Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

Cara Mencegah Keguguran Kandungan, Bumil Harus Tahu ini!

by Kyla Damasha on 6 Maret, 2020

Bagi para calon ibu, cara mencegah keguguran kandungan menjadi salah satu informasi yang sangat penting untuk diketahui. Kehadiran sang buah hati pastinya menjadi momen yang sangat dinantikan oleh pasangan suami-istri, apalagi untuk yang baru saja menikah.

cara mencegah keguguran kandungan

Nah, dikarenakan hal itulah, banyak calon ibu yang tak segan-segan melakukan berbagai cara agar sang buah hati dapat tetap sehat sampai ia benar-benar lahir ke dunia.

Mulai dari mengkonsumsi aneka ragam vitamin, merubah gaya hidup, hingga melakukan beberapa cara mencegah keguguran kandungan.

Perlu diketahui bahwa bagi ibu hamil, keguguran merupakan satu hal yang sangat ditakuti dan dihindari. Siapa sih yang mau kehilangan buah hati yang sudah dinantikan sejak lama?

Keguguran itu sendiri dapat diartikan sebagai berhentinya kehamilan dengan sendirinya ketika usia kehamilan masih cenderung mudah atau sebelum mencapai 20 minggu.

Penyebab dari keguguran itu sendiri beraneka ragam dan bisa didasari oleh berbagai faktor, seperti sang ibu yang menderita penyakit tertentu atau janin yang tidak berkembang secara normal.

(Baca Juga: Serba Serbi Mengenai Asuransi Kehamilan dan Melahirkan)

Maka dari itu, agar keguguran bisa dihindari dan bayi dapat terlahir dengan sehat, kamu perlu mengetahui beberapa cara mencegah keguguran kandungan yang sangat disarankan untuk dilakukan. Apa sajakah itu?

Cara Mencegah Keguguran Kandungan
1. Hindari Stress

Biasanya, stress seringkali dialami oleh wanita yang baru hamil untuk pertama kalinya ataupun ibu hamil yang kurang mendapatkan perhatian dari lingkungan sekitar. Stress tidak menyebabkan keguguran secara langsung, melainkan hal-hal yang dilakukan akibat stress itu sendiri.

Sebagai contoh seperti ibu hamil yang tidak menjaga asupan makanan yang ia konsumsi, terlibat gaya hidup tidak sehat, dan hal-hal lainnya yang cenderung membahayakan dirinya dan bayi yang dikandungnya.

2. Menjaga Berat Badan

Cara mencegah keguguran kandungan selanjutnya adalah dengan selalu menjaga berat badan. Memang terkadang ibu hamil memiliki nafsu makan yang cenderung lebih banyak dari biasanya karena ada janin yang juga harus “diberi makan”.

Memang hal tersebut tidak dilarang, hanya saja usahakan untuk tidak berlebih. Jangan sampai berat badan kamu justru meningkat drastis. Perlu diingat bahwa ibu hamil dengan berat badan berlebih sangat berisiko mengalami keguguran.

3. Hindari Asap Rokok dan Alkohol

Jika berbicara tentang cara mencegah keguguran kandungan, maka kamu tidak bisa melupakan tentang asap rokok dan alkohol. Kedua hal tersebut wajib hukumnya untuk dihindari para ibu hamil.

Terpapar asap rokok tidak hanya bisa mengakibatkan keguguran, tetapi juga mengakibatkan bayi terlahir dengan kondisi cacat atau penyakit paru-paru. Dan hal tersebut bisa semakin parah apabila dibarengi dengan mengkonsumsi alkohol.

4. Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Badan Kesehatan Litbang pada tahun 2010, angka keguguran di Indonesia mencapai 4% setiap tahunnya. Jelas saja angka tersebut sudah termasuk sangat besar jika dibandingkan negara lain.

Nah, sebagian besar keguguran tersebut dialami oleh para ibu dengan kondisi finansial rendah yang tidak mampu untuk membeli makanan bergizi.

5. Olahraga Teratur

Cara mencegah keguguran kandungan selanjutnya adalah dengan berolahraga secara teratur. Khusus ibu hamil yang tidak bisa melakukan olahraga yang terlalu ekstrim, kamu bisa mulai mencari aktivitas olahraga ringan yang setidaknya tidak terlalu berat untuk dilakukan.

Bahkan hanya berjalan-jalan santai keliling komplek saja sudah bisa dianggap sebagai olahraga. Bagi ibu hamil, olahraga tidak hanya bisa memperkuat rahim untuk mencegah keguguran, melainkan juga baik untuk mempersiapkan fisik ketika menghadapi persalinan pada nantinya.

6. Jangan Mengkonsumsi Obat Terlarang

Tidak mengkonsumsi obat terlarang merupakan salah satu cara mencegah keguguran kandungan yang wajib untuk dilakukan. Obat penenang atau benzodiazepin sering kali diberikan oleh dokter guna mengatasi insomnia dan depresi.

Namun, jenis obat-obatan seperti inilah yang juga menjadi salah satu penyebab para seleb legendaris dunia meregang nyawa, diantaranya adalah Michael Jackson dan Whitney Houston. Melihat hal tersebut, bayangkan saja apabila obat-obatan sejenis justru dikonsumsi oleh ibu hamil.

7. Mengkonsumsi Asam Folat

Cara mencegah keguguran kandungan selanjutnya adalah dengan rajin mengkonsumsi asam folat. Asam folat itu sendiri berfungsi untuk menumbuhkan sel-sel baru dalam tubuh. Nah, ibu hamil sangat direkomendasikan untuk mengkonsumsi asam folat setidaknya 400 mikrogram setiap harinya.

Kamu bisa mendapatkan asam folat ini dari makanan-makanan seperti brokoli, bayam, asparagus, kacang-kacangan, hati hewan, atau suplemen.

8. Memperbaharui Imunisasi

Ada beberapa penyakit yang dapat meningkatkan risiko terjadinya keguguran. Maka dari itu, cobalah untuk segera konsultasikan ke dokter atau melakukan tes darah apabila kamu merasa pernah melewatkan satu jenis imunisasi di masa kanak-kanak.

Idealnya, kamu harus melakukan vaksinasi terlebih dahulu sebelum atau pada saat merencanakan kehamilan.

9. Merubah Gaya Hidup

Ini dia cara mencegah keguguran kandungan paling mudah dan ampuh untuk dilakukan. Demi menjaga bayi agar tetap sehat dan terlahir sempurna, setiap ibu harus rela merubah gaya hidupnya menjadi lebih sehat.

Beberapa hal yang setidaknya harus kamu hindari adalah dengan tidak merokok, hindari asap rokok agar tidak menjadi perokok pasif, mengkonsumsi alkohol, mengkonsumsi obat sembarangan tanpa resep dokter, dan tidak membatasi asupan kafein. Ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi kafein maksimal 300 mg per hari.

10. Hindari Radiasi

Di masa kehamilan, usahakan sebisa mungkin untuk tidak terpapar oleh sinar radiasi dan zat kimia beracun secara langsung, seperti arsenik, timbal, formaldehid, benzena, dan etilen oksida.

Kecuali jika ibu hamil tersebut membutuhkan proses radiasi seperti X-ray atau CT Scan untuk dapat menunjang diagnosa medis terkait kehamilan. Namun tentunya setiap dokter sudah mempertimbangkan secara matang mengenai keputusan tersebut.

Dapatkan berbagai informasi menarik lainnya, hanya di CekAja.com, dimana kamu juga bisa menemukan berbagai rekomendasi produk keuangan sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda