Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

Cara Mencegah Rasa Malas Bekerja Menjelang Libur Lebaran

by Surtan Siahaan on 21 Juni, 2016

keuntungan jadi karyawan_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Lebaran memang masih dua pekan lagi. Tapi, banyak sudah tidak sabar menantikan saat-saat berbagi kebahagian bersama keluarga dan teman di hari kemenangan tersebut. Libur Lebaran yang juga panjang juga sangat ditunggu tidak hanya oleh Muslim yang merayakan Lebaran namun juga semua orang.

Namun, saat mendekati Lebaran seperti sekarang biasanya juga disertai semangat bekerja yang kendor. Terlebih jika waktu libur sudah menddekati hitungan hari. Padahal, sebagai pekerja, sudah jadi kewajiban untuk tetap produktif. Ingat, produktivitas yang stabil juga jadi syarat bila kamu ingin punya karier yang baik. Untuk membantu kamu agar tetap semangat kerja menjelang libur Lebaran, berikut ini trik yang harus kamu coba:

Buat motivasi

Terkadang, rasa malas muncul karena kamu tidak lagi punya motivasi. Apalagi menjelang Lebaran, yang ada di pikiran hanya waktu berlibur dan berkumpul bersama keluarga. Untuk itu coba buat motivasi yang bisa memicu semangat kerjamu muncul kembali.

Misalnya target bonus bulanan. Ingat bahwa kamu butuh uang lebih untuk berLebaran. Dan, bonus pencapaian target adalah sumber uang tambahan yang paling mungkin kamu dapatkan saat ini. (Baca juga: Dengan Cara Ini, Belanja Lebaran Kamu Dijamin Makin Murah)

Ingat konsekuensi

Coba pikir apa yang akan terjadi jika kamu menyerah dalam kemalasan sehingga tidak produktif dalam bekerja. Bisa-bisa rencana promosi yang sebenarnya sudah ada di dalam pikiran atasanmu berubah karena melihat semangat kerjamu yang turun. Kemungkinan lain adalah menumpuknya pekerjaan setelah kamu libur Lebaran karena semua tugas tidak dikerjakan dengan baik.

Coba cicil sedikit-sedikit

Menjelang Lebaran orang akan jadi cenderung malas. Terlebih bila kamu Muslim yang berpuasa. Tapi, kewajiban tersebut tidak boleh dijadikan alasan. Nah, untuk mempermudah dan meringankan beban kerjamu, coba jadikan pekerjaan yang berat menjadi tugas-tugas kecil yang bisa kamu cicil. Dengan demikian, kamu bisa bekerja meski hal yang kamu kerjakan ringan dan mudah dikerjakan.

Bekerja dekat teman yang rajin

Rasa malas terkadang bisa menular, begitupun sifat positif semisal rajin. Untuk membantu agar kamu kembali semangat bekerja, coba dekati teman-teman sekantor yang terkenal rajin dan masih terlihat semangat bekerja.

Minta saran dan pelajari bagaimana cara dia tetap mempertahankan semangatnya. Bila perlu ubah cara pandangmu melihat dia. Jadikan teman yang rajin sebagai kompetitor yang harus kamu saingi secara sportif. (Baca juga: Nasihat dari Film Hollywood untuk Kamu yang Berpacaran dengan Atasan)

Jangan menyerah

Rasa malas sebenarnya adalah sugesti yang kamu ciptakan sendiri. Untuk itu, jangan biarkan pikiranmu mengalahkan semangat bekerja. Coba lakukan trik untuk memanipulasi pikiran untuk malas dan tidak produktif. Coba ingatkan terus dirimu atas motivasi bekerja dengan membuat poster atau catatan yang bisa kamu lihat setiap hari di tempat kerja.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami