Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

8 menit waktu bacaan

Cara Menaikkan Limit OVO Paylater, dan Fitur Tambahan Lainnya

by Gesti Weningtyas on 24 Maret, 2020

OVO paylater merupakan fasilitas yang bisa kamu gunakan apabila mencari cicilan tanpa kartu kredit karena kredit limit bisa digunakan untuk melakukan transaksi di Tokopedia maupun merchant lainnya yang telah bekerjasama dengan OVO. Hal yang menarik dari fitur ini adalah setiap pengguna OVO bisa meminjam uang untuk membayar benda yang telah dibeli kemudian dicicil sesuai dengan tenor yang dipilih. Ada tiga pilihan tenor dari OVO yaitu dari 3 bulan 6 bulan maupun 12 bulan.

Cara Menaikkan Limit OVO Paylater, dan Fitur Tambahan Lainnya

Sehingga apabila kamu melakukan transaksi di beberapa marketplace atau merchant yang sudah bekerjasama dengan OVO tentunya kamu bisa mengajukan OVO paylater. Akan tetapi perlu kamu ketahui bahwa OVO paylater ini tidak bisa digunakan oleh sembarang orang karena sifatnya adalah undangan. Jadi pihak OVO sendiri akan menilai sejauh mana transaksi yang telah kamu lakukan menggunakan OVO. Sehingga ketika kamu sudah memiliki akun ovo kamu belum tentu bisa mendapatkan akses OVO paylater untuk melakukan transaksi pembayaran.

Sedikit tips apabila kamu sudah memiliki akun OVO, maka sebaiknya kamu segera melakukan upgrade akun ke OVO premier. Hal ini agar akses keuangan kamu terbuka lebih lebar dan kesempatan untuk mendapatkan akses OVO paylater juga lebih banyak. Setelah mengajukan akun OVO Paylater kamu bisa menggunakan berbagai fasilitas untuk mencicil atau melakukan pembayaran di Tokopedia atau merchant yang telah bekerja sama dengan OVO.

Upgrade OVO Premier

Agar kamu bisa mendapat akses ke ovo paylater maka terlebih dahulu upgrade ovo akunmu menjadi ovo premier dan foto KTP serta konfirmasi data KTP. Setelah itu kamu akan diminta untuk foto selfie dengan kamera mu sambil memegang KTP. Kemudian setelah data sudah lengkap maka klik proses agar upgrade berlangsung. Sebelumnya pastikan KTP yang akan kamu daftarkan adalah milikmu sendiri dan masih berlaku serta bisa terbaca dengan jelas agar pihak ovo dapat melakukan verifikasi dengan mudah. Perlu kamu ketahui bahwa satu identitas hanya bisa digunakan untuk 1 akun saja. Pastikan data yang telah kamu masukkan sesuai sehingga proses permintaan upgrade OVO Premier segera disetujui.

Setelah akun OVO mau upgrade jadi OVO  premier maka kamu bisa melakukan berbagai transaksi seperti transfer bank maupun transaksi lainnya. Dengan menggunakan OVO premier ini kamu juga memiliki maksimal saldo yang lebih besar yaitu hingga 10 juta rupiah dengan batas transaksi minimal 1 bulannya adalah 20 juta rupiah. Selanjutnya kamu juga bisa melakukan budgeting dan fitur cash out lewat bank. Kamu juga bisa melakukan investasi reksadana melalui akun OVO Premier dengan mudah. Fitur budgeting akan membantumu menghitung arus keuangan setiap bulan.

Bisa Melakukan Transaksi di Atas 2 Juta

Nah, setelah akunmu menjadi akun OVO premier maka kamu bisa melakukan transaksi yang cukup besar, yaitu di atas Rp 2 juta. Pihak ovo akan meninjau seberapa banyak transaksi mu sehingga semakin besar transaksimu atau semakin tinggi jumlah transaksi yang kamu lakukan di OVO maka tentunya kamu akan mendapatkan akses untuk OVO Paylater. Jika kamu melakukan transaksi dengan nominal yang sedikit tentunya Kamu tidak akan langsung mendapatkan akses OVO paylater tersebut.

Sehingga, setelah kamu memiliki akun OVO premier Segera lakukan transaksi sebanyak-banyaknya seperti pembelian pulsa hingga belanja di berbagai marketplace. Semakin tinggi transaksi yang kamu lakukan tentunya akan semakin cepat pula undangan ovo paylater itu datang. Apabila kamu sudah mendapatkan undangan akses OVO paylater maka kamu bisa segera mengajukan aplikasi OVO paylater. Jadi, jangan panik apabila belum ada tanda OVO paylater atau akses ovo paylater tidak muncul pada akun OVO Premiermu.  Karena mungkin saja saat ini akun ovo mu sedang ditinjau apakah layak untuk mendapatkan akses ke OVO paylater.

Mengajukan OVO Paylater

Apabila kamu sudah sering bertransaksi dengan OVO dan transaksi mau cukup besar maka biasanya kamu akan mendapatkan akses OVO paylater. Cara mengajukan aplikasi OVO paylater ini hampir sama dengan upgrade OVO premier sebelumnya yaitu dengan mengisi data pribadi dan menulis alamat yang sesuai dengan KTP. Kamu akan diminta juga data pribadinya seperti nama alamat, data pekerjaan dan kontak yang dapat dihubungi dan alamat tempat tinggal atau domisili.

Setelah kamu mengajukan aplikasi OVO paylater selanjutnya kamu tinggal menunggu proses dari keputusan pengajuan. Apabila pengajuan aplikasimu disetujui kamu akan mendapatkan limit awal biasanya di angka Rp 1.000.000. Setelah itu kamu dapat menggunakan limit OVO paylater tersebut untuk transaksi jasa seperti pembelian pulsa listrik maupun pembelian paket data dan berbagai layanan keuangan yang tersedia di OVO paylater kecuali pengambilan dana tunai.

Cara Menaikkan Limit OVO Paylater

Laman resmi dan help center OVO paylater menyebutkan bahwa saat ini pengguna OVO belum bisa mengajukan kenaikan limit OVO paylater. Akan tetapi setiap transaksi yang dilakukan dan aktivitas apapun pada akun OVO akan dipantau agar pengguna OVO paylater bisa melakukan penyesuaian limit setelahnya. Dengan demikian cara terbaik agar kamu bisa menaikkan limit di OVO paylater adalah meningkatkan jumlah transaksi menggunakan OVO paylater.

Selain jumlah transaksi yang ditingkatkan mungkin kamu juga perlu meningkatkan nominal transaksi. Semakin besar transaksi yang kamu lakukan menggunakan OVO, maka semakin besar pula kemungkinan limit di OVO paylater mu akan naik. Pasalnya transaksi yang besar akan menjadi salah satu pertimbangan kenaikan limit pada OVO paylater. Jika pengguna ovo paylater cukup aktif melakukan transaksi dan nominalnya juga besar tentunya hal ini menjadi salah satu pertimbangan.

Menaikan Aktivitas Transaksi

Hampir sama seperti halnya bank yang memantau aktivitas dari transaksi ekonomi. Apabila seseorang mampu melakukan aktivitas transaksi yang tinggi dengan nominal yang besar tentunya juga ia akan dinilai mampu dapat membayarkan cicilan atau angsuran. Artinya, pihak OVO Paylater telah memiliki beberapa kriteria khusus untuk para nasabahnya yang dinilai mampu membayar dan memiliki limit lebih tinggi setelah melakukan transaksi yang besar.

Dengan melakukan pembayaran secara disiplin dan berkomitmen tinggi dalam membayar angsuran serta tidak pernah telat mungkin juga akan menjadi salah satu pertimbangan. Dalam hal ini OVO paylater akan menilai karakter dari setiap pengguna melalui cara mereka bertransaksi. Apabila seorang pengguna melakukan pembayaran dengan tertib, tentu akan lebih dipercaya dalam mendapatkan limit yang lebih besar.

Jadi, dua hal utama untuk menaikkan limit ovo paylater adalah transaksi menggunakan ovo sebanyak-banyaknya dan melakukan pembayaran dengan tertib.

(Baca Juga: 8 Cara Top Up Ovo Paling Mudah dan Cepat)

Jika Kamu tidak menggunakan aplikasi OVO paylater ini dengan tertib dan dan sering terlambat atau menunggak maka konsumen akan dikenakan revolving interest sebesar 0,1% perhari dari nilai tagihan yang tertunggak yang tidak dibayarkan penuh. Apabila kamu tidak melakukan pembayaran tagihan maka akan diberlakukan pembekuan kredit limit. Pada hari ketiga dan kamu tidak bisa menggunakan OVO paylater sebagai metode pembayaran tapi tetap bisa melakukan pembayaran tagihan. Selain itu pihak OVO paylater juga bisa mengambil tindakan hukum.

Untuk melakukan pembayaran kamu akan mendapatkan tagihan setiap bulannya dan dibayarkan paling lambat 1 bulan di bulan berikutnya dan pembayaran bisa dilakukan dengan semua metode pembayaran yang terdapat pada aplikasi kecuali kartu kredit. Pengguna ovo paylater ini punya dua pilihan untuk melakukan pembayaran yaitu pembayaran penuh sesuai jumlah tagihan atau pembayaran sebagian minimal 50%.

OVO Paylater Tokopedia

Setelah memiliki ovo paylater kamu bisa bertransaksi di Tokopedia dengan ovo paylater Tokopedia. Akan tetapi ternyata ovo paylater di aplikasi ovo dan ovo paylater Tokopedia berbeda. Jika kamu ingin bertransaksi di Tokopedia menggunakan OVO paylater maka kamu perlu mengajukannya lagi. Caranya juga sangat mudah cari pilihan aktivasi ovo paylater lalu pilih aktifkan sekarang dan kamu akan menerima sms OTP ke ponsel yang digunakan untuk mengakses Tokopedia. Hal selanjutnya kamu diharuskan mengupload foto KTP dan foto selfie berikut dengan memegang foto KTP di aplikasi Tokopedia lalu mengisi data diri yang wajib dipenuhi kemudian setujui syarat dan ketentuan perjanjian pinjaman dengan Taralite. Taralite ini merupakan pihak ketiga yang bekerjasama dengan Tokopedia dalam menyediakan pinjaman OVO paylater.

Limit pertama pada OVO paylater Tokopedia biasanya senilai Rp 500.000 dan pengajuanmu akan diberitahukan melalui email apabila sudah aktif. Biaya layanan ovo paylater akan di dikenakan pada setiap pengguna sebesar 5% dari pemakaian dari nilai transaksi. Setelah itu, kamu bisa melakukan transaksi sesuai dengan kebutuhan di Tokopedia. Limit dari ovo paylater Tokopedia tentu akan menyesuaikan dari transaksi yang kamu lakukan.

Membayar Tagihan Tepat Waktu

Jangan lupa untuk selalu membayar tagihan tepat waktu agar kamu tidak mendapatkan biaya tambahan yang akan memberatkan. Pastikan kamu juga mengetahui berapa bunga yang dibebankan dari setiap cicilan dan tenor yang kamu pilih. Apabila dirasa kamu tidak memiliki dana untuk melakukan pembayaran tagihan secara penuh kamu bisa melakukan pembayaran 50% dari nilai tagihan yang ada.

Namun tentunya usahakan untuk melakukan pembayaran tagihan secara penuh dan tepat waktu agar kamu juga mendapatkan kemudahan lainnya dalam transaksi OVO paylater termasuk kenaikan limit kredit. Semakin baik karakter yang kamu tonjolkan dalam setiap transaksi, tentunya kemungkinan naik limit kredit juga akan semakin besar.

Namun perlu digarisbawahi OVO paylater ini hanya digunakan untuk pembelian barang dan jasa. Perlu kamu ketahui aplikasi paylater tidak diperbolehkan untuk melakukan penarikan uang tunai. Kamu juga tidak disarankan untuk mengambil uang secara tunai dari OVO paylater ini meskipun kamu bekerja sama dengan merchant. Hal ini karena OVO paylater sendiri melarang penarikan dana tunai. OVO paylater hanya digunakan untuk pembiayaan barang atau jasa. Apabila kamu ketahuan mengambil dana secara tunai dari OVO paylater bisa jadi di kemudian hari kamu tidak akan mendapatkan fasilitas OVO paylater lagi. Resiko ini cukup besar jadi sebaiknya jangan menggunakan OVO paylater untuk mengambil dana tunai.

Apabila kamu sangat membutuhkan dana dengan cepat tanpa kartu kredit, mungkin kamu bisa mencoba aplikasi pinjaman online. Namun bila kamu menginginkan penarikan dana dengan kartu kredit kamu juga bisa mengajukan kartu kredit terlebih dahulu.

Kamu dapat membandingkan pinjaman mana yang sesuai dengan kebutuhan lengkap dengan bunga yang yang kompetitif di cekaja.com.

Tentang Penulis