Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Membuat Website Dengan Mudah Dari Awal Sampai Jadi

by Estrin Vanadianti Lestari on 1 Maret, 2020

Dewasa ini, di mana zaman sudah semakin modern, siapa sih yang belum pernah mengunjungi website? Tidak hanya penting untuk mempermudah kegiatan bekerja, website juga sangat berguna untuk membangun bisnis dan hal lainnya. Bahkan cara membuat website dengan mudah juga sudah bisa dilakukan siapa saja, tanpa harus orang yang mengerti IT.

cara membuat website dengan mudah

Pengertian Website

Website yang sering kita gunakan untuk mencari informasi di internet ini merupakan, sebuah kumpulan halaman pada suatu domain di internet. Website juga biasanya dibuat dengan tujuan tertentu dan bisa saling berhubungan, serta dapat diakses secara luas melalui halaman dengan, mengunakan sebuah browser serta URL.

Sebelum mengetahui cara membuat website dengan mudah, ketahui dulu unsur-unsur yang terdapat dalam website berikut ini:

  • Domain

Seorang IT pasti tahu apa itu domain. Jika website diibaratkan sebuah produk, domain itu adalah merek. Sehingga, jika kamu menggunakan domain yang menarik, unik, hingga mudah diingat, maka besar kemungkinan bisa membuat orang tertarik.

  • Hosting

Selain domain, hosting juga penting dalam penggunaan sebuah website. Di mana hosting memiliki peran penting untuk menyimpan semua database mulai dari gambar, script, teks, dan lain-lain.

Di Indonesia sendiri banyak penyedia hosting terbaik, untuk kecepatan akses website kamu, salah satunya seperti Niagahoster.

  • Konten

Pernahkah kamu menemukan website yang masih kosong tanpa ada konten apapun di dalamnya? Pasalnya, website tanpa konten akan membuat siapa pun malas mengunjungi website tersebut, karena tidak memiliki tujuan yang jelas.

Website biasanya memiliki beragam konten, yang berisi gambar, teks, video yang menarik. Misalnya, website toko online, media online, berita, dan situs lainnya.

Ada hal yang perlu kamu tahu terkait cara membuat website dengan mudah ini. Di mana kamu tidak perlu memikirkan masalah teknis seperti coding atau programming. Pasalnya, dalam membuat website berikut ini, hal tersebut tidak terlalu diperlukan. Masa sih?

(Baca Juga: Begini Cara Cek Usia Domain Website Menggunakan Aplikasi)
Cara Membuat Website dengan Mudah

Nah, sudah mulai penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk langsung saja simak langkah-langkah pembuatannya dari awal sampai jadi berikut ini:

1. Menentukan Tujuan Pembuatan Website

Cara membuat website dengan mudah, yang pertama kali harus kamu lakukan adalah menentukan tujuan kamu dalam membuat website. Apakah akan digunakan untuk pribadi (biasanya untuk portofolio, hingga blog), website bisnis (untuk urusan kerja, proyek, dll), atau website toko online (untuk jualan), dan lain-lain.

2. Register Nama Domain

Sebuah website akan menarik dibuka, jika nama domain unik dan berbeda dari nama domain lainnya. Nah, sebelum mengetahui cara membuat website dengan mudah, pikirkan dulu nama yang unik untuk website kamu.

Masih bingung cara nama domain yang menarik? Intip tips berikut:

  • Melakukan brainstorming pada calon-calon nama yang kamu pilih sebagai nama website yang berpotensi.
  • Cek dengan cara menggunakan fitur cek domain.
  • Ketik atau masukkan nama domain yang diinginkan di fitur pencari.
  • Pilih nama domain terbaik.
  • Selesaikan order dan registrasi domain.

Untuk memiliki domain, kamu bisa membelinya di situs seperti Domainesia, Godaddy, atau Namecheap. Nantinya, kamu akan dihadapkan dengan banyak pilihan nama domain. Semakin unik namanya domain, biasanya akan semakin mahal harganya.

Berikut tips agar kamu bisa menentukan nama domain dengan mudah:

  • Buat domain dengan ekstensi “.com”
  • Membuat alternatif nama domain yang hampir sama dengan nama domain utama, karena sebagian besar orang mungkin saja akan salah ketik dan kesalahan lainnya.
  • Buatlah nama domain sesingkat mungkin
  • Usahakan jangan menggunakan tanda penghubung dan angka
3. Registrasi Hosting dan Nama Domain

Langkah berikutnya dalam cara membuat website dengan mudah adalah, memilih hosting terbaik. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya mengenai pengertian hosting, dalam membuat website kamu juga harus memilih hosting terbaik, yang setidaknya memiliki 3 poin utama. Di antaranya adalah:

  • Memiliki tingkat keamanan yang tinggi
  • Memiliki kecepatan load yang baik
  • Bisa diandalkan selama sepanjang hari 24/7

Nah, kamu bisa membeli hosting dengan kualitas baik di beberapa tempat penjualannya, yakni di Niagahoster, rumahweb, dewaweb, dan lain-lain.

Sebagai contoh, jika di dewaweb, kamu bisa langsung pesan dan daftarkan hosting dan domain. Lalu pilih paket cloud hosting yang inginkan, bahkan kamu bisa bebas memilih paket sesuai dengan budget dan kebutuhanmu.

Kamu juga bisa membeli domain sekaligus hosting, yang bisa dilakukan di Godaddy. Cara ini tentunya akan lebih praktis, ketimbang membeli di tempat yang berbeda.

4. Menentukan Platform Website

Cara membuat website dengan mudah selanjutnya adalah menentukan platform website. Platform disini maksudnya adalah Content Management System (CMS), di mana CMS ini sangat penting untuk membuat dan mengubah konten website, tanpa harus mengerti bahasa pemrograman.

Nah, dicara membuat website dengan mudah ini juga, akan dibahas langkah membuat website menggunakan CMS WordPress. Selain populer, WordPress juga merupakan CMS yang paling ideal dan paling mudah digunakan, ketimbang platform lainnya seperti Joomla, Shopify, Drupal, Squarespace, dan Wix. Terutama bagi pengguna website baru.

Keunggulan WordPress:

  • Lebih mudah diinstal
  • Memiliki komunitas yang besar dan banyak, serta bersifat open source
  • Sangat ideal, terutama individu yang tidak jago IT

Tidak hanya CMS, beberapa tools ini juga sering digunakan dalam membuat website. Namun, semua tergantung kepada ide dan topik yang sudah ditentukan sebelumnya.

  • Script e–commerce
  • Website builder
  • Self-code website

Nah, kira-kira seperti itulah informasi cara membuat website dengan mudah. Semoga bisa bermanfaat bagi yang membaca. Agar lebih memudahkan kamu dalam membeli domain atau hosting di beberapa situs, gunakan pembayaran melalui kartu kredit.

Pasalnya, beberapa situs jual domain dan hosting, mengutamakan kamu yang menggunakan pembayaran dengan kartu kredit. Penggunaan kartu kredit juga dirasa lebih praktis.

Belum Punya Kartu Kredit? Ajukan Saja di Cekaja.com!

Sekarang, kalau mau punya kartu kredit, tidak perlu ribet datang ke kantor cabang perbankan. Kamu cukup duduk manis dan ajukan lewat telepon, kartu kredit sudah bisa diproses.

Yuk, ajukan segera kartu kredit pilihanmu, hanya di situs Cekaja.com!

Tentang Penulis

Estrin Vanadianti Lestari

Sisuka makan banyak, tapi enggak gemuk-gemuk