan ragu untuk memilih Amerika sebagai negara untuk melanjutkan studimu.

Agar perjalanan kamu lebih hemat, gunakan beragam promo kartu kredit yang bisa kamu dapatkan dengan mudah lewat CekAja.com .

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda