Cara Menanam Kangkung Paling Mudah untuk Pemula

4 min. membaca Oleh Estrin Vanadianti Lestari on

Cara menanam kangkung mulai dari menggunakan ember, pot hingga polybag, sepertinya menjadi cara yang sedang banyak diterapkan. Terlebih, dengan adanya pandemi Covid-19, masyarakat di Indonesia, jadi gemar bercocok tanam di rumah.

Cara Menanam Kangkung Paling Mudah untuk Pemula

Nah, kangkung sendiri, menjadi salah satu tanaman sayuran, yang paling sering dijadikan uji coba. Hal tersebut dikarenakan, cara menanam kangkung yang mudah dan cocok di segala lingkungan mana saja. 

Metode Cara Menanam Kangkung

Metode Cara Menanam Kangkung - Cara Menanam Kangkung Paling Mudah untuk Pemula

Ada beberapa metode yang bisa digunakan, untuk menanam kangkung. Bisa menggunakan metode hidroponik dan juga dengan tanah. 

  • Cara Menanam Kangkung Hidroponik

Untuk cara menanam kangkung dengan cara hidroponik ini, sangat cocok untuk kamu yang hanya memiliki lahan sempit di rumah. Kamu bisa menggunakan ember atau paralon sebagai wadahnya, dan air sebagai medianya. 

  • Cara Menanam Kangkung dengan Tanah

Untuk cara ini, biasanya kamu harus memiliki lahan tanah. Namun, jika tidak, kamu juga menggunakan pot atau polybag untuk menyimpan tanah. 

Nah, dari dua metode tersebut, kira-kira cara menanam kangkung mana, yang lebih mudah dan cocok untuk pemula? Sebenarnya, kedua metode ini, bisa dilakukan oleh siapa saja termasuk oleh pemula sekalipun. 

Nggak percaya? Yuk langsung simak cara menanam kangkung paling mudah untuk pemula, dari kedua metode ini.

(Baca Juga: Yuk, Berkebun di Halaman Rumah yang Sempit)

Cara Menanam Kangkung dengan Metode Hidroponik

Cara Menanam Kangkung dengan Metode Hidroponik - Cara Menanam Kangkung Paling Mudah untuk Pemula

Siapkan alat dan bahan-bahan berikut:

  • Pilih benih berkualitas (bisa beli di toko bibit)
  • Siapkan nutrisi AB mix, dan
  • Siapkan netpot atau wadah lainnya seperti paralon atau ember
  • Siapkan baskom berisi air untuk penyemaian
  • Siapkan busa filter aquarium
  • Siapkan besek

Cara menanam:

  1. Cara menanam kangkung yang pertama adalah memilih benih atau bibit berkualitas. Benih yang berkualitas, akan tumbuh dengan baik dan tanaman yang dihasilkan bisa dipanen secara bersamaan, tidak mudah berbunga dan merambat.
  2. Lakukan pembenihan, yang bisa dilakukan di rakwol, dan di tempat itulah bibit-bibit akan tumbuh menjadi kecambah. 
  3. Di dalam pembenihan, tambahkan juga nutrisi AB mix (khusus untuk buah dan daun)
  4. Cara menanam kangkung selanjutnya adalah dengan melakukan penyemaian, dengan cara memilih benih kangkung yang bagus.
  5. Cara memilih benih yang layak adalah dengan merendamnya di dalam baskom semalaman. Keesokan paginya, kamu akan melihat ada benih yang mengapung dan tenggelam. Di sini kamu pilih bibit yang tenggelam. 
  6. Setelah pilah benih yang bagus, bungkus benis dengan kain. Siram kain pakai air hangat, atau hanya sekadar basah. 
  7. Benih akan tumbuh menjadi kecambah, lalu pindahkan kecambah ke besek. Kamu juga bisa lapisi besek dengan busa filter aquarium.
  8. Siapkan baskom atau ember, masukan air dan larutan nutrisi hidroponik. 
  9. Masukan besek beserta kecambah ke dalam ember, pastikan air mengenai permukaan besek dan benih. 
  10. Letakan baskom tersebut di area yang terdapat sinar matahari. 
  11. Selama tumbuh, jangan lupa lakukan perawatan kangkung dengan memberikan nutrisi. Jika sudah memasuki dua minggu, kamu bisa memberikan pupuk organik cair, dengan ukuran yang meningkat. 
  12. Nah, ketika usianya sudah 4-6 minggu, kangkung hidroponik bisa langsung dipanen. Ciri-cirinya, kangkung masih hijau segar, belum terlihat tua, bahkan berbunga. 

Cara Menanam Kangkung Menggunakan Tanah di Pot/Polybag

Cara Menanam Kangkung Menggunakan Tanah di PotPolybag - Cara Menanam Kangkung Paling Mudah untuk Pemula

Siapkan alat dan bahan:

  • Bakul anyam
  • Pot/polybag
  • Tanah dan kompos
  • Arang sekam

Cara menanam:

  1. Cara menanam kangkung dengan tanah sebenarnya tidak jauh berbeda dengan hidroponik, yang berbeda hanya media tanamnya saja. Adapun hal pertama yang bisa dilakukan adalah memilih bibit unggul.
  2. Siapkan tanah dan kompos, dan biarkan semalaman.
  3. Tabur bibit unggul dan tutup menggunakan jaring-jaring.
  4. Lakukan penyiraman dua kali sehari. Biasanya, kecambah akan tumbuh dalam waktu 5-7 hari. 
  5. Setelah proses penyemaian, kamu bisa pindahkan kecambah tersebut ke pot/polybag. 
  6. Siapkan pot/polybag, yang memiliki lubang di bawahnya. Lalu masukan tanah dan kompos, dengan perbandingan 2:1, lalu bisa tambahkan arang sekam juga, tapi sedikit saja, dan biarkan semalaman.
  7. Cara menanam sayuran kangkung selanjutnya setela siapkan media tanamnya, kamu bisa langsung pindahkan kecambah ke dalam pot tersebut. Setiap pot bisa diisi 2 bibit yang sudah berkecambah. 
  8. Lakukan penyiraman dua kali sehari, pagi dan siang secara rutin. 
  9. Untuk perawatan cara menanam kangkung, sebenarnya jangan terlalu banyak menyiram air, karena ditakutkan busuk. Apalagi ketika musim penghujan, maka kurangi intensitas penyiraman. 
  10. Jangan lupa berikan pupuk organik, agar hasil lebih maksimal. 
  11. Untuk panen, biasanya ketika kangkung sudah berusia 25-39 hari. Cara memanennya pun mudah, karena kamu cukup mencabut hingga ke akarnya. 

(Baca Juga: Tips Berhasil Budidaya Porang)

Nah, itu dia sederet informasi serta cara menanam kangkung paling mudah untuk pemula. Mumpung sedang banyak waktu di rumah, hal ini bisa dijadikan sebagai hobi yang bermanfaat.

Manfaat Kangkung

Adapun, kangkung bukan cuma sebuah tanaman yang bisa menghilangkan rasa bosan, atau hanya untuk dijadikan hobi. Pasalnya, kangkung juga memiliki berbagai manfaat, terlebih untuk kesehatan.

Kangkung sendiri, merupakan sayuran yang mengandung yodium dan seng tinggi. setiap satu ons kangkung, setidaknya mengandung yodium dan seng hingga 2,2 mili gram. 

Kedua kandungan tersebut, sangat baik untuk menstabilkan darah hemoglobin, sehingga buat kamu yang menderita anemia, kangkung bisa jadi sayuran yang tepat untuk dikonsumsi. Selain mengatasi anemia, apa lagi manfaat kangkung? 

  • Bisa membantu dan memperlancar sistem pencernaan
  • Memiliki banyak kandungan mineral, yang baik untuk kesehatan ginjal
  • Kaya akan vitamin, seperti vitamin A yang baik untuk mata
  • Bantu cegah radikal bebas, karena kaya antioksidan
  • Bisa bantu menjaga daya tahan tubuh
  • Bisa bantu mencegah kanker
  • Baik untuk kesehatan jantung
  • Bisa bantu kurangi tekanan darah tinggi

Selain hobi, kamu juga bisa jadikan kegiatan ini sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Yakni, bisnis budidaya kangkung rumahan. 

Pengetahuan tentang cara menanam sayuran kangkung sudah didapat, lahan sempit juga bukan halangan. Namun, jika kamu tetap butuh modal usaha untuk membeli pot, bibit, dan alat lainnya, di sini CekAja.com, akan senantiasa membantu kamu. 

Untuk masalah modal usaha, kamu bisa dapatkan pinjaman dana tunai dengan mudah melalui CekAja.com. Di CekAja.com, kamu bisa mengajukan berbagai pinjaman dana dari perusahaan P2P hingga bank ternama Indonesia, dengan mudah dan praktis. 

Jadi, gak ada alasan lagi untuk gagal berbisnis, di tengah masa pandemi Covid-19, seperti sekarang ini! Yuk, segera ajukan pinjaman dana tunai terbaik pilihanmu, hanya di CekAja.com!