Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

6 menit waktu bacaan

Cara Membuat Presentasi dengan Prezi agar Lebih Menarik

by Kyla Damasha on 23 Maret, 2020

Sepertinya saat ini cukup banyak yang belum mengetahui cara membuat presentasi dengan Prezi. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar orang sering kali lebih memilih untuk menggunakan Microsoft Power Point karena fitur-fiturnya yang sudah familiar dan mudah untuk dipelajari.

membuat presentasi dengan prezi

Padahal, sebenarnya sudah banyak lho aplikasi atau situs yang menyediakan fasilitas untuk membuat presentasi agar lebih menarik, selain Microsoft Power Point. Nah, salah satunya adalah yang akan kita bahas kali ini, yaitu Prezi.

Bagi yang belum tahu, sebenarnya apa sih Prezi itu? Apabila Microsoft Power Point merupakan program perangkat lunak yang mengharuskanmu untuk meng-install nya terlebih dahulu sebelum digunakan, maka Prezi merupakan situs yang dapat digunakan selama kamu memiliki koneksi internet.

Tanpa perlu meng-install ke dalam komputer atau laptop, kamu sudah bisa menggunakan Prezi dengan mudah dan cepat. Selain itu, fitur-fitur yang dimiliki oleh Prezi juga tak kalah lengkapnya dibandingkan program pembuatan presentasi lainnya.

Kamu sedang didesak untuk membuat presentasi yang menarik dalam waktu yang singkat? Cari tahu dulu cara membuat presentasi dengan Prezi. Yuk kita simak bersama-sama.

Langkah-langkah Membuat Presentasi dengan Prezi
1. Membuat Akun

Langkah pertama dalam membuat presentasi dengan Prezi adalah dengan menciptakan akun di situs Prezi itu sendiri. Menggunakan platform ini berarti kamu juga sudah harus siap dengan koneksi internet yang mumpuni, agar proses pengerjaan tidak tersendat di tengah jalan.

Ketika kamu membuat akun, maka kamu juga diharuskan untuk memilih paket yang diinginkan, ada yang bersifat gratis tetapi ada pula yang bersifat berbayar. Beberapa paket yang bisa dipilih antara lain adalah:

·   Public

Jika kamu merasa tidak akan terlalu sering menggunakan Prezi untuk membuat presentasi, maka kamu bisa memilih paket yang diperuntukan bagi publik. Tidak berbayar alias gratis, semua fitur presentasi dapat kamu akses dan gunakan dengan mudahnya. Hanya saja, perlu diketahui bahwa fitur yang terdapat di dalamnya kemungkinan tidak akan selengkap dengan paket berbayar.

Tetapi jika kamu hanya membutuhkannya untuk membuat tugas sekolah ataupun kuliah, paket publik sangat cocok untukmu.

·   Enjoy

Selanjutnya ada paket Enjoy dengan harga 4.92 USD per bulannya. Kelebihan dari jenis paket satu ini adalah kapasitas penyimpanan data yang jauh lebih besar dan presentasi yang bersifat pribadi, alias hanya bisa diakses oleh kamu semata.

Selain itu, di paket Enjoy kamu juga bisa membuat presentasi menggunakan logo buatan sendiri lho. Untuk kamu yang baru memulai membangun bisnis dan ingin memberikan kesan baik kepada klien, paket satu ini bisa dijadikan pilihan.

·   Pro

Ini dia paket yang paling mahal diantara semuanya. Dengan membayar 13.25 USD per bulannya, kamu sudah bisa menikmati berbagai fitur yang disediakan, mulai dari membuat presentasi tanpa diharuskan memiliki koneksi internet hingga kapasitas penyimpanan yang tentunya jauh lebih besar.

Jika kamu tergolong orang sibuk yang sangat sering bertemu dengan klien untuk presentasi, paket satu ini sangat dianjurkan.

2. Merencanakan Presentasi

Cara membuat presentasi dengan Prezi selanjutnya adalah dengan memulai mengakses editor Prezi untuk bisa mulai merencanakan pembuatan presentasi. Langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagaimana berikut ini:

  • Login ke laman Prezi dengan username dan password yang sudah kamu ciptakan sebelumnya
  • Klik “Create” yang terletak di atas beranda
  • Kemudian klik tombol “New Prezi” dengan begitu kamu sudah bisa mulai membuat presentasi

Melalui Prezi, kamu bisa bebas berpindah dari satu frame ke frame lainnya di dalam pembuatan presentasi. Namun, justru hal inilah yang terkadang membuat presentasi cenderung terlihat berantakan dan tidak beraturan.

Maka dari itu, sebelum mulai membuat, akan lebih baik jika kamu membuat sketsa konsep terlebih dahulu. Coba pikirkan bagaimana struktur dan bentuk frame yang kamu inginkan di dalam presentasi. Karena dengan begitu kamu akan mendapatkan cukup kemudahan untuk bisa mulai membuat presentasi.

3. Membuat Presentasi

Nah, cara membuat presentasi dengan Prezi selanjutnya adalah dengan membuat presentasinya itu sendiri. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana ini:

·   Memilih Tema

Ketika baru membuat presentasi untuk pertama kalinya, maka kamu akan diminta untuk memilih tema yang diinginkan. Tema ini pada nantinya juga akan menentukan tampilan teks, warna, hingga tema 2D yang bisa digunakan untuk interaksi antar objek. Tidak hanya 2D, kamu bahkan juga bisa membuat presentasi dalam bentuk 3D lho. Seru banget kan!

·   Menempatkan Objek

Menempatkan objek menjadi cara membuat presentasi dengan Prezi yang harus kamu lakukan pertama kali sebelum mulai membuat konten presentasi lainnya. Hal tersebut karena langkah satu ini menjadi poin utama yang pada nantinya akan menjadi pusat dari tiap bagian presentasi.

Disini kamu bisa menambahkan teks, gambar, dan objek lainnya yang kamu inginkan. Dengan menggunakan tools yang ada, kamu bahkan juga bisa memanipulasi ataupun memodifikasi objek sesuai seperti yang diinginkan.

·   Pastikan Bahwa Resolusi Gambar Tinggi

Jika kamu ingin membuat presentasi yang terfokus pada gambar, maka pastikan bahwa resolusi gambar mumpuni, terutama ketika diperbesar. Biasanya, gambar yang tidak memiliki resolusi tinggi cenderung akan buram ketika diperbesar seukuran layar.

·   Ciptakan gaya yang Seragam

Di dalam cara membuat presentasi dengan Prezi, penting hukumnya untuk membuat gaya presentasi seragam atau serupa. Sebagai contoh, apabila di slide pertama kamu menggunakan ukuran huruf dan jenis font tertentu, maka usahakan pula untuk menggunakan gaya yang sama di slide selanjutnya.

(Baca Juga: Cara Menjadikan Blog Sebagai Sumber Penghasilan)

Mengapa? Agar presentasi terlihat lebih profesional dan tidak membingungkan. Orang yang melihat gaya presentasi yang berbeda-beda justru akan membuat orang tersebut menjadi pusing dan bingung.

·   Review Hasil Presentasi

Cara membuat presentasi dengan Prezi yang terakhir adalah dengan me-review kembali presentasi yang telah dibuat. Review hasil presentasi bisa berupa zoom out dan zoom in, dalam arti ialah pastikan bahwa font tidak terlalu kecil ketika di zoom out, tetapi juga tidak terlalu besar ketika di zoom in.

·   Menciptakan Jalur

Setelah kamu membuat slide presentasi secara keseluruhan, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan di dalam cara membuat presentasi dengan Prezi adalah dengan menciptakan jalur.

Tentukan urutan slide yang disesuaikan dengan struktur presentasi yang telah direncanakan, sehingga ketika saatnya harus presentasi, urutan slide tidak berantakan.

Nah, di dalam cara menciptakan jalur untuk presentasi Prezi kamu, maka langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan klik tombol “Edit Path” yang terdapat di sebelah kiri. Kemudian, klik objek pertama yang diinginkan dan klik lah objek selanjutnya sesuai dengan urutan yang kamu inginkan.

Perlu diingat bahwa buatlah jalur yang bersifat linear agar tidak membingungkan para audiens nantinya.

4. Presentasikan Prezi Kamu

Langkah terakhir dari cara membuat presentasi dengan Prezi adalah dengan mempresentasikan hasilnya. Satu hari atau beberapa saat sebelum waktunya presentasi, sangat disarankan apabila kamu berlatih terlebih dahulu.

Gaya presentasi di Prezi mungkin akan sedikit berbeda dibandingkan dengan melakukan presentasi dengan menggunakan Microsoft Power Point.

Maka dari itu, guna meminimalisir hal-hal tak terduga yang dapat merusak momen penting kamu dalam presentasi, ada baiknya jika kamu meluangkan waktu untuk berlatih.

Selain untuk berlatih kelancaran dalam berbicara di depan publik, momen berlatih ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari jalur-jalur presentasi yang telah dibuat. Pastikan bahwa seluruh jalur yang kamu buat sesuai dengan urutan presentasi.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, dimana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda