Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Membuat Slime untuk Bisnis Rumahan

by lhmdi on 9 Juli, 2017

tips bisnis_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Jika kita melihat permainan anak-anak di jaman sekarang, mungkin nama slime memang tidak bisa dibilang sebagai permainan populer. Namun, hingga saat ini Slime ternyata masih tetap mendapatkan tempat di hati anak-anak, hingga orang dewasa di masa kini.

Slime, secara umum terbuat dari lem yang dicampur dengan sabun, plus tambahan borax atau yang dikenal juga dengan campuran garam mineral konsentrasi tinggi sebagai bahan makanan tradisional. Namun, borax sendiri dikenal sebagai bahan pelengkap yang dapat merugikan kesehatan siapa pun yang berada di dekatnya.

Agar ini tidak terjadi, terdapat beberapa cara mudah untuk membuat slime dengan bahan-bahan alami atau bahan-bahan yang biasa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Nah! Berikut beberapa cara membuat slime yang mudah:

  1. Menggunakan sabun atau deterjen

Sabun atau deterjen yang tersimpan di rumah bisa kamu maksimalkan untuk membuat slime. Berikut bahan-bahan yang perlu kamu persiapkan. Satu gelas deterjen bubuk atau satu sabun. Gelas bersih yang sudah diisi dengan air.

Tepung terigu secukupnya. Sebagai tambahan, kamu juga bisa menyiapkan tiga sendok makan sabun cair untuk cuci piring. Tiga sendok makan sabun cair mandi, dua sendok teh pewarna makanan.

Cara untuk membuatnya pun mudah. Gabungkan dengan deterjen, tepung terigu, sabun cair cuci piring dan sabun cair untuk mandi dan kemudian diaduk bersamaan hingga rata. Lanjutkan dengan menambahkan air bersih.

Tambahkan pewarna dan kemudian tempatkan di tempat tertutup. Dinginkan di kulkas selama sekitar 15 menit, dan slime siapa digunakan untuk bermain anak-anak.

  1. Gunakan susu cair

Selain sabun, cara termudah membuat slime berikutnya adalah dengan menggunakan susu cair. Selain susu cari, tambahkan juga 1,5 sendok makan tepung maizena, bubuk vanila, dan dua sendok makan pewarna makanan.

Selanjutnya, campurkan susu ke dalam panci dan masak dengan api sedang, aduk secara perlahan hingga akhirnya susu terasa panas. Selanjutnya tambahkan vanili bubuk dan aduk hingga rata. Campurkan dengan tepung maizena dan aduk dengan merata.

Setelah matang dan mendidih angkat dan dinginkan adonan tadi. Setelah dirasa dingin, tambahkan pewarna makanan ke dalam adonan sambil diaduk hingga merata. Simpan di dalam tempat tertutup dan slime dari susu cair sudah bisa digunakan untuk bermain untuk anak-anak.

  1. Menggunakan bedak bayi

Terakhir, bedak bayi pun bisa digunakan untuk membuat slime. Bahan-bahan yang perlu disiapkan diantaranya adalah satu botol bedak bayi, dua gelas air putih, 3 sendok makan baby oil dan pewarna makanan secukupnya.

Untuk membuatnya, siapkan baskom untuk adonan, tambahkan air bersih dan aduk hingga rata. Tambahkan baby oil dan aduk lagi hingga adonan tadi menjadi kental. Ketika sudah kental, tambahkan bedak bayi dan pewarna sebagai tahap air dalam membuat slime.

Agar slime siap untuk digunakan sebagai alat permainan, dinginkan selama beberapa jam terlebih dahulu. Nah! Mudahkan, cara membuat slime dengan bahan alami.

Menjadikan Slime Sebagai Bisnis Rumahan

bisnis tionghoa - CekAja.com

Setelah mengetahui cara membuat slime yang sangat mudah maka tentunya bisa dilanjutkan dengan menjadikannya lading bisnis. Maka tidak jarang sebagian masyarakat menjadikannya sebagai bisnis rumahan. Bisnis rumahan ini pun sangat mudah dipraktikkan dan tidak membutuhkan biaya yang besar untuk menawarkannya kepada masyarakat.

Cara termudah untuk memasarkannya pun sangat sederhana. Bisa dimulai dari obrolan dengan tetangga-tetangga yang ada di sekitar rumah. Strategi “word of mouth” atau pesan dari mulut ke mulut ini masih efektif hingga sekarang.

Bahkan dengan penggunaan internet yang semakin mudah diakses siapa saja membuat slime semakin mudah untuk dipasarkan dan dicari oleh banyak masyarakat.

Penggunaan slime pun bisa digunakan untuk berbagai acara dan kegiatan seperti acara ulang tahun anak-anak sebagai pernak-pernik atau mainan hingga untuk orang dewasa di acara memperingati kemerdekaan Indonesia atau dikenal dengan istilah “Agustusan” sebagai hiasan atau ornamen-ornamen untuk memeriahkan ulang tahun Indonesia.

Manfaat Permainan Slime Secara Psikologi

pinjaman bisnis - CekAja.com

Umumnya permainan slime ini sering dilakukan oleh anak-anak, namun tidak jarang pula dilakukan oleh remaja hingga orang dewasa. Permainan ini memang tergolong menyenangkan sehingga sangat berpengaruh pada psikis manusia.

Lalu, apa saja manfaat atau keuntungan bermain slime ini?

  1. Mengeluarkan hormon endorfin

Dalam tubuh manusia normal terdapat satu hormon yang bernama endorfin. Hormon ini dapat merangsang manusia untuk memiliki hati yang lebih bahagia. Nah! Bermain slime ini dapat membantu kamu untuk mengeluarkan hormon endorfin sehingga suasana hari menjadi lebih bahagia.

  1. Penyaluran emosi yang positif

Siapa pun manusia, pastinya akan memiliki emosi dalam dirinya. Hanya saja, emosi selalu dianggap hal negatif yang tersimpan di dalam tubuh manusia. Agar emosi menjadi sebuah hal yang positif, maka permainan slime adalah pilihan yang tepat.

Menarik-narik slime, menekan dan mengepalkannya, dan membentuknya menjadi sebuah kreasi sendiri maka kamu sudah bisa menyalurkan emosi yang awalnya negatif menjadi emosi yang menghasilkan energi positif.

  1. Membantu untuk kreatif

Apa pun jenis permainan pastinya akan membantu setiap pemainnya untuk kreatif. Begitu juga dengan slime, karena kamu akan berlatih untuk membuat kreasi yang berbeda-beda-beda.

Nah! Inilah peran dari slime yang akan membantu ssiapa saja yang memainkannya untuk lebih kreatif menciptakan ide-ide baru dari slime.

  1. Pereda kejenuhan

Bagi siapa saja, baik anak-anak hingga orang dewasa yang sudah sampai pada titik jenuh aktifitasnya dalam sehari-hari maka permainan slime ini bisa digunakan untuk meredakan kejenuhan. Pereda kejenuhan ini bisa dimulai dengan cara membuatnya terlebih dahulu dan kemudian memainkannya akan menjadi pengalaman yang menarik.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami