Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

Cara Memilih Asuransi Mobil

by JTO on 15 Agustus, 2014

Menentukan asuransi mobil memang tak mudah. Anda perlu mencermati jenis asuransi serta membandingkan dengan produk asuransi mobil lainnya.

Namun, jangan takut. Di era digital saat ini, Anda dapat membandingkan berbagai jenis asuransi mobil yang Anda butuhkan dengan cara online. Asuransi mobil online saat inipun dapat menampilkan berbagai kelebihan dan keuntungan dari masing-masing penyedia produk asuransi dan benefit yang ditawarkannya. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah membandingkan produk asuransi mobil yang dibutuhkan.

Karena itu, ada beberapa hal yang perlu disikapi agar Anda dapat memilih asuransi terbaik. Ketelitian dalam memilih dapat memberi dampak siginifikan terhadap premi dan jaminan atau pertanggungan yang akan dapatkan. Apa saja? Berikut uraiannya.

 

Cek Informasi

Dalam memilih asuransi mobil, Anda wajib melihat produk asuransi itu secara detail. Seperti penanganan klaim, perpanjangan polis, bengkel rekanan, dan prosedur pembayaran. Pastikan perusahaan asuransi yang menjadi target Anda memiliki penanganan yang responsif, seperti untuk pertanyaan, permintaan, pelayanan, masukan, dan saran. Cari tahu hal ini melalui kunjungan situs perusahaan asuransi mobil yang ingin dipilih. Sejumlah situs perusahaan asuransi itupun biasanya menyediakan berbagai informasi yang bisa menajdi masukan Anda. Dan, daftar tersebut dapat membantu Anda membuat keputusan. Atau, carilah informasi dengan cara meminta kerabat, teman, atau keluarga yang pernah mendaftar asuransi mobil sebelumnya. Sebab, informasi dari mereka bisa menjadi bahan pertimbangan bernilai untuk Anda dalam memilih.

Cek Forum

Melalui online, Anda dapat dengan mudah mencari informasi yang dibutuhkan. Cobalah untuk mengunjungi forum online yang menjadi wadah bagi banyak orang untuk saling berbagi tentang topik atau tema tertentu, termasuk forum asuransi mobil. Terlibatlah dalam forum ini untuk memperoleh pendapat berbagai orang mengenai perusahaan asuransi. Sebab, suatu forum biasanya memiliki ahli yang terlibat di dalamnya dan bisa menjawab setiap pertanyaan yang diajukan.

Cek Perusahaan

Ketika memilih perusahaan asuransi, Anda pasti memilih dan membandingkan premi yang ditawarkan. Saat ini memang sudah ada aturan dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) tentang penetapan tarif premi asuransi 2014. Dan, dalam penetapan tarifnya setiap perusahaan asuransi wajib mengikuti aturan ini. Namun, tentunya Anda tidak inginmendapatkan premi murah dari perusahaan asuransi yang akan bangkrut saat mengajukan klaim. Karena itulah, langkah penting yang bisa dilakukan dalam hal ini adalah Anda dapat melihat kinerja perusahaan asuransi yang akan didaftar. Cobalah untuk mengecek melalui mesin pencari. Biasanya, sebagian besar perusahaan asuransi dalam situsnya akan melengkapi laporan keuangan dalam bentuk PDF yang dapat diunduh dan dilihat. Atau, Anda dapat mengeceknya melalui berita asuransi yang banyak tersedia di online.

Cek Bengkel

Apakah mobil Anda digunakan sebagai alat transportasi harian? Bila jawabannya Ya, saat klaim asuransi tentu harapannya adalah mobil Anda dapat segera direparasi di bengkel yang layak dan hasil yang berkualitas. Namun, carilah asuransi mobil yang memiliki bengkel rekanan yang memiliki reputasi dan menyediakan berbagai fasilitas, seperti; memiliki standar kualitas kerja yang baik, waktu pengerjaan, besar ongkos perbaikan, layanan antar-jemput, dan lainnya.

Karena sebuah bengkel kadang-kadang juga bekerjasama dengan beberapa perusahaan asuransi, Anda juga dapat meminta masukan mengenai perusahaan mana yang paling kooperatif membayar klaim kerusakan atas kendaraan nasabah. Terkadang, bengkel juga menempatkan dirinya sebagai klien dan memiliki pandangan atas perusahaan mana yang terbaik.

Cek Jaminan Asuransi

Karena adanya pengaturan tarif dan pemberlakuan penetapan tarif oleh OJK, maka para pelaku industri asuransi didorong untuk mengedepankan pelayanan sebagai keunggulannya dan menjadi pembeda untuk menarik minat konsumen.Karena itulah, saat ini beberapa perusahaan asuransi memberikan dan melengkapi tambahan layanannya yang menguntungkan. Misalnya layanan pelanggan yang selalu tanyakan kepuasan pelayanan, pelayanan mobil derek 24 jam, mobil pengganti, , jasa montir, mobil ambulans dan lain sebagainya. Cobalah untuk mengeceknya di situs perbandingan asuransi online untuk melihat berbagai benefit tambahan dari beberapa perusahaan asuransi.

 

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.